GadgetSquad.id – Tokopedia memberikan tips jualan online agar produk kamu bisa laku dan mendatangkan cuan. Tips ini penting diketahui agar bisa bersaing di tengah penjual yang semakin banyak menjual barangnya di Tokopedia.

Tokopedia Care (1) tips jualan online

Tokopedia menyebutkan di tahun 2023 hingga kini, sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia. Angka ini meningkat sekitar 2 kali lipat dibandingkan tahun 2019 atau sebelum pandemi, yaitu 7 juta penjual.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega, mengatakan, “Untuk membantu penjual mengembangkan usaha di tengah kondisi pasar yang terus berubah, Tokopedia melakukan berbagai upaya. Misalnya, dengan membuat sederet inovasi digital, atau melakukan edukasi berkala kepada penjual dari berbagai skala untuk meningkatkan penjualan.”

5 Tips Jualan Online Bisa Laku

Meski Tokopedia sudah menyediakan berbagai fitur yang bisa membuat penjual bisa laku dalam menjual barangnya, tapi sayangnya terkadang para penjual belum memaksimal berbagai fitur tersebut.

Nah, agar para pelaku usaha, termasuk UMKM, bisa meningkatkan bisnisnya, Tokopedia membagikan lima tips jualan online untuk mendongkrak penjualan, sebagaimana yang disampaikan oleh Antonia Adega, berikut ini

1. Evaluasi Produk Yang Dijual dengan fitur ‘Wawasan’

Para pelaku usaha perlu melakukan evaluasi berkala terhadap berbagai hal, untuk bisa meningkatkan penjualan. Misalnya, produk yang dijual (apakah masih sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini), harga produk (apakah masih sesuai dengan pasaran), dan penamaan produk (apakah sudah sesuai dengan keyword yang sedang populer).

Foto 3 - Fitur 'Wawasan Produk' (1) tips jualan online

Tips jualan online yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan fitur ‘Wawasan Pasar’ untuk mengetahui produk terpopuler yang sedang banyak dicari pembeli berdasarkan wilayah dan kategori produk. Dengan mengetahui hal tersebut, penjual bisa menjual produk yang sedang banyak dicari pembeli atau melakukan inovasi produk agar lebih relevan dengan kebutuhan pasar dalam suatu periode tertentu.

Fitur ‘Wawasan Produk’ bisa memberikan analisis lengkap mengenai performa produk yang meliputi kunjungan, pesanan dan penjualan, serta rekomendasi untuk memaksimalkan masing-masing halaman produk. Jadi, penjual bisa mengetahui apakah halaman produknya sudah lengkap atau relevan dari sisi nama, foto dan deskripsi produk. Halaman produk yang lengkap bisa meningkatkan visibilitas produk dan minat beli sehingga penjualan meningkat.

Evaluasi bisnis melalui fitur ‘Wawasan Pasar’ sangat disarankan untuk dilakukan, salah satunya saat menjelang hari besar karena biasanya ada pergeseran kebutuhan masyarakat,” jelas Antonia.

 

2. Manfaatkan fitur ‘Penamaan Produk dan Kategori’ 

Tips jualan online selanjutnya yaitu memanfaatkan fitur ‘Penamaan Produk dan Kategori’ dari Tokopedia sudah didukung machine learning. Fitur ini dapat memberikan smart recommendation bagi penjual dalam hal penamaan dan kategorisasi produk yang paling relevan. Fitur ini akan membantu meningkatkan visibilitas produk dari penjual sehingga lebih mudah ditemukan oleh lebih banyak calon pembeli.

Foto 3 - Fitur 'Wawasan Produk' (1) tips jualan online Foto 4 - Fitur ‘Penamaan Produk dan Kategori’ (1)

“Misalnya, saat penjual produk fashion muslim ingin menambahkan produk hijab instan, fitur ‘Penamaan Produk dan Kategori’ dari Tokopedia akan memberikan rekomendasi nama produk yang paling sering dicari pembeli, seperti ‘hijab instan murah’ atau ‘hijab instan jersey’, dan merekomendasikan kategorisasi yang sesuai dengan produk hijab instan tersebut,” jelas Antonia. 

Lebih lanjut Antonia menjelaskan “Halaman produk dari penjual yang memakai fitur ‘Penamaan Produk dan Kategori’ mengalami peningkatan indeksasi pada Google Search Index hampir 4 kali lipat. Artinya, halaman produk penjual tersebut lebih mudah ditemukan calon pembeli di mesin pencarian Google,” jelas Antonia.

3. Manfaatkan Momentum Agar Makin Untung

Strategi promosi dan penjualan yang tepat, diiringi dengan momentum yang pas, dapat membantu penjual untuk meningkatkan penjualan dan posisi di pasar. Tips jualan online selanjutnya yaitu penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia, misalnya ‘Flash Sale Toko’, ‘Diskon Toko’ dan ‘Kupon Toko’, untuk menarik lebih banyak pembeli di momentum belanja masyarakat, seperti saat hari raya, akhir maupun awal tahun, atau bahkan setiap gajian.

Baca juga : Ini Keuntungan Tokopedia Affiliate Bagi Pembeli, Penjual dan Affiliator

“Banyak manfaat yang bisa didapatkan penjual lewat berbagai fitur promosi ini. Contohnya, jika penjual menambahkan ekstra cashback lewat fitur ‘Kupon Toko’, toko dan produk penjual tersebut dapat muncul di halaman strategis Tokopedia, seperti halaman utama, halaman pencarian dan halaman promo. Alhasil, penjualan berpotensi meningkat karena pembeli lebih mudah menemukan toko atau produk tersebut dan bisa mendapatkan penawaran menarik,” jelas Antonia.

 

4. Pakai fitur ‘Bundling’ Agar Makin Laku  

Tips jualan online lainnya agar makin laku, yaitu Penjual dapat melakukan bundling dengan mengelompokkan produk utama atau yang paling laris dengan produk pelengkap menjadi satu, dan menetapkan harga yang lebih kompetitif.

Foto 5 - Fitur ‘Rekomendasi Bundling’ (1)

Untuk memperoleh keuntungan yang lebih maksimal, penjual bisa mempromosikan paket bundling lewat fitur ‘Broadcast Chat’. Promosi pun akan lebih efektif karena langsung dikirim secara tepat sasaran ke inbox pembeli.

“Dengan menggunakan fitur ‘Bundling’ di Tokopedia, penjual dapat mempercepat arus stok produk karena produk bisa terjual lebih cepat. Penjual juga bisa memanfaatkan fitur ‘Rekomendasi Bundling’ untuk mendapatkan rekomendasi pengelompokan yang lebih potensial,” jelas Antonia.

 

5. Tips Pakai Affiliate Untuk Jualan Online 

Tips jualan online ini juga penting dilakukan, yaitu penjual bisa bekerja sama dengan Affiliate di Tokopedia karena Affiliate bisa mempromosikan produk atau toko penjual secara lebih kreatif, melalui tutorial atau ulasan berbentuk foto atau video, kepada kerabat, rekan atau kreator konten lainnya. “Strategi ini bisa membantu penjual memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan,” jelas Antonia.

Agar Affiliate tertarik untuk mempromosikan, penjual perlu membuat produknya menonjol. Caranya, pastikan judul dan foto produk menarik serta sesuai. Penjual juga sebaiknya menulis deskripsi produk secara lengkap, mulai dari cara pemakaian hingga komposisi. Sertakan juga promo yang menarik, seperti diskon atau cashback.