Heboh Saldo Gopay Aura Kasih Dicuri, Begini Tips Aman Jaga Saldo Gopay

0

GadgetSquad.ID – Kasus pencurian saldo di dompet digital aplikasi ojek online, entah itu Gojek maupun Grab masih marak.

Terbaru, kasuh pencurian saldo aplikasi ojek online kembali menghangat, pasca artis seksi Aura Kasih. Dalam unggahan di akun sosial medianya, Aura mengaku kehilangan saldo Gopay hingga 11 juta.

Pihak Gojek sendiri sudah menerima laporan dari Aura Kasih. Dari kabar yang dihimpun, pihak Gojek bersedia berdiskusi dengan Aura Kasih, untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Terlepas dari kasus yang menimpa Aura Kasus tersebut, sejatinya penyedia ojek online, sudah cukup masive menghimbau kepada para mitra dan konsumen, agar terhindar dari penipuan seperti yang dialami Aura.

Sebagai info, modus pencurian saldo di dompet digital aplikasi ojek online, biasanya diawali oleh pihak tak bertanggung jawab dengan menghubungi calon korbannya. Biasanya mereka akan menawarkan hadiah sampai ke memberi informasi palsu bahwa akun Gojek mereka tengah bermasalah.

Ujung-ujungnya, si penipu yang mengatas namakan diri sebagai pihak Gojek ini meminta kode verifikasi atau one-time password (OTP) kepada calon korban, dengan dalih untuk melakukan bantuan.

Namun hal inilah yang patut untuk diwaspadai. Pasalnya, SMS berisi kode OTP atau verifikasi yang dikirimkan otomatis oleh Gojek ke pengguna ini hanya diperuntukkan bagi pengguna.

Artinya, pengguna dilarang keras untuk memberikan kode OTP kepada pihak lain, termasuk pada Gojek atau pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Gojek.

Hal ini pun diumumkan langsung oleh Gojek di laman mereka. Menurut Gojek, mereka akan mengirim kode OTP atau verifikasi lewat SMS ke nomor pengguna jika ada beberapa kondisi.

Dilansir laman resmi Gojek, berikut tips singkat menjaga keamanan saldo Gopay agar terhindar dari pencurian.

1. Jangan pernah bagikan Kode Verifikasi
Gojek akan mengirimkan kode OTP/verifikasi/password ini lewat SMS jika kamu :
– Mencoba masuk/login ke aplikasi Gojek kamu atau atau baru membuat akun.

– Me-reset atau mengganti PIN akun Gopay karena lupa PIN.

2. Pasang PIN untuk GO-PAY

3. Gunakan Email & Nomor Handphone Utama

4. Hati-hati Sama Yang Palsu

5. Selalu Simpan Nomer Resmi CS Gojek. Customer Service Gojek standby 24 jam di no 1500304 atau e-mail [email protected]