Tips Simpel Motret Pakai Smartphone di Terik Matahari Untuk Hasil Foto Maksimal

1

GadgetSquad.id – Kondisi terik matahari, menjadi salah satu kondisi terbaik untuk menghasilkan foto dengan tampilan yang tajam. Namun pada posisi tertentu justru malah bisa menghasilkan foto yang kurang bagus, misalnya posisi backlight. Tapi jangan khawatir, berikut ini beberapa tips n trik untuk bisa tetap menghasilkan foto terbaik di kondisi terik matahari :

  1. Foto Tetap Terang di Kondisi Backhlight

Kondisi backlight adalah posisi lensa kamera menghadap langsung atau berlawanan dengan arah sinar matahari. Ini mengakibatkan objek foto yang berada di depan kamera akan terlihat agak gelap. Karena posisi objek membelakangi arah sinar.

Untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan fitur High Dynamic Range (HDR) yang sudah tersedia di banyak smartphone saat ini.  Seperti apa sih cara kerja fitur HDR ? Jadi ketika fitur ini digunakan saat memotret, lensa kamera dengan cepat akan mengambil beberapa shoot foto dengan tingkat exposure yang berbeda-beda. Lalu akan digabungkan menjadi satu foto.

Hasilnya, akan didapatkan hasil foto dengan Brigtness dan yang pas untuk spot pada foto yang sebenarnya agak gelap atau agak terang. Teknik ini cocok untuk tampilan objek foto landscape yang terik atau objek ada posisi backlight

Namun saat menggunakan fitur HDR, pastikan posisi kamera dalam keadaan stabil alias tidak goyang, untuk menghindari hasil foto yang blur.

  1. Foto dramatis dengan tampilan silhouette (siluet)

Sebenarnya dalam kondisi backlight, justru bisa menghasilkan foto yang artistic, yaitu foto siluet. Foto ini justru menampilkan objek di sisi depan dengan tampilan gelap, namun di sisi background didapatkan tampilan yang bagus, jadi kesan dramatis begitu terasa.

Untuk menghasilkan foto siluet terbaik, terutama dengan menggunakan smartphone Asus yang sudah dilengkapi PixelMaster, caranya yaitu :

  • Pastikan posisi objek berada antara sumber cahaya (misalnya matahari) dan lensa kamera.
  • Kemudian nonaktifkan fitur HDR
  • Jangan juga matikan fitur lampu Flash
  • Lalu sentuh pada tampilan tangkapan kamera yang ada di layar, terutama pada objek background, bukan pada objek yang ada persis di depan kamera. 
  1. Saat kondisi terik, justru timbulkan efek bayangan di foto

Saat kondisi benar-benar terik, terkadang justru malah menimbulkan efek bayangan atau tampilan gelap di beberapa spot pada objek foto. Misalnya tampilan gelap pada bagian bawah mata, hidung atau mulut.

Nah, cara untuk menghilangkan efek negatif ini caranya dengan mengaktifkan fitur lampu Flash. Yang perlu diperhatikan, karena jangkauan jauhnya sinar lampu Flash ada keterbatasan, maka untuk hasil terbaik pastikan memotret pada posisi portraits or short distances. Yup, fitur Flash ternyata tidak hanya digunakan untuk mengatasi kondisi low light atau minim cahaya.

 

1 KOMENTAR