Tips Menampilkan Persentase Baterai di iPhone Anda

GadgetSquad.id – Ikon baterai pada iPhone memberikan perkiraan berguna tentang level daya yang tersisa. Namun terkadang, Anda perlu tahu persis berapa banyak daya yang tersisa dari ponsel Anda. 

Di iPhone lama, menurut Tech Radar, pengguna dapat memiliki tampilan persentase baterai secara default. Sedang pada model yang lebih baru, tidak ada cukup ruang di bilah status karena ada notch, tapi ada pintasan dan widget yang membuat persentase mudah ditemukan atau ditampilkan secara permanen. Berikut caranya:

Cara meampilkan persentase baterai iPhone di bilah status 

Di iPhone SE 2020, atau di iPhone 8 atau yang lebih lama, Anda dapat memiliki tampilan persentase baterai secara permanen. Caranya, buka aplikasi Pengaturan dan menu Baterai. Anda akan melihat opsi untuk Persentase Baterai.

Kemudian, alihkan dan Anda akan melihat persentase di kanan atas layar Utama setiap saat. Persentase baterai juga muncul secara default saat mode Daya Rendah diaktifkan. 

Cara mengetahui persentase baterai di iPhone yang lebih baru 

Di iPhone X, iPhone 11, iPhone 12 dan berbagai ponsel saudara kandungnya, Anda dapat menemukan persentase baterai di Pusat Perintah. Cukup gesek ke bawah dari kanan atas layar untuk menarik menu, di sana Anda akan menemukan persentase baterai di pojok kanan atas. Itu cara tercepat.

Metode lainnya adalah dengan menggesek dari kiri ke kanan pada layar Beranda untuk menarik Tampilan Hari Ini. Di iOS 14, tampilan ini berisi berbagai widget aplikasi Apple, termasuk widget baterai yang menampilkan persentase saat ini. 

Anda mungkin perlu menggulir ke bawah untuk menemukan widget baterai di Tampilan Hari Ini. Namun, Anda dapat mengetuk dan menahannya, lalu menyeretnya ke atas agar lebih langsung terlihat. 

Cara menambahkan widget persentase baterai ke iPhone

Jika Anda ingin persentase baterai muncul secara default di layar beranda utama Anda pada iPhone yang lebih baru, Anda harus memberi ruang untuk salah satu widget iPhone baru.

Caranya, cukup ketuk dan tahan bagian kosong dari layar Utama, lalu ketuk ikon + di kiri atas. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan ‘Baterai’ dan pilih opsi itu.  

Anda dapat memilih di antara tiga widget baterai yang berbeda. Ketiganya menunjukkan persentase, tapi widget yang lebih besar juga akan menunjukkan persentase yang tepat dari baterai perangkat yang disinkronkan, seperti Apple Watch 6 atau AirPods Anda.

Pilih favorit Anda, tekan ‘Tambahkan Widget’, atur ulang aplikasi di layar Beranda sesuai keinginan Anda. Dan Anda akan memiliki ringkasan persentase baterai yang konstan tanpa harus menggeser atau menggulir.