Review OPPO F5: Hp Selfie yang Jago Game Online

0

Oppo F5

Selain foto selfie, OPPO F5 juga bisa diandalkan bermain game online

GadgetSquad.id – Di tengah persaingan Hp selfie yang sedang ramai, OPPO memutar otak mencari sesuatu yang berbeda dibandingkan pesaing lainnya. Masih mengusung jargon Selfie Expert, OPPO yang pertama kali menggaunggkan tren Hp selfie, seolah tidak mau disalip vendor lain yang ikut-ikutan menjagokan kamera selfie.

OPPO berusaha membawa inovasi baru di setiap Hp terbaru yang diluncurkan. Mulai dari series OPPO F1, OPPO F3 dan yang paling yaitu OPPO F5.  Dibanderol dengan harga Rp 3.999.000 untuk versi 4GB, OPPO F5 hadir membawa inovasi fitur terbaru untuk penggunanya. Seperti apa inovasi tersebut ? Simak review-nya berikut ini :

Baca juga : Begini Cara Kerja Teknologi Artificial Intelligence Beautify di Oppo F5

Ringan dan Menawan

Beda dengan Hp OPPO tipe sebelumnya yang pakai bahan logam untuk bodinya, F5 malah menggunakan bahan plastik Polycarbonate di sisi belakangnya. Meski begitu tampilan bodi belakang OPPO F% tetap terlihat seperti pakai bahan metal. Jadi dengan bobot lebih ringan, tampilannya tetap menawan.

Tapi memang kelemahannya, bahan plastik pada bodi OPPO F5 ini lebih mudah tergores dibandingkan bahan metal. Tapi jangan khawatir, sudah disediakan hard cover dalam paket penjualan OPPO F5.

Layar Luas dan Tajam

OPPO F5 dibekali layar berteknologi TFT dengan jenis LTPS (Low Temperature PolySilicon). Keunggulan layar jenis ini yaitu bisa menampilkan detil gambar yang tajam dengan warna yang natural, tapi juga lebih rendah suhu, lebih hemat daya dan ukurannya lebih tipis.

Keunggulan lain dari layar di OPPO F5 ini yaitu ukurannya yang luas dengan diagonal 6 inci dan memiliki rasio 18:9 alias layar full display. Apalagi desain layar OPPO F5 terlihat luas, dengan perbandingan rasio layar dengan bodi sebesar 84.2%. Jadi luasnya ukuran layar tidak membuat ukuran bodinya menjadi tambah besar. Bodi OPPO F5 tetap proporsional dan pas serta nyaman saat digenggam

Soal ketajaman tampilan, layar OPPO F5 sudah dibekali resolusi layar Full HD+. Meski terlihat tajam, namun layar di Hp ini tetap nyaman di mata. Ini lantaran dibekali dengan fitur untuk mengurangi efek Blue Light yang disebut Night Shield, dengan begitu mata tetap merasa nyaman meski menatap layar dalam waktu lama.

Fingerprint dan Face Recognition

Karena menerapkan desain layar full display, maka tidak ada tombol apapun di bagian depan Hp ini. Termasuk sensor fingerprint yang diletakkan di bodi belakang dengan posisi yang cukup mudah dijangkau jari. Fingerprint di ponsel ini bisa dimanfaatkan untuk unlock screen, App Lock juga File Save.

OPPO F5 juga dilengkapi fitur pengaman lainnya, selain fingerprint, Password, PIN dan Pattern, yaitu fitur Facial Unlock. Fitur pengenal wajah (Face Recognition) ini memanfaatkan teknologi yang dimiliki kamera depan OPPO F5 untuk mendeteksi sekitar 128 titik-titik wajah. Respon fitur Face Unlock di Hp ini saat memindai wajah terbilang cepat. Dalam waktu kurang dari satu detik, layar Hp yang terkunci sudah terbuka.

