Honor Band 5 vs Xiaomi Mi Band 4, Bagus Mana?

1

Honor Band 5 vs Xiaomi MI Band 4 – Hadir di Indonesia, Honor Band 5 siap saingi Xiaomi Mi Band 4. Dengan harga dan fitur yang kompetitif mana yang lebih baik diantara Honor Band 5 vs Xiaomi MI Band 4?

Honor Band 5 vs Xiaomi Mi Band 4

Menjadi generasi terbaru dibandingkan dengan Xiaomi Mi band 4m Honor Band 5 pastinya menawarkan banyak fitur dan spesifikasi yang lebih baru. Menjadi generasi penerus dari Honor Band 4. Smartband ini dibanderol dengan harga Rp400 ribuan.

Perbandingan Honor Band 5 VS Xiaomi Mi Band 4

Berikut perbandingan smartband murah terbaik, Honor Band 5 VS Xiaomi Mi Band 4

Desain

Dari sisi desain Honor Band 5 memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya, Honor Band 4. Begitu juga Mi Band 4 juga tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Mi Band 3.

Dari sisi dimensi Honor Band 5 memiliki bentuk yang lebih ramping dan simpel dibandingkan Xiaomi Mi Band 4.

Tapi meski memiliki bentuk yang agak gemuk dibandingkan Honor Band 5, Xiaomi Mi Band 5. Nyatanya memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Honor Band 5.

Baca juga: Honor Band 5 (Review) : Gelang Pintar untuk Pantau Kesehatan

Kedua produk ini sama-sama mengandalkan layar sentuh untuk bernavigasi, begitu juga tombol home Baik Honor Band 5 dan Xiaomi Mi Band 4 sama-sama mengandalkan satu tombol sentuh yang berguna sebagai tombol back.

Pada tampilan utama bagian luar, Honor Band 5 memiliki bentuk yang agak persegi, sedangkan di Xiaomi Mi Band 5 berbentuk oval.

Untuk material bodinya, keduanya sama-sama terbuat dari plastik dengan strap berbahan karet. Menggunakan material kualitas yang baik dan ramah di kulit, kedua produk ini sangat cocok untuk mereka yang aktif dan sporty.

Perbedaan kami lihat pada pengaturan strap pada masing-masing smartband. Honor Band 5 menggunakan mekanisme pengaturan strap layaknya seperti arloji pada umumnya, sedangkan di Xiaomi Band 4 masih menggunakan mekanisme seperti pendahulunya.

Keduanya mendesain lubang strap yang berkesan sporty. Apalagi kedua gelang ini sama-sama memiliki memiliki ketahanan terhadap air hingga 50 meters. Jadi kamu tidak perlu khawatir gelang ini kena hujan atau kamu ajak mandi, bahkan berenang di kolam renang.

Layar

Meski memiliki bentuk yang kecil, sejatinya kedua produk ini mampu menampilkan layar yang cukup luas dan pas untuk sebuah smartband. Baik Honor Band 5 dan XIaomi Mi Band 4 dibekali layar 0.95 inch AMOLED true-color.

Untuk daya tahan kedua produk ini juga dilapisi dengan dengan kaca anti gores 2.5D. Memiliki resolusi 120x240px, kedua smartband ini mampu memberikan tampilan layar yang dimilikinya terbilang nyaman dimata.

Dari sisi tampilan interface kedua produk ini sama-sama intuitif. Dengan jenis layar yang dimilikinya membuat tampilan layar terlihat jelas meski digunakan di luar ruang. Bernavigasi di layar pada kedua produk ini terbilang cukup responsif.

Baca juga: Xiaomi Indonesia Ganti Pemimpin, Ini Dia Bos Barunya!

Fitur Honor Band 5 vs Xiaomi MI Band 4

Dari sisi fitur Honor Band 5 memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Xiaomi Mi Band 5.

