Jangan Buru-buru Beli Hp Xiaomi, Teliti 4 Hal Ini !

0

Jangan tertipu dengan Hp Xiaomi yang gak resmi

GadgetSquad.id – Dijual dengan harga yang lebih murah dan bawa kekuatan spesifikasi yang lebih tinggi dari smartpone lainnya, itulah yang jadi daya tarik HP Xiaomi. Gak heran banyak pengguna yang lebih memilih HP asal Tiongkok ini, termasuk di Indonesia.

Bagi kamu yang juga tertarik dengan HP Xiaomi, jangan buru-buru membeli. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, antara lain yaitu :

Baca juga : Xiaomi Redmi 5A vs Xiaomi Redmi Note 5A, Apa Bedanya?

  1. Jangan Sampai Salah Pilih Tipe

Xiaomi punya banyak banyak tipe HP, yang kadang berbeda antara satu negara dengan negara lain. Padahal jenis HP-nya sama. Jadi yang masuk ke Indonesia bisa memiliki tipe yang berbeda dengan negara lain. Atau terkadang untuk satu tipe memiliki beberapa varian. Tidak sedikit yang salah pilih, disebabkan karena perbedaan nama yang hampir mirip. Contohnya tipe smartpone Xiaomi Redmi 3 yang memiliki varian varianRedmi 3 Prime, Redmi 3S, Redmi 3X atau Redmi 3S Prime.

  1. Perhatikan Garansi

Pastikan Kamu selalu menanyakan garansi untuk HP yang ingin Kamu beli. HP Xiaomi yang beredar di Indonesia secara resmi hanya didistribusikan oleh TAM. Namun ada juga yang beredar di Indonesia, yang didistribusikan bergaransi dari distributor lain.

HP Xiaomi yang didistribusi oleh TAM hanya ada beberapa varian saja. Sedangkan distributor lain bisa menghadirkan tipe terbaru dengan lebih cepat. Bahkan untuk tipe yang tidak masuk pasar Indonesia, juga bisa disediakan di Indonesia. Namun Xiaomi yang dipasarkan oleh distributor tidak resmi, biasanya memilki harga yang tidak stabil.

  1. Cek Jenis ROM

ROM (Read Only Memori) adalah memori di smartpone yang menyimpan sistem dan program agar smartpone bisa berfungsi. HP Xiaomi Memiliki 4 jenis ROM, yaitu ROM Global Stable, Global Developer, China Stable, dan China Developer.

Baca Juga  Review OPPO F7: Semakin Pintar dengan Teknologi Artificial Intelligence Terbaru

ROM Global ditujukan untuk semua pengguna di negara manapun. ROM China dikhususkan untuk HP yang beredar di wilayah Tiongkok. Biasanya para distributor tidak resmi HP Xiaomi banyak yang melakukan modifikasi pada ROM, dengan memasukan software tambahan. Dan biasanya ini mengakibatkan muncul banyak masalah atau bug, seperti, kamera sering error, fingerprint tidak berfungsi, dan lainnya. Nah, untuk mengetahui jenis ROM yang digunakan pada HP Xiaomi, Kamu bisa mengeceknya melalui menu Pengaturan (Setting), lalu pilih menu Tentang Ponsel (About Phone).

Baca juga : Xiaomi Redmi 5A vs Redmi 4A, Apa Bedanya?

  1. Ikutan Komunitas MiFans

Jika Kamu masih ragu atau butuh informasi lengkap seputar HP Xiaomi, coba saja abung dengan Komunitas Xiaomi di Indonesia. Komunitas yang bernama MiFans ini, memiliki anggota yang sering mengadakan gathering untuk membantu pengguna lainnya memaksimalkan HP Xiaomi.