Baca juga : OPPO F5 vs OPPO F5 Youth, Apa Bedanya?

oppo f5

Kamera Selfie Berteknologi A.I Beauty Recognition

Inilah inovasi terbaru yang dihadirkan pada OPPO F5, yaitu fitur A.I (Artificial Intelligence) Beauty Recognition. Fitur Beauty yang biasa ada di kamear selfie, pada OPPO F5 ditingkatkan kemampuannya sehingga semakin canggih.

Teknologi A.I Beauty Recognition di OPPO F5 sanggup memindai lebih dari 200 titik pada wajah pengguna lalu data tersebut akan diolah. Hasilnya, kamera selfie sanggup mengenali keunikan wajah tiap pengguna yang berbeda-beda. Termasuk bisa mendeteksi karakter wajah pria dan wanita.

Selanjutnya OPPO F5 akan memberikan efek kecantikan (mode Beauty) yang lebih pas. Tidak sekadar memperhalus dan memberi efek cerah tampilan kulit seperti di fitur Beauty pada umumnya, tapi bisa menyesuaikan dengan karakteristik wajah penggunanya. Sehingga hasil foto selfie tetap alami.

Untuk memanfaatkan teknologi A.I Beauty Recognition ini, pengguna harus memilih mode Auto Beauty yang tertampil saat viewfinder kamera aktif. Pengguna juga tetap bisa mengatur tingkat Beauty yang diinginkan.

Pengguna juga masih bisa memotret selfie dengan mode normal, tanpa efek Beauty. Hasil fotonya tetap terlihat tajam dan natural, dengan warna kulit terlihat alami. Asyiknya lagi pengguna bisa menambahkan berbagai efek filter keren yang disediakan.

Jika saat foto selfie menemui kondisi backlight atau bercahaya rendah, bisa menggunakan fitur HDR. Fitur HDR ini bisa meningkatkan pencahayaan sehingga hasil foto terlihat lebih terang. Atau jika saat berada di kondisi minim cahaya atau malam hari, OPPO F5 menyediakan fitur screen flash sebagai pencahayaan tambahan yang berasal dari sinar pada layar. Dengan begitu hasil foto terlihat lebih jelas, meski agak sedkit noise.

Baca Juga  Indosat Ooredoo Sediakan Paket Internet Rp 5.000, Bisa Akses Youtube Sepuasnya

Tak ketinggalan, kamear selfie pada OPPO F5 juga bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh. Caranya dengan meng-klik ikon efek blur yang sudah disediakan. Efek bokeh di kamera selfie ini juga terbilang pintar, karena bisa mengatur bagian mana yang fokus dan mana yang blur.

Jadi meski tidak dilengkapi dual camera, tapi kamera selfie di OPPO F5 tetap bisa menghasilkan hasil foto selfie yang maksimal. Apalagi kamera selfie ini sudah berresolusi 20 MPix. Belum lagi menggunakan sensor Samsung dan memiliki aperture F/2.0 serta 1/2.8″ sensor size.

 oppo f5

Kamera Belakang Sama Hebatnya

Meski menjagokan kamera selfie, tapi kamera belakang pada OPPO F5 juga memiliki kemampuan yang tak kalah hebat. Kamera ini menggunakan sensor CMOS IMX376 buatan Sony yang terkenal hebat.

Pada bagian belakang di OPPO F5 dibekali resolusi 16 Mpix dengan bukaan kamera F/1.8. Fiturnya ini juga dilengkapi fitur Phase Detection Autofocus, LED flash, 2x digital-zoom, HDR, Time-lapse, Panorama dan Expert. Pada mode Expert, pengguna bisa mengatur sendir beberapa pengaturan kamera secara manual.

