Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa AMOLED dan Port Audio 3.5mm

0

Review Xiaomi Mi 8 Lite – Bukan Xiaomi MI 8 atau Mi 8 SE, Vendor asal cina tersebut ambil langkah aman dengan membawa MI 8 Lite untuk pasar Indonesia. Kali ini Gadgetsquad akan review Xiaomi Mi 8 Lite, yang merupakan salah satu varian dengan harga terjangkau dari generasi seri MI yang diluncurkan oleh Xiaomi.

Review Xiaomi Mi 8 Lite (10)
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm

Memiliki spesifikasi yang paling randah diantara 2 varian lainnya, namun pengguna bisa menebusnya dengan harga yang lebih terjangkau. Bagaimana review lengkapnya? simak dibawah ini.

Desain Mengkilap

Dibanderol lebih murah, MI 8 Lite memiliki desian dan bentuk yang agak berbeda dengan varian lainnya. Bahkan dibandingkan dengan produk menengah biasanya yang diluncurkan Xiaomi, bahasa desain Mi 8 Lite justru lebih modern dibandingkan lainnya.

Review Xiaomi Mi 8 Lite (12)
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm

Baca juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Xiaomi Mi 8 Pro dan Lite

Memiliki layar poni dengan dengan bezel tipis, susunan kamera kamera belakang dibuat horizontal, berbeda berbeda dengan dua varian lain yang disusun secara vertikal.

Bodinya dibuat tipis seperti Honor 9i. Dengan ketebalaan hanya 7.5 mm, embuat bagian belakang aga menonjol dari sisi belakangnya. Pada sisi belakang Mi 8 Lite dibalut dengan lapisan kaca.
Keuntungannya jadi kelihatan menarik, tapi jadi lebih ringkih dan gambang banget meninggalkan sidik jari. Tapi jangan salah, dengan frame alumunium pada sekeliling, dijamin bisa melindungi bodi.

Layar Hanya IPS LCD

Membawa poni yang lebih lebih kecil dibandingkan varian Mi 8 memang cukup menarik, tapi tetap saja ada pengguna yang merasa terganggu dengan hal ini. Nah kalau sudah begini kamu bisa menghilangkannya dari menu settings.

Review Xiaomi Mi 8 Lite (8)
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Bagus Mana Xiaomi Mi 8 Lite, Mi 8 SE dan Mi A2?

Tidak membawa layar AMOLED seperti pada Mi 8 seri original, Mi 8 membawa layar yang lebih murah. Hasilnya kualitas tampila jadi menurun drastis jika dibandingkan dengan AMOLED yang super mantap.

Tapi dengan membawa jenis IPS LCD, nampaknya sudah cukup untuk semuah hp yang dibanderol 3 jutaan. Apalagi layar Mi 8 Lite juga memiliki resolusi yang juga sama baiknya dengan Mi 8.

Berjalan diatas Android Oreo, smartphone Xiaomi Mi 8 Lite masih dilapisi MIUI versi 9.6. Namun begitu Xiaomi menjanjikan varian ini masih akan mendapatkan pembaruan menuju versi terbaru MIUI 10.

Pada MIUI 9.6 terdapat beberapa aplikasi khas Xiaomi yang masih terlihat, seperti Mi Apps, Mi Drop, Mi Community, Mi Forum dan aplikasi khas Xiaomi lainnya.

Prosesor Snapdragon 660

Dari sisi kinerja, Hp dengan varian terrendah ini sejatinya memiliki prosesor dikelas menengah dengan kualitas yang hampir sama dengan kelas atas. Secara kinerja prosesor ini memang tidak begitu kentara jika dibandingkan dengan kelas.

Review Xiaomi Mi 8 Lite (14)
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm

Baca juga: Ini Harga Xiaomi Mi 8 Lite, Lebih Murah !

Apalagi MI 8 Lite juga disokong dengan memori RAM 4GB yang sudah cukup untuk pengguna yang suka main game.

