GagdetSquad.id Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak usaha Telkomsel di bidang permodalan ventura melakukan pembaruan pada nama dan logonya menjadi ‘Telkomsel Ventures’.

Telkomsel Mitra Inovasi Berubah Jadi Telkomsel Ventures, Ini Alasannya! (1)

Pembaharuan tersebut menjadi simbol dimulainya babak baru Telkomsel Venture dalam mendukung pertumbuhan dan inovasi startup di Indonesia melalui persiapan dana kelolaan utama (flagship fund) yang kedua. Upaya tersebut juga semakin menegaskan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler yang terus mendorong pemberdayaan startup potensial untuk berkembang.

CEO Telkomsel Ventures, Mia Melinda, mengatakan, “Pembaharuan identitas yang kami lakukan merupakan salah satu upaya Telkomsel Ventures untuk tetap relevan dan adaptif seiring perkembangan zaman, terutama dalam mendukung pertumbuhan startup di Indonesia.

Telkomsel Ventures

Nama Telkomsel Ventures dipilih untuk menekankan fokus investasi kepada berbagai bidang startup yang sejalan dengan prioritas strategis Telkomsel, yakni digital lifestyle, digital enablement dan emerging technologies. Ketiga pilar strategis ini sejalan dengan aspirasi dan peran Telkomsel Ventures sebagai Corporate Venture Capital untuk mengembangkan bisnis Telkomsel secara exploitative (memaksimalkan core business) dan juga explorative (membangun pertumbuhan bisnis baru).

Hal ini menjadi wujud dari komitmen Telkomsel untuk mengambil peran kunci dalam mendukung perekonomian digital Indonesia dengan membuka peluang kolaborasi bersama para startup

Perubahan nama dari TMI menjadi TelkomselVentures ini juga menandai dimulainya periode baru untuk pertumbuhan dan inovasi startup di Indonesia melalui kehadiran flagship fund kedua. Sebelumnya TMI sukses  menyelesaikan investasi perdananya pada flagship fund pertama di tahun 2020 dengan total dana komitmen USD 40 juta yang telah diinvestasikan ke dalam 17 perusahaan di Asia Tenggara dan Amerika Utara.

Perusahaan tersebut antara lain Evermos startup e-commerce sosial yang fokus pada produk halal, Halodoc startup kesehatan terbesar di Indonesia, PrivyID startup KYC digital, Sekolahmu platform pembelajaran terpadu, Edenfarm startup rantai pasokan pertanian, dan FinAccel perusahaan induk startup fintech Indonesia Kredivo.

Baca juga : Modal Ventura Telkomsel Mitra Inovasi, Siap Suntik Dana Bagi StartUp Lokal Berkualitas!!

Mia menambahkan “Meski kondisi ekonomi global yang tidak menentu menjadi salah satu tantangan bagi pertumbuhan industri startup, TelkomselVentures sebagai perusahaan investasi terdepan di Indonesia yang aktif dalam pendanaan kepada berbagai startup tetap optimis terhadap potensi ekosistem digital Indonesia. ”

Selain melakukan investasi strategis, TelkomselVentures juga menjadi mitra esensial bagi perusahaan-perusahaan digital rintisan untuk mencapai tujuan. Hal ini dilakukan melalui pemanfaatan berbagai sumber daya, dukungan teknis, mentorship, termasuk kolaborasi dengan Telkomsel atau dengan berbagai pihak yang terlibat dalam ekosistem startup seperti Venture Capital, Community Partner maupun Technology Partner. Telkomsel Ventures akan membantu startup untuk menemukan mitra yang tepat, mendapatkan dukungan yang dibutuhkan, dan mengembangkan solusi yang inovatif.