Cara Mudah Cegah, Deteksi dan Hapus Virus di Perangkat Android

8

Cara Mudah Cegah, Deteksi dan Hapus Virus di Perangkat Android

Walau dikenal sebagai sistem operasi canggih, perangkat pintar berbasis Android terbilang rentan disusupi malware. Bahkan, 


Jika pernah mengalami perangkat Android kesayangan, kinerjanya lemot tanpa sebab yang pasti. Bisa dikatakan perangkat tersebut terjangkiti virus dan teman-temanya.

Berikut tips sederhana buat cegah, mendeteksi dan menghapus virus di perangkat Android, yang berhasil gw rangkum dari laman Android Pit.


1. Cara Melindungi Android dari Malware

- Matikan pengaturan yang memungkinkan smartphone kamu memasang aplikasi dari luar Play Store. Caranya dengan masuk ke Security Setting, kemudian jangan izinkan peng-install-an aplikasi dari sumber yang tak jelas.

- Perbarui aplikasi setelah update-nya tersedia di Google Play. Biasanya, setiap aplikasi menyediakan update, mereka disertai dengan peningkatan keamanan dan perlindungan terhadap data penggunanya.

- Periksa seluruh izin aplikasi sebelum kamu mengunduhnya. Jika izin tak berkaitan dengan aplikasi tersebut, carilah aplikasi lain untuk diunduh.

- Saat memakai Wi-Fi umum, gunakan VPN untuk melindungi data kamu.

2. Cara Mendeteksi Malware, Adv dan Virus di Android

Kamu bisa memasang anti-virus untuk mendeteksi dan mengidentifikasi malware maupun virus. Nah, jika banner iklan bermunculan di atas aplikasi kamu, cukup mudah untuk mengetahui jenis adware yang menyerang, terutama jika ponsel kamu menjalankan Android 7.0 Marshmallow, caranya:

- Pada Setting, carilah Apps for Draw, kamudian kamu akan menemukan daftar aplikasi yang memiliki izin untuk berjalan di atas aplikasi lain.

- Kemudian, jangan izinkan aplikasi mencurigakan itu berjalan di aplikasi lainnya. Kamu juga bisa menghapus aplikasi mencurigakan tersebut.

3. Cara Menghapus Malware dari Android

Jika sebuah aplikasi bersifat mencurigakan, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut. Pertama kamu bisa meng-uninstall aplikasi yang dianggap mencurigakan, jika tak bisa di-uninstall karena aplikasi itu memiliki administrator rights, kamu bisa hapus dulu administrator rights tersebut dengan cara:

- Masuk ke Setting, pilih Security dan lihat bagian Device Administrator. Kamu akan melihat menu Android Device Manager di daftar tersebut.

- Anda bisa mancabut izin administrator rights pada aplikasi yang tak bisa dihapus. Setelah izinnya dicabut, aplikasi mencurigakan itu bisa dihapus.

Selanjutnya, lakukan pengujian apakah langkah yang telah dilakukan berhasil. Caranya dengan restart Android, setelah smartphone menyala, bisa dilihat apakah kinerjanya sudah normal kembali. 

Jika masih ada masalah coba pakai sebuah aplikasi anti-virus. Jika memang ada virus dan berhasil dideteksi dan dihapus oleh anti-virus, artinya smartphone lo, kemungkinan akan baik-baik saja. Slamet mencoba yaa!! 



8 COMMENTS