GadgetSquad.id – Tren belanja online ternyata hingga kini masih terus meningkat. Pada tahun 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 12,79%, yaitu mencapai 178,94 juta, jika dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta. Pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksi akan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023 (sumber: Statista Market Insights, 2022).

Fitur Baru di Tokopedia Bikin Belanja Online Makin Murah (1)

Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia, Helena, mengatakan, “Tingginya animo belanja online masyarakat di Indonesia juga tercermin di data internal kami. Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III 2023, antara lain Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari/Groceries (seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh).”

Fitur Baru Untuk Belanja Online di Tokopedia

Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yaitu ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, dan ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’.

Lebih hemat waktu dan ongkir lewat fitur ‘Cari Sekaligus’

Tokopedia meluncurkan fitur baru ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir. Lewat fitur ini, masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus.

Ini membuat proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir. Tokopedia menjadi pionir lahirnya fitur ini di industri e-commerce secara global.

Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah.menjelaskan, “Fitur ini dibuat saat tim Product menemukan bahwa ada kebutuhan dari pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus. Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini, kami bersama tim Designer dan Engineer Tokopedia mulai mengembangkan fitur yang relevan.”

Cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Cari Sekaligus’ yaitu :

  • Klik kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi Android maupun iOS
  • Ketik salah satu produk yang dicari
  • Klik tanda di ujung kanan.
  • Setelah itu, pembeli bisa menambahkan hingga dua produk lain yang dibutuhkan secara bersamaan.
  • Klik ‘Cari’ dan Tokopedia akan merekomendasi pilihan toko yang menjual berbagai produk yang dicari secara sekaligus.

 

Belanja online lebih murah dengan fitur ‘Buy More Save More’

Tokopedia juga meluncurkan fitur baru ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih terjangkau (affordable). Masyarakat bisa membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual. Contohnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dan seterusnya.

Fitur yang bisa membuat belanja online lebih terjangkau (affordable) ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan.

Cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Buy More Save More’ yaitu :

  • Masuk ke halaman toko penjual yang mengadakan promosi ini
  • Scroll untuk cari dan masuk ke section ‘Buy More Save More’ di halaman utama toko.
  • Pilih produk yang dibutuhkan. Makin banyak produk yang dipilih, maka makin besar diskon yang bisa didapatkan oleh pembeli.

Baca juga : Beli Produk Otomotif di Tokopedia Plus Fitur Jasa Pasang

WAR Diskon Tokopedia buat belanja online lebih murah

Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia juga menghadirkan kampanye WAR Diskon Tokopedia setiap hari pukul 14.00 WIB, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah. Melalui kampanye ini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk dari beragam kategori dengan diskon besar-besaran.

WAR Diskon Tokopedia disambut sangat baik oleh masyarakat. Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023,” ungkap Helena. 

Selain kampanye WAR Diskon Tokopedia, ada juga festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, dan Kejar Diskon yang menghadirkan berbagai produk dengan diskon spesial.