GadgetSquad.ID – Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, resmi memulai debutnya pada pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, di Barcelona. Sebagai hape flagship, sudah tentu Samsung mempersenjatai kedua hape tersebut dengan teknologi canggih, yang akan memanjakan konsumen.

Fitur-fitur canggih ini tak hanya hadir di sisi kamera tapi juga merambah ke departemen audio. Apa saja menu andalan yang diboyong Samsung ke Galaxy S9 dan S9 Plus? Simak infonya berikut.

1. Kamera Dual Aperture
Kehadiran dual aperture, menjadikan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, sebagai hape dengan fasilitas kamera paling inovatif saat ini. Dengan kemampuan dual aperture, kamera smartphone ini, diklaim mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya saat memotret. Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sendiri, memiliki kamera 12MP.

Bukaan diafragma S9 dan S9 Plus bisa dikatakan yang terbesar saat ini, karena mencapai aperture F1.5. Tidak hanya itu, Galaxy S9 dan S9 Plus juga memiliki satu pengaturan diafragma lainnya yakni f/2.4. Bedanya, di Galaxy S9+ diafragma itu berguna untuk mode pemotretan tele dan wide karena memiliki dua kamera utama 12 MP.

2. Video Slow Motion
Masih dari sektor imaging. Kamera Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, memiliki fitur perekaman super slow-motion. Menu tersebut mampu menghasilkan video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel.

Efek super slow-motion ini memungkinkan perekaman sebuah momen yang begitu cepat hingga 0,2 detik dapat menjadi enam detik. Perekaman ini juga dapat dilakukan multi-capture hingga 12 kali

3. AR Emoji
Fitur bernama “AR Emoji” dapat dikatakan memiliki fungsi yang mirip dengan Animoji di iPhone X. Bedanya, jika Animoji di iPhone X mengambil animasi dari emoji yang sudah ada, AR Emoji di Galaxy S9 justru memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Hasil emoji tampil dalam animasi kartun yang mirip dengan wajah pengguna.

Pengguna cukup memakai kamera untuk mengambil foto selfie dan hasilnya dapat langsung tersaji dalam bentuk bentuk GIF atau stiker. Menariknya, emoji-emoji ini bisa langsung dikirim via pesan instan.

4. Speaker AKG Dolby Atmos
Pada menu Audio, Samsung membenamkan speaker stereo dari AKG. Berbekal hardware tersebut, Samsung menjamin keluaran suara dari speaker Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus akan lebih jernih, renyah, dan kaya.Tak lupa, ada pula dukungan Dolby Atmos yang memberikan pengalaman audio 360 derajat.

5. Intelligent Scan
Terakhir, ada menu Intelligent Scan. Fitur ini merupakan modus verifikasi baru yang menggabungkan keunggulan dari teknologi pemindaian wajah dan pemindaian retina mata. Berbekal kedua teknologi tersebut, user akan lebih mudah membuka perangkat diberbagai kondisi. Ada pula Dedicated Fingerprint yang memungkinkan pengguna memakai sidik jari berbeda untuk membuka Secure Folder maupun perangkat.