Semua Smart TV Samsung di 2015 Gunakan Tizen OS

Samsung

gadgetsquad.id – Melalui blog resminya, Samsung mengkonfirmasi bahwasanya semua Smart TV yang diluncurkan pada 2015 akan didukung oleh sistem operasi Tizen.

“Membangun Smart Platform berbasis Tizen merupakan langkah terobosan menuju sistem yang jauh lebih cerdas dan terintegrasi,” kata Won Jin Lee, Executive Vice President of the Visual Display Business at Samsung Electronics, seperti dilansir SamsungTomorrow.

“Tizen tak hanya memperkaya pengalaman hiburan untuk konsumen kami hari ini, tetapi akan membukan potensi besar untuk masa depan home entertaintment,” lanjut Lee.

Sistem operasi Tizen, banyak yang bilang jika awal pengembangannya merupakan jawaban Samsung atas Android di produk smartphone. Samsung mengembangan Tizen sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungannya pada sistem operasi Android yang besutan Google itu.

Tizen merupakan sebuah platform open-source yang telah terstandarisasi. Hal ini tak hanya memungkinkan fleksibilitas dengan banyak konten dan perangkat, tetapi juga memungkinkan para pengembang aplikasi untuk dengan mudah menciptakan konten yang kompatibel. Pengguna pun dapat terhubung ke dunia hiburan tanpa batas.

Dengan Smart Hub pengguna dimungkinkan untuk melakukan navigasi dengan mudah dan akses cepat. Selain itu, televisi berbasis  Tizen juga diharapkan dapat melakukan sinkronisasi lebih mudah dengan perangkat lain, baik menggunakan Wi-Fi direct atau Bluetooth Low Energy.

Samsung telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan membawa serta beberapa televise berbasis Tizen untuk dipamerkan di CES 2015. Seperti apa? Kita lihat saja nanti. [Joe]