Hal Sepele Saat Download Apps/Games Ini Justru Datangkan Bahaya

1

download-play-storeSaat ingin download aplikasi atau games di smartphone kadang kita tidak memperhatikan hal sepele yang satu ini. Padahal justru ini menjadi jalan masuk bagi ‘kejahatan’ yang bisa memanfaatkan data di smartphone ini kita.

Saat sedang download aplikasi atau games, biasanya kita asal tekan tombol yang ada, mulai dari ‘Install’ lalu ‘Accept’. Akhirnya aplikasi atau game berhasil didownload dan kita mainkan.  Coba perhatikan lagi saat setelah menekan tombol ‘Install’ terutama saat download di Google PlayStore. Akan ada kotak tampilan yang menapilkan pesan bahwa aplikasi atau game yang diunduh meminta izin untuk mengakses berbagai data yang tersimpan di smartphone.

Itulah yang kadang kita sepelekan , langsung saja menekan tombol ‘Accept’. Padahal jika kita mengizinkan berarti aplikasi atau game tersebut bebas untuk mengakses berbagai data yang tersimpan di smartphone. Mulai dari daftar kontak, foto, video, dan lainnya. Yang tidak mungkin bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak benar.

img_20170124_532

Hal ini juga diingatkan oleh Kaspersky Lab yang memprediksi kejahatan siber merambah  ke perangkat mobile khususnya smartphone. Sehingga bagi pengguna smartphone berbasis Android diharapkan untuk berhati-hati saat mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Dony Koesmandarin Territory Channel Manager Kaspersky mengungkapkan, dalam mengunduh aplikasi di Google PlayStore ini sebaiknya pengguna berhati-hati. Karena banyak malware atau kejahatan siber berasal dari aplikasi yang diunduh. “Sangat jarang user yang memperhatikan secara detail profil pengembang aplikasi tersebut, walaupun ada itu saya jamin user tidak mengecek secara dobel, misalnya melakukan googling mengenai aplikasi tersebut,” ujar Dony.

Dijelaskan Dony kemudahan yang diberikan Google kepada pada developer ternyata dimanfaatkan hacker untuk bisa masuk ke dalam perangkat android melalui aplikasi yang dipasangnya di google playstore.

Bahayanya, adalah jika seluruh data pengguna diserahkan secara diam diam tanpa sepengatahuan pengguna ke web User Tracking, dan sebagai pengguna tidak bisa melakukan apapun karena ketidak tahuan penggunanya,  karena aplikasi berjalan dibelakang layar. “Yang bisa dilakukan hanya hati hati dalam mengunduh berbagai aplikasi yang ada di seluruh di Google PlayStore. karena google pun sebagai pemilik toko tidak begitu mengatur akan hal ini. Jangan melihat aplikasi itu di unduh banyak user karena hal itu belum menjamin aplikasi itu aman atau tidak,” tutup Dony

 

1 KOMENTAR