Qualcomm Snapdragon 660 sendiri punya beberapa keunggulan. Tidak jauh berbeda dengan Snapdragon 800 series. Snapdragon 660 akan memiliki kinerja hingga 20 persen lebih tinggi dari prosesor 636. Dengan GPU Adreno 512 diklaim memiliki performa 30 persen lebih baik dari Adreno 510.

Mobile platform yang dibangun pada proses fabrikasi 14 nm ini dikenal punya kinerja yang lebih efisien

Pada saat pengujian Hp ini mendapatkan skor antutu hingga 140 ribuan. Hal ini dibuktikan juga saat diuji selama satu jam memainkan game PUBG Mobile, Xiaomi Mi 8 Lite dapat menjalankannya dengan lancar tanpa masalah.

Review Xiaomi Mi 8 Lite (2)
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm

Baterai Bisa seharian

Menggunakan smartphone ini dengan bermain game pada jangka waktu yang agak lama juga tidak mengalami panas yang berlebihan. Bahkan dari sisi ketahanan baterai dalam satu jam hanya berkurang skiter 30% saja.

Mi 8 Lite ditunjang baterai Li-Po berkapasitas 3350 mAh. Pada saat pengujian mulai dari posisi 100%, smartphone ini setidaknya mampu bertahan hingga satu hari penuh tanpa pengisian ulang.

Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm

Baca juga:Ini Harga Xiaomi Mi 8 Pro Terbaru

Dibekali dengan kemampuan Quick Charge 3.0, Xiaomi Mi 8 Lite juga mampu mengisi baterai lebih cepat. Saat dilakukan pengisian baterai 0 hingga 52% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Hp ini juga sudah mengadopsi konektivitas USB Type-C. Namun dengan adanya port ini maka port audio dihilangkan oleh Xiaomi. Beruntung Xiaomi telah menyertakan kabel converter untuk menghubungkan headset 3.5mm yang biasa digunakan pada smartphone biasanya.

Kamera Belakang Ganda Resolusi Tinggi

Xiami Mi 8 lite membawa dengan kamera ganda belakang sensor 12MP dan sensor 5MP dengan. Dua kamera ini maka pengguna dapat dnegan mudah mudah untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Pada kamera utama, Mi 8 lite memiliki beberapa pilihan mode pengambilan gambar, yakni Short Video, Video, Photo, Portrait, Square, Panorama dan Manual. Untuk kamu yang suka selfie, kamera depan Mi 8 Lite juga punya resolusi yang tinggi, yakni 24MP.

Review Xiaomi Mi 8 Lite (1)
Review Xiaomi Mi 8 Lite: Tanpa Layar AMOLED dan Port Audio 3.5mm

Baca juga: Xiaomi Tipu-tipu Konsumen Lewat Flash Sale?

Seperti Hp kekinian yang banyak beredar di Indonesia. Kamera di Mi 8 Lite juga sudah dibekali teknologi Artificial Intelligence. Denga fitur ini akan memudahkan kamu mengenali objek foto apa saja. Karena fitur ini otomatis dapat memberikan pengaturan yang maksimal supaya hasil foto jadi bagus.

Menariknya Xiaomi Mi 8 Lite juga menyerkana teknologi gyro EIS (Electronic Image Stabilization) untuk memaksimalkan smartpohen saat digunakan merekam video.

Spesifikasi Review Xiaomi Mi 8 Lite

Dimensi156.4 x 75.8 x 7.5 mm 
Berat169 gram
LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 6.26 inci, 82.5% screen-to-body ratio, resolusi 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio, 403 ppi density
SIM CardHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
CPUQualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm), Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
GPUAdreno 512
RAM/ROM64/128 GB, 4/6 GB RAM
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Kamera belakang12 MP, f/1.9, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.0, 1/5″, 1.12µm, depth sensor, LED flash, HDR, panorama
Perekam video2160p@30fps, 1080p@60/120fps, 1080p@30fps (gyro-EIS)
Kamera depan24 MP, 1/2.8″, 0.9µm, Auto HDR, 1080p@30fps
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, Jack audio 3,5 mm, micro USB 2.0, FM radio
BateraiLi-Po 3350 mAh battery
Sistem operasiAndroid 8.1 (Oreo)
HargaRp3.699.000 (4/64GB)