Saat coba digunakan, kamera ini sanggup mendeteksi fokus objek foto dengan cepat. Tapi terasa kurang stabil jika digunakan untuk menangkap obyek yang bergerak. Ketika dicoba memotret di kondisi low light, kamera bisa dibantu dengan adanya LED flash yang bisa memberikan pencahayaan secara natural. Secara keseluruhan, kualitas foto yang dihasilkan kamera belakang OPPO F5 ini terlihat cukup detil dengan komposisi warna yang bagus.

Kemampuan merekam video kamera belakang OPPO F5 juga bisa diandalkan. Kamera ini bisa merekam video hingga resolusi maksimal Full HD 1080p dengan kecepatan rekam 30fps. Hasil videonya terlihat tajam, mulus dan stabil. Begitu juga saat merekam di kondisi minim cahaya, hasil videonya teta[ terlihat jelas.

Prosesor MediaTek

Untuk kinerjanya, OPPO F5 dibekali prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Quadcore (4×2.50GHz + 4×2.34GHz) 64-bit Cortex-A53 yang menggunakan arsitektur 16nm. Prosesor ini juga disokong RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Juga disediakan slot memori tambahan microSD hingga kapasitas 256GB.

OPPO F5 memiliki slot triple card, masing-masing untuk dua slot simcard dan satu slot memori tambahan. Jadi lebih leluasa dibandingkan Hp lain yang menggunakan dua slot dengan sistem hybrid.

Pengalaman menggunakan Hp ini juga didukung adanya user interface terbaru ColorOS 3.2 berbasiskan Android 7.1 Nougat. User interface ini lebih efisien dan hemat dalam penggunaan energi baterai, pengendalian panas yang lebih baik, dan memiliki kinerja lebih kencang 40% dibandingkan dengan versi sebelumnya.

 Game Acceleration

Yang menarik, OPPO F5 ternyata juga bisa diandalkan untuk bermain game bergrafis berat, termasuk untuk game online yang sekarang jadi tren. Ini karena OPPO F5 sudah disokong GPU Mali-G71 MP2 dan juga Game Acceleration. Fitur ini jadi lebih maksimal ketika dikolaborasikan dengan mode High Frame Rates.

Apalagi OPPO bekerjasama dengan Garena AOV menawarkan bonus khusus untuk pengguna yang membeli OPPO F5. Dengan kemampuan akselerasi tersebut, OPPO F5 sanggup menghasilkan frame rate diatas 30 fps dengan maksimum frame rate sebesar 60 fps. Artinya, bermain game jadi lebih maksimal lewat fitur yang dimiliki OPPO F5.

Menariknya lagi, OPPO juga menyematkan fitur yang memungkinkan pengguna tidak akan diganggu selama bermain game. Jadi misalnya ada panggilan masuk, maka akan ditunjukkan sebagai notifikasi dan tidak langsung menutup game yang sedang dimainkan.

Baterai Tanpa Fast Charging

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO F5 dibekali baterai berkapasitas 3200 mAh. Kapasitas ini tergolong lumayan besar untuk mendukung berbagai aktivitas di Hp ini. Apalagi juga disediakan fitur Continuous Optimizing, semacam Task Manager yang dapat mengelola aplikasi yang berjalan pada OPPO F5 dengan lebih baik.

Baca juga : Compare Smartphone Jagoan Selfie, Oppo F5 vs Vivo V7+

Selain itu, juga ada fitur Power Saving dan Energy Saver. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini jika ingin baterai bisa bertahan lebih lama. Ketika dicoba, OPPO F5 bisa bertahan selama 12 jam untuk pemakaian yang cukup intens. Sayangnya, OPPO F5 tidak dibekali teknologi pengisian baterai cepat atau fast charging.

 

REVIEW OVERVIEW
Desain
8
Layar
8
Interface
8
Performa
8
Kamera
8
Baterai
8
SHARE
Previous articleSmokeBeat, Jam Pintar yang Bisa Bantu Berhenti Merokok
Next articleDJI Osmo Mobile 2, Harga Lebih Murah Fitur Bertambah