7 Cara Aman Membersihkan Hp dan Laptop dari Virus Corona

GadgetSquad.id – Salah satu cara penularan virus Corona yaitu bisa dengan perantara benda. Terutama benda yang sering dipegang tangan, salah satunya yaitu Hp (handphone) atau laptop. Kedua perangkat itu bisa dibilang paling sering tersentuh tangan. Karena keduanya menjadi perangkat andalan, terutama saat kondisi belajar adan bekerja di rumah atau work from home. Jadi agar terhindar dari penularan virus Corona. Sebaiknya rajin untuk membersihkan Hp atau laptop, dan juga beberapa perangkat lainnya.

membersihkan hp 2

Namun yang perlu diperhatikan, jangan sampai saat membersihkan Hp , laptop atau perangkat lainnya, justru malah merusak perangkat tersebut. Ini karena cara membersihkannya yang salah.

Baca juga : Cara Cegah Corona dengan Aplikasi PeduliLindungi di Smartphone

Untuk menghindari hal tersebut berikut ini beberapa panduan dari HP Indonesia untuk membersihkan Hp , laptop atau perangkat lainnya, dengan aman dan agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Cara Membersihkan Hp , Laptop dan Perangkat Lainnya

  1. Langkah pertama untuk membersihkan Hp , laptop atau perangkat lainnya, yaitu disarankan untuk menggunakan disinfektan yang disarankan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), yakni larutan alkohol yang mengandung 70% isopropil alkohol dan 30% air.
  2. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan perangkat dengan larutan ini, serta sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat Anda.
  3. Matikan perangkat dan daya listrik (untuk printer, steker harus dilepas dari stopkontak), dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stopkontak.
  4. Usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan biarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display atau port USB di panel kontrol printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.
  5. Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan satu arah, dari bagian atas permukaan ke bawah.
  6. Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan nyalakan perangkat bila masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.
  7. Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan  Anda setelah melepas sarung tangan.