Review Samsung Galaxy J7 Prime : Harga Rp 3,7 Jutaan Dapat Apa ?

0

samsung-j7-primegadgetsquad.id – Meneruskan strateginya mengincar semua segmen pasar, Samsung langsung ‘melempar’ tiga seri smartphone sekaligus. Yaitu seri Galaxy J2, J5 dan J7 Prime. Tapi kali ini hanya Galaxy J7 Prime yang akan kami review.  Samsung Galaxy J7 Prime merupakan penerus dari seri J sebelumnya, yaitu Galaxy J7 dan J7 (2016).

Samsung Galaxy J7 Prime hadir dengan desain metal unibodi. Tampilan terlihat cukup elegan dengan lekukan yang membuatnya nyaman saat digenggam. Bahan metal menyelimuti smartphone ini di sekujur bodinya kecuali sisi depan. Sepertinya itu yang menjadi sebab smartphone ini terasa agak berbobot saat digenggam.

Desain unibody yang berbeda dari seri sebelumnya, menandakan bagian belakangnya tidak bisa dibuka. Dengan kata lain baterai sudah menjadi satu dengan bodinya. Itulah mengapa slot simcard dan memori eksternal diposisikan pada bagian luar, tepatnya samping kiri bodi. Slot ini diberi penutup yang untuk membukanya harus menusukan jarum pada lubang yang disediakan.

Berbeda dengan Galaxy J7 (2016) yang layarnya berteknologi Super AMOLED resolusi HD (720×1280), J7 Prime menggunakan layar FHD (1920 x 1080) PLS TFT LCD. Dengan kata lain, layar J7 Prime memiliki ketajaman yang lebih baik dari pendahulunya.

Bentangan layarnya sendiri berukuran 5.5 inci, ponsel ini mendukung kerapatan piksel sekitar 437 ppi. Ini membuat menikmati
berbagai konten hiburan, seperti foto, video atau games, terasa puas. Sayangnya, saat pengujian dibawah terik matahari, layar ponsel ini tidak sebaik Super AMOLED.

Di bagian bawah layar terdapat tombol yang terdiri dari tombol home yang berbentuk fisik serta tombol Back dan Recent yang berdesain touch. Tombol ‘Home’ juga berfungsi sebagai finger scan atau finger print reader untuk lock screen security.

 

Kamera

Kekuatan kamera yang di bawa smartphone ini sudah memenuhi standar smartphone kelas menengah saat ini. Yaitu kamera belakang atau utama berresolusi 13 Megapixels dan kamera depan 8 Megapixels. Kamera belakang menggunakan lensa F 1.9. Sedangkan kamera depan dilengkapi dengan fitur screen flash, yang membuat foto tetap terang meskipun di cahaya minim.

Beragam mode pemotretan sudah disediakan kamera di J7 Prime. Seperti Otomatis, Pro, Panorama, Foto rangkaian, HDR (kaya warna), Malam, Fokus wajah, Olahraga dan Sound & Shot. Cara menampilkan setingan itu dengan mengusap layar sisi kiri ke arah kanan saat kamera aktif. Untuk urusan merekam video, kamera ini sanggup menghasilkan rekaman video berkualitas FHD (1920 x 1080)@30fps.

Untuk kamera selfie atau kamera depan, sudah dilengkapi dengan fitur Beauty. Fitur ini memungkinkan untuk merubah tampilan warna kulit wajah, bentuk wajah dan besarnya bola mata. Ada juga fitur Wide Selfie yang memungkinkan menangkap foto selfie lebih luas.

 

Kinerja

Dalam bekerja, Samsung Galaxy diperkuat dengan prosesor Exynos 7870 Octa-core 1.6 GHz. Kekuatan ini sudah bisa menjamin kinerja smartphone berjalan kencang. Ini juga tidak lepas dari dukungan RAM berkapasitas 3 GB. Ditambah lagi, prosesor 64-bit bisa melakukan serangkai perintah yang lebih banyak dibanding aplikasi 32-bit. Dari sisi grafis, smartphone ini diperkuat Mali-T830.

Samsung Galacy J7 Prime menyediakan penyimpanan internal 32GB. Jika kapasitas itu sudah penuh sesak, Anda dapat menggunakan kartu MicroSD yang dimasukkan ke dalam slot SIM 2. Slot tersebut mendukung kartu MicroSD hingga kapasitas 256GB.

Hasil pengujian benchmark dengan menggunakanQuadrant Standard didapat angka 22.694. Dengan menggunakan Geekbench 4, pengujian CPU single-core diddapat angka 674 sedangkan multi-core didapat angka 3126. Sedangkan pengujian Compute RenderScript didapat nilai 1804. Dengan Antutu Benchmark v6.2.1 didapat angka 44.652. Sayangnya untuk pengujian 3D, ponsel ini mengalami masalah dan keluar notifikasi ‘3D Tidak Terdukung’.

 

Fitur Lainnya

Untuk urusan multimedia atau fitur hiburan, Samsung Galaxy J7 Prime tidak menambahkan fitur berbeda. Smartphone ini menyerahkan pada fitur-fitur hiburan bawaan Google, baik fitur audio  maupun video.

Selain fitur bawaaan Google, Samsung juga membawa beberapa fitur buatan sendiri. Seperti S Lime, aplikasi untuk membeli berbagai macam bacaan digital, koran maupun majalah digital. Ada pula Samsung S-Healt, yaitu aplikasi yang bisa mencatat dan menyimpan berbagai data kesehatan pribadi. Selain itu ada Galaxy Apps, semacam toko aplikasi yang sudah dipilihkan oleh Samsung disesuaikan dengan kemampuan smartphone ini.

screenshot_20170119-130524

Selain itu Samsung juga membawa aplikasi pihak luar, yaitu Microsoft Office. Di dalamnya terdiri dari aplikasi OneDrive, OneNote, Word, Excel, PowerPoint dan Skype.

 screenshot_20170119-125216

 

Ultra Data Saving

Samsung Galaxy J7 Prime sudah bisa digunakan untuk mengakses internet hingga kecepatan 4G. Samsung Galaxy J7 prime sudah mendukung 4G LTE di slot SIM 1. Sedangkan slot SIM 2 hanya mendukung kecepatan 2G/3G. Untuk akses 4G LTE, smartphone ini secara hardware sudah menggunakan modem yang mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps.

Asyiknya, bagi Anda yang selalu khawatir kuota akan terkuras jika terkoneksi ke akses internet 4G, smartphone ini menyediakan fitur Ultra data Saving.

Dengan Ultra data Saving, streaming video dan browsing bisa dilakukan lebih puas tanpa takut kehabisan kuota. Karena fitur ini bisa menghemat penggunaan kuota data hingga 50% . Apalagi smartphone ini juga sudah didukung baterai berkapasitas besar, yaitu 3.300 mAh, sehingga bisa berlama-lama mengaskes internet.

SPESIFIKASI :

 

DIMENSION     : 151.7 x 75 x 8 mm

WEIGHT          : 167 gram;

FREQUENCY    : 850/900/1800/1900, 3G/HSDPA/4G/LTE

PROSESOR       : Exynos 7870 Octa Octa-core 1.6 GHz 3 GB RAM

LAYAR             : 5.5 inchi FHD 1920 x 1080, Super IPS

MEMORI         : 32GB + MicroSD 256GB

Kamera           : 16MP, kamera sekunder 8 Mpix

BATTERY         : 3.000 MAH

OS                    : Android v 6.0 Marshmallow

Harga              : Rp 3.725.000