6 Tips Agar Isi Baterai Smartphone Bisa Cepat

1

chargingUdah nunggu lama smartphone yang lagi di-charge, ternyata baterai belum juga terisi penuh. Apalagi smartphone-nya belum mendukung fitur fast charging. Pasti rasanya bête juga. Biar ke depannya gak terulang, ada baiknya simak beberapa trik biar isi baterai smartphone bisa lebih cepet.

Berikut tips sederhana untuk mempercepat pengisian baterai pada smartphone, khususnya untuk perangkat Android.

  1. Charge Langsung ke Sumber Daya
    Charger smartphone zaman sekrang sudah universal. Maksudnya kabelnya bisa digunakan untuk charger sekaligus kabel data. Hanya saja jika ini mengisi baterai dengan cepat, tetap harus diperhatikan kualitas kabel dan sumber dayanya.

Jika ingin cepat mengisi baterai, tidak disarankan mengisi baterai dengan menghubungkan ke PC atau laptop. Alias mengandalkan PC/laptop sebagai sumber dayanya. Lebih baik mengisi baterai dengan langsung mencolokan charger ke sumber yang tepat (colokan listrik).

 

  1. Aktifkan Airplane Mode
    Jika ingin mengisi daya lebih cepat, pastikan smartphone tak sekalian digunakan untuk berbagai hal misalnya untuk browsing, memotret, menelepon, dan aktivitas lainnya. Sebaiknya aktifkan modus penerbangan (Airplane mode) saat daya ponsel sedang diisi.

Aktifnya modus Airplane Mode, dapat memblokir semua sinyal wireless radio yang masuk ke smartphone dan mengurangi berbagai aktivitas yang dilakukan oleh smartphone.

 

  1. Matikan Perangkat Android Saat Diisi Daya
    Mematikan smartphone saat sedang diisi daya bakal mempercepat pengisian daya pada smartphone Android. Bahkan, dengan mematikan smartphone, pengisian daya bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan hanya mengaktifkan modus penerbangan.

 

  1. Aktifkan Modus Penghemat Baterai (battery-saving mode)
    Semua perangkat Android minimal versi Lollipop sudah dilengkapi dengan fitur penggemat baterai alias battery-saving mode. Untuk menggunakannya, jangan lupa mengaktifkan fitur ini supaya pengisian daya pada Android bisa lebih cepat

 

  1. Matikan Menu Tak Penting
    Beberapa fitur yang mungkin bisa dinonaktifkan saat sedang diisi daya misalnya Bluetooth, GPS, Wi-Fi, NFC, dan lain-lain yang sekiranya bisa meningkatkan konsumsi pemakaian baterai. Jangan lupa juga matikan semua aplikasi yang berjalan agar pengisian daya lebih cepat.

 

  1. Pakai Charger Asli
    Dan yang terakhir yaitu, usahakan pakai charger yang asli dari bawaan smartphone tersebut. Karena nilai ampere-nya sudah disesuaikan. Sedangkan jika menggunakan charger lainnya dikhawatirkan memiliki ukuran ampere yang berbeda , bahkan ditakutkankan malah merusak baterai

 

 

 

 

1 KOMENTAR

  1. Setuju sekali dengan artikel ini. Saya yang Paling setuju banget dengan yang no 6. Saya sangat merasa jauh perbandingannya JIKA Kita menggunakan yang Bukan charger originalnya, meakipun katanya itu barang asli Dan sebagainya. Apalagi yang di Jual 20ri uan. Intinya harus yg ori dari vendor itu langsung. 🙂