Dengan adanya penambahan fitur sensor SpO2 (saturasi oksigen darah), membuatnya lebih lengkap dibandingkan kompetitornya. Untuk diketahui sensor ini sendiri berguna untuk petualang saat di ketinggian atau mereka yang menderita kondisi tertentu, seperti Hipoksia.

Saat digunakan untuk mendeteksi monitor denyut jantung optik, keduanya cukup responsif dan relatif mampu memberikan hasil yang cukup akurat.

Untuk mendukung kegiatan olahraga, kedua produk ini sama-sama memiliki fitur yang mumpuni, namun Honor Band 5 memiliki pilihan olahraga yang lebih banyak. Setidaknya ada 10 jenis olahraga yang bisa dipantau oleh gelang pintar Honor Band 5, Sedangkan di Xiaomi Band 4 hanya mampu memantau 6 jenis olahraga saja.

Fitur lainnya sebagai notifikasi juga sama. Kedua produk ini sama-sama mampu menampilkan notifikasi pada smartphone yang terhubung, Honor Band 5 dan Xiaomi Mi Band 4 mampu menampilkan pesan dari aplikasi chat, sosial media, telepon atau SMS.

Dan keduanya juga sama-sama bisa digunakan di semua jenis smartphone, baik platform Android atau iOS.

Baca juga: Xiaomi, Samsung, Realme Saling Pepet di Kelas Menengah, Huawei dan Honor ke Laut

Baterai

Honor Band 5 memiliki prosesor berkinerja tinggi dan berdaya rendah. Secara resmi Honor mengklaim gelang ini dapat standby selama 15 hari. Sedangkan pada Xiaomi Mi Band 4 daya tahan baterai 15 hari untuk versi NFC.

Dari daya tahan baterai, keduanya sama-sama memiliki daya tahan yang cukup baik, karena pengguna tidak perlu repot-repot sering mengisi ulang baterai.

Untuk kemampuan pengisian daya, Honor Band 5 mampu mengisi ulang baterai hingga penuh hanya dalam waktu 1 jam saja, sedangkan pada Xiaomi Mi Band 4 pengguna setidaknya membutuhkan waktu hingga lebih dari satu jam.

Untuk fitur koneksi keduanya sama-sama dibekali dengan fitur koneksi NFC. Fitur berguna sebagai alat pembayaran, namun sayang baru bisa digunakan di negara asal saja, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran lewat AliPay dan WeChat Pay di Cina.

Fitur koneksi lainnya kedua produk ini juga sama-sama memiliki koneksi Wifi, Bluetooth 5.0 dan GLONASS dan GPS

Kesimpulan

Kedua produk ini memiliki fitur yang hampir mirip, namun dari sisi fitur sebagai produk yang lebih baru, tentunya Honor Band 5 memiliki fitur yang lebih lengkap. Dengan adanya sensor SpO2 (saturasi oksigen darah), membuat produk ini lebih lengkap dibandingkan kompetitornya. Selain itu Honor Band 5 juga punya pilihan olahraga yang lebih banyak dibandingkan Xiaomi MI Band 4.

Namun begitu, XIaomi Mi Band 4 memiliki ekosistem yang lebih baik, karena di produk ini ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyediakan untuk mengkustomisasi lebih luas di face pada gelang pintarnya.

 

Honor Band 5Xiami Mi Band 4
Berat22.7 gram22.1 gram
Layar0.95 inci color AMOLED, Display 120x240px, RGB0.95 inci color AMOLED, Display 120x240px, RGB
Charging Time1 Jam2 Jam
KonektivitasWifi, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, NFCWifi, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, NFC
Blog Oxygen detectionSupport (Waiting for OTA)Not Support
Water resistant5ATM5ATM
Battery lifeup to 14 daysup to 20 days
Sport Mode10 Different6 Different
Sensor6-axis accelerometer, PPG heart rate sensor, Infrared sensor3-axis accelerometer, 3-axis gyroscope, PPG heart rate sensor, capasitive proximity

 

1 KOMENTAR