Beranda Versus Duel Smartphone Menengah, Pilih Mana Realme XT atau Vivo V17 Pro?

Duel Smartphone Menengah, Pilih Mana Realme XT atau Vivo V17 Pro?

0

realme xt vs vivo v17 pro (21)Memilih smartphone menengah memang tidak mudah. Disamping harganya yang sangat kompetitif, fitur yang ditawarkan juga kadang tak jauh berbeda. Selain itu pilihannya sangat beragam. Bahkan Kamu juga sering dibuat bingung, antara memilih kamera terbaik atau performa yang lebih kencang. Seperti halnya kamu memilih antara realme XT atau vivo V17 Pro.

Dua smartphone ini bertarung di level yang boleh dibilang setara. Keduanya sama-sama punya varian RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB. Oleh karena itu, keduanya layak untuk disandingkan. Kira-kira mana yang mana yang pas buat Kamu?

Baaca juga: Realme XT Jadi Hp Quad Camera 64 Mpix Pertama di Indonesia, Ini Buktinya!

Disain

realme xt vs vivo v17 pro (21)

Vivo V17 Pro punya disain yang unik, terutama pada bagian kamera depan yang mengusung model pop-up. Jadi, kamera depan akan muncul ketika kamu mangaktifkan fiturnya, misalnya untuk mengambil gambar selfie atau video vlog. Ini juga yang menjadikan layar vivo V17 Pro tampak lebih lapang, karena tak tampak lagi adanya notch.

realme xt vs vivo v17 pro (12)

Sementara disain realme XT tampil lebih simpel, dengan notch kecil di bagian depan untuk menampung kamera selfie. Meski demikian, jika diperhatikan, perbedaannya sangat kecil, Aspek ratio layar ke bodi milik vivo V17 Pro dan realme XT sama-sama di atas 90%, meskipun ada notch kecil di bagian atas, namun realme XTmemiliki bezel yang lebih tipis.

realme xt vs vivo v17 pro (21)

Ukuran layar juga sama, realme xt dan vivo V17 Pro dibekali dengan layar 6,4 inci Super AMOLED 16 juta warna. Pun untuk pelindung layar, sama-sama menggunakan Corning Gorilla Glass untuk menangkal goresan dari partikel tajam.

Di bagian belakang, kamu bisa melihat jajaran empat kamera dan satu lampu LED sebagai pelengkap pencahayaan. Warna Vivo V17 Pro dan realme XT juga tampak berkilau khas smartphone kekinian. Kamu tidak akan mendapatkan sensor pemindai sidik jari karena kedua smartphone ini menggunakan sensor yang ditanam di bawah layar atau sering disebut in-display fingerprint.

realme xt vs vivo v17 pro (12)

Untuk lubang charger, baik realme XT maupun vivo V17 pro ada di bagian bawah dan sama-sama mengusung type-C bersamaan dengan lubang jack audio 3,5 mm dan juga lubang spaker.

Baca juga: Beli Vivo Z1 Pro 6GB Dapat Bundling Paket Internet 25GB

Kamera

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kemampuan menangkap gambar realme XT dan vivo v17 Pro mengandalkan empat kamera. Kamera utama realme XT mangadopsi sensor terbaru keluaran Samsung yakni ISOCELL GW1 dengan 64 megapiksel. Sementara kamera kedua ada modul kamera 8 megapiksel untuk mode ultra-wide, kamera ketiga 2 megapiksel untuk depth of filed, kamera keempat 2 megapiksel untuk ultra-macro.

realme xt vs vivo v17 pro (21)

Sementara susunan kamera vivo V17 Pro hampir mirip, ada kamera ultra wide, makro juga depth of filed. Bedanya, sensor kamera utama vivo 17 Pro sudah sedikit ketinggalan dengan 48 megapiksel. Meskipun untuk kamera makro dan ultra wide, modul kamera vivo V17 Pro bisa menghasilkan gambar lebih besar dengan 8 megapiksel dan 13 megapiksel namun untuk hasil foto yang baik, yang perlu diperhatikan adalah kemampuan pada kamera utama dan disini realme XT lebih unggul.

realme xt vs vivo v17 pro (9)

Juga untuk kamera depan, vivo V17 Pro memang punya pilihan lebih baik dengan dual kamera, tetapi jika hanya berharap mendapatkan hasil gambar bokeh, kamera depan realme XT pun tetap bisa diandalkan meski hanya dengan single kamera.

Baca juga: Gandeng Alan Walker, Realme Rilis Earphone Wireless Terbaru

Kinerja

Sektor kinerja menjadi sangat penting bagi kamu yang mengandalkan smartphone untuk berbagai keperluan. Di sini realme XT menjanjikan performa yang lebih baik. Ini berkat dukungan chipset yang jauh lebih mumpuni. realme XT mengandalkan SoC Snapdragon 712 yang di dalamnya terdapat CPU octacore dengan clockspeed hingga 2,3 GHz. Dibandingkan dengan SoC milik vivo V17 Pro yang hanya dibekali SoC Snapdragon 675 dengan clockspeed maksimal 2.0 GHz.

realme xt vs vivo v17 pro (21)
Kiri: vivo v17 pro kanan: realme xt

Kinerja grafis pada Snapdragon 712 pun jelas lebih unggul dengan GPU Adreno 616, sementara GPU milik vivo V17 Pro adalah Adreno 612. Ini tentu penting dipertimbangkan bagi kamu yang suka main game online untuk mendapatkan grafis yang lebih baik.

Untuk baterai, vivo V17 Pro di atas kertas lebih baik dengan 4100 mAh ketimbang realme XT yang hanya 4,000 mAh. Beda tipis, namun berkat proses produksi 10nm milik Snapdragon 712, maka secara teori akan lebih efisien dibandingkan dengan proses produksi 11nm milik Snapdragon 675. Jadi, bisa disimpulkan keduanya memiliki daya tahan baterai yang relatif sama.

realme xt vs vivo v17 pro (13)

Selain itu, realme XT memiliki pengisian daya supercepat yang lebih baik VOOC Flash Charge 3.0 dengan 20 W. Mengisi daya baterai akan lebih cepat jika diadu dengan pengisian daya baterai milik vivo V17 Pro yang hanya 18 W.

Baca juga: 7 Fitur Unggulan vivo V17 Pro yang Harus Kamu Ketahui

Kesimpulan

Harga realme XT untuk varian RAM 8 GB dibanderol Rp 4,5 juta rasanya bakal lebih cocok buat Kamu yang sedang melirik smartphone untuk keperluan fotografi dan game ketimbang vivo V17 pro yang dbanderol lebih mahal yakni Rp 5,7 juta. Alasannya, kemampuan kamera realme XT jelas lebih baik dengan sensor yang lebih baru. Pun dengan kinerjanya, realme XT lebih bisa diandalkan untuk bermain game-game berat seperti PUBG atau CoD.

TIDAK ADA KOMENTAR