Honor Band 5 (Review) : Gelang Pintar untuk Pantau Kesehatan

2

Honor hadirkan generasi terbaru dari gelang pintarnya. Adalah Honor Band 5, yang menjadi generasi penerus dari Honor Band 4 yang sebelumnya meluncur tahun lalu. Seperti apa fitur dan teknologi baru yang dimiliki gelang ini? Berikut adalah review lengkapnya.

honor band 5 ok (8)

Desain Sporty

Honor Band 5 memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya, Honor Band 4. Memiliki bahan karet dengan kualitas yang cukup baik dan ramah di kulit, sangat cocok untuk mereka yang aktif dan sporty.

Desain lubang pada strap juga memberikan kesan yang lebih sporty. Lubang ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan keringat yang dihasilkan selama berolahraga.

Secara bentukan smartband ini lebih kecil dibandingkan smartband kebanyakan yang ada dipasaran. Memiliki bobot hanya 22,7 gram, smartband ini masih tergolong ringan, sehingga tidak terasa saat dipakai di pergelangan tangan.

honor band 5 ok (18)

Baca juga: Xiaomi, Samsung, Realme Saling Pepet di Kelas Menengah, Huawei dan Honor ke Laut

Pada bagian depan tersedia satu tombol sentuh yang bisa digunakan sebagai tombol back. Untuk melakukan navigasi antar menu, pengguna bisa menggunakannya melalui layar. Caranya tinggal mengusap bagian bulatan pada kapsul utama sesuai informasi yang dibutuhkan.

Pada unit yang kami test ini memiliki balutan warna hitam, namun sejatinya produk ini tersedia dalam 3 warna pilihan seperti hitam, biru, dan pink.

Layar Tombol ini terbilang cukup responsif saat kami menggunakannya. Sedangkan pada bagian atas tersedia konektor untuk mengisi daya.

Menariknya gelang memiliki memiliki ketahanan terhadap air hingga 50 meters. Jadi kamu tidak perlu khawatir gelang ini kena hujan atau kamu ajak mandi, bahkan berenang di kolam renang.

Baca juga: Honor 10 Lite Rilis Juga di Indonesia, Layak Dibeli?

Layar AMOLED

Meski memiliki bentuk yang kecil namun Honor menampilkan layar yang cukup luas dan pas untuk sebuah smartband. Smartband ini dibekali layar 0.95 inch AMOLED true-color. Memiliki resolusi 120x240px, tampilan layar yang dimilikinya terbilang nyaman dimata.

Dengan interface UI Dynamic yang membuatnya nampak lebih baik dibandingkan pendahulunya. Tidak hanya itu, layar ini juga  memberikan tampilan yang jelas meski digunakan di luar ruang.

honor band 5 ok (18)

Paket Penjualan

Soal harga, Honor Band 5 memang belum diketahui, karena pihak honor menyebutkan bahwa produk ini baru akan tersedia pada awal oktober 2019. Namun di negara asalnya sendiri Smartband ini dibanderol di kisaran $26 atau setara Rp400 ribuan.

Dengan harga banderolnya, paket penjualan Honor Band 5 terdiri dari gelang utama, charger dan manual book.

Charger gelang ini menggunakan seperti sebuah dock yang memiliki port USB. kamu tinggal mengisi ulang dengan kabel data yang tersedia.

Baca juga: Review Honor Band 4 Running Edition: Teman Setia Jogging Kamu

Fitur Honor Band 5

Honor Band 5 memiliki monitor denyut jantung optik seperti sebelumnya. Jadi tentu saja, gelang pintar ini bisa menjadi asisten kesehatan kamu.

Selain itu, sensor ini mendapatkan penambahan fitur dengan adanya yakni sensor SpO2 (saturasi oksigen darah). Sensor ini berguna untuk petualang saat di ketinggian atau mereka yang menderita kondisi tertentu, seperti Hipoksia.

Untuk mendukung kamu dalam kegiatan berolahraga, smartband ini selain bisa diajak berenang pada di dalam air hingga 50 m, juga menyajikan fitur olahraga 10 mode, Seperti Outdoor Running, Indoor Running, Outdoor Walking, Outdoor Cycling, Indoor Cycling, Free Training, Indoor Walking, Rowing Machine dan Elliptical Trainer.

Honor Band 5 Mudah Terhubung via Aplikasi Smartphone

Bagi kamu pengguna smartphone huawei atau smartphone honor, sejatinya aplikasi tersebut sudah tersedia pada aplikasi huawei Health.

Sedangkan pengguna merek lainnya, kamu harus menginstal aplikasi via Google play. Tidak hanya untuk Android aplikasi ini juga tersedia di platform IOS.

Untuk menghubungkannya, kamu tinggal mengaktifkan koneksi Bluetooth pada smartphone, lalu buka aplikasi Huawei Health untuk menghubungkan Honor Band 5.

Untuk menghubungkan aplikasi dan gelang cukup mudah, karena pada aplikasi menyedikan menu untuk menghubungkan perangkat wearable. Kamu tinggal memilih perangkat wearable yang akan disambungkan.

 

Saat pertama kali dihubungkan smartband ini akan meminta upgrade firmware versi 1.1.0.92., dari Huawei Health. Dengan begitu fungsi yang dimilikinya menjadi lebih optimal.
Melalui aplikasi ini kamu bisa menggunakan fungsi reminder, alarm clock, pengingat calorie consumption, bahkan notifikasi pesan dari smartphone.

Untuk notifikasi yang dapat ditangani pada gelang ini cukup, gelang ini bisa menampilkan pesan dari aplikasi chat, sosial media, telepon atau SMS.

Baca juga: Realme 2 Pro vs Honor 8X, Mana yang Terbaik?

Pada saat kami coba, ketika ada pesan masuk melalui whatsapp, maka gelang akan bergetar untuk menandakan bahwa ada notifikasi pada gelang, begitu juga aplikasi sosial media lainnya.

Honor Band 5 bisa kamu gunakan sebagai personal trainer dalam berolahraga. Karena didalamnya gelang pintar ini bisa menghitung langkah dan berapa kalori yang kamu bakar pada setiap kesempatan berolahraga.

Baterai Honor Band 5 tahan lama

Honor Band 5 memiliki prosesor berkinerja tinggi dan berdaya rendah. Secara resmi Honor mengklaim gelang ini dapat standby selama 15 hari atau dapat bekerja secara aktif sekitar 7 hari (1 Minggu) pada penggunaan normal.

Kami membuktikannya dengan menggunakan selama 1 minggu, gelang ini masih menyisakan lebih dari 10% kapasitas baterai. Sedangkan saat kami gunakan untuk berlari selama 1 jam, daya hanya turun sekitar 5% saja.

Menariknya gelang ini juga dibekali dengan fitur koneksi NFC. Fitur berguna sebagai alat pembayaran, namun sayang baru bisa digunakan di negara asalnya.

honor band 5 ok (18)

2 KOMENTAR