Agar Tak Tertipu, ini Cara Bedakan Kabel Charger iPhone Asli atau Palsu

0

Gadget buat Apple, selama ini dikenal sebagai produk premium. Untuk menjaga kelasnya tersebut, Apple mengklaim semua aksesorisnya memiliki kualitas eksklusif sehingga dilego dengan harga mahal. 

Sayang klaim Apple tersebut, berbanding terbalik dengan kondisi di lapangan. Pada kenyataannya, di pasar banyak beredar aksesoris Apple dengan kualitas "abal-abal". 

Menariknya, semua produk palsu tersebut, ternyata sangat sulit untuk dibedakan. Charger iPhone, menjadi salah satu aksesoris Apple yang banyak dipalsukan. 

Seperti produk palsu pada umumnya, charger palsu tersebut bisa berakibat fatal, bagi iPhone kesayangan kamu. 

Nah, sebagaimana dilansir laman BGR, berikut ada cara sederhana membedakan, charger iPhone asli dengan yang palsu. Berikut tipsnya. 

1. Lakukan Verifikasi Saat membeli, 

Pastikan di charger tersebut, terdapat verifikasi tulisan 'Made for iPhone". Tulisan dan logo Made for iPhone ini bisa ditemukan di boks penjualan aksesori, entah itu earpod yang dijual terpisah, charger baterai, casing, termasuk speaker. 

Uniknya, kabel asli iPhone justru tidak memiliki tulisan Made for iPhone. Jadi, jika kamu menemukan kabel charger yang memiliki embel-embel Made for iPhone, sudah pasti itu palsu. 

2. Designed by Apple in California 

Untuk kabel charger yang asli, dibalik kemasan memiliki tulisan "Designed by Apple in California" atau "Assembled in China, Assembled in Vietnam, bisa juga Indústria Brasileira. Pastikan tulisan tersebut, disertai 12 digit nomor seri yang ada di kemasan. 

3. Perhatikan ujung kabel 

Trik selanjutnya, yakni memperhatikan ujung kabel Lightning Port (bagian kuning). Pada kabel iPhone yang asli, memiliki garis-garis emas yang halus dan tidak menonjol.

Material metalnya juga halus dan tidak terasa kasar seperti versi palsu. Tak hanya itu, ujung Lightning Port kabel asli biasanya berwarna perak dengan garis emas yang mengkilap.

Sementara versi KW Lightning Port-nya berwarna emas kehitaman. Sementara, ketebalan ujung kabel (material plastik putih) yang asli pasti terasa konsisten, yakni berukuran 7,7 mm x 12 mm. 

Sedangkan kabel palsu, ketebalannya tidak merata. Semoga tips sederhana di atas, bisa menghindarkan kamu dari jebakan "betmen" membeli kabel charger iPhone abal-abal alias palsu atau KW.