Kinerja laptop murah masih bisa diandalkan

GadgetSquad.id -Laptop yang dijual harga murah bisa dibilang sudah jarang tersedia. Karena sekarang rata-rata laptop yang ada di pasaran dibandrol dengan harga cukup mahal. Tapi kalau kamu butuh laptop yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang ringan, ada sih laptop yang dijual dengan harga murah, yaitu sekitar Rp2 jutaan.

Tapi disesuaikan dengan harganya yang murah, pasti ada beberapa keterbatasannya. Seperti luas layarnya hanya sebatas berukuran 14 inchi. Tapi ukuran layar ini terbilang cukup ideal untuk menemani aktivitas ringan seperti menggunakan aplikasi Office atau menikmati konten multimedia seperti menonton film.

Keterbatasan lainnya yaitu laptop murah ini juga bukan termasuk produk keluaran terbaru. Tapi gak masalah jika harga yang dibanderol pas dengan kondisi ‘kantong’. Berikut ini beberapa laptop murah yang bisa dipilih.

Baca juga : Laptop Asus FX503, Main Game Lebih Bertenaga Harga Lebih Murah

Lenovo IdeaPad 100S-14IBR

Desain laptop ini terlihat  tangguh dengan bodi berwarna hitam. Laptop ini juga memiliki layar berukuran 14 inci dengan ketajaman resolusi HD (1366 x 768 piksel). Sedangkan untuk tampilan grafisnya, laptop ini dilengkapi dengan kartu grafis yang digunakan yaitu Intel HD Graphics 400. Dengan resolusi layar dan dukungan kartu grafis tersebut tampilan konten multimedia dapat ditampilkan dengan tajam.

Untuk performanya, Lenovo IdeaPad 100S-14IBR diperkuat dengan prosesor Intel Celeron N3060 dualcore yang memiliki kecepatan clock 1.6 GHz. Selain itu juga disokong RAM berkapasitas sebesar 2 GB. Ini memungkinkan pengguna untuk beraktivitas secara multitasking pada laptop ini. Apalagi laptop ini juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang terbilang standar yaitu 32 GB eMMC. Lenovo IdeaPad 100S-14IBR dibanderol seharga Rp 2,9 juta

 

Lenovo IdeaPad E10-30-773

Lenovo seri IdeaPad E10-30-773 dibanderol dengan harga Rp2,7 juta. Laptop ini diperkuat dengan prosesor Intel Celeron N2830 berkecepatan 2.16 GHz. Juga didukung juga memori RAM 2 GB DDR3. Layar laptop ini memiliki layar berukuran 14.1 inch berteknologi LED.

Laptop ini memang memiliki spesifikasi terlalu tinggi, tapi laptop ini masih terbilang cepat kinerjanya. Setidaknya untuk kebutuhan penggunaan aplikasi dokumen dan mengakses file multimedia. Termasuk untuk memainkan game, meski tidak cocok untuk game HD. Lenovo seri IdeaPad E10-30-773 ini juga menyediakan harddisk dengan kapasitas 320 GB. Kapasitas tersebut terbilang cukup luas untuk menyimpan berbagai jenis file.

 

Zyrex SKY 232

Laptop produksi pabrikan lokal yang satu ini memiliki harga jual yang lebih murah lagi, yaitu Rp2,4 juta. Tidak heran jika harganya yang murah menjadi salah satu daya tariknya.

Laptop ini juga didesain dengan tampilan layar berukuran 14 inci. Bahkan desain Zyrex SKY 232 terbilang elegan dengan bodi yang cukup ramping. Apalagi kualitas material yang digunakan terbilang baik, dengan finishing yang rapi. Bobotnya pun bisa dibilang ringan.  Juga ditunjang dengan desain tombol keyboar yang nyaman digunakan.

Tapi memang dengan harga murah, ada penyesuaian di sisi hardware. Untuk kinerjanya, laptop ini mengandalkan prosesor Quad Core dari Intel X8350. Salah satu kelebihan prosesor ini yaitu kemampuannya yang mumpuni sekaligus lebih hemat daya.

 

Zyrex SKY 232 PLUS

Laptop buatan pabrikan lokal ini menawarkan harga yang lebih murah lagi, yaitu Rp 2,5 juta. Meski begitu kinerja laptop ini jangan diremehkan. Karena sudah menggunakan prosesor Intel Celeron plus dukungan RAM 4 GB. Begitu juga dengan kartu grafisnya, menggunakan buatan Intel. Setidaknya laptop ini bisa diandalkan untuk aktivitas komputasi ringan sehari-hari.

Laptop ini juga memiliki desain dengan layar berukuran 14 inci. Ketajaman layar ini diperkuat resolusi sebesar 1366 x 768 Pixel. Hadirnya layar 14 inch dengan resolusi tinggi menjadikan laptop SKY 232 PLUS ini bisa menampilkan tampilan gambar dengan detail yang jauh lebih tinggi. Termasuk nyamana digunakan untuk menonton film.

 

Axioo MyBook 14

Axioo juga memiliki seri laptop berharga murah lainnya, yaitu Axioo MyBook 14. Laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp2,8 jutaan. Laptop ini hadir dengan desain bodi yang kokoh sekaligus ringan. Seperti tertera pada nama serinya, laptop ini dibekali layar berukuran 14 inch dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Dengan resolusi yang lebih besar, ketajaman tampilan layar juga lebih tajam.


Untuk performanya, Axioo MyBook 14 mengandalkan prosesor Intel Celeron N3350 dualcore dengan kecepatan 1.1 GHz. Prosesor ini juga sudah disokong RAM 3GB LPDDR3 dan VGA Intel HD Graphics. Untuk memori internalnya Axioo menyematkan memori berkapasitas 32GB eMMC.

Baca juga : Laptop Lenovo Yoga 920, Desain Full Lipat Plus Stylush

Axioo Neon TNH C525X

Laptop ini juga membawa desain layar seluas 14 inch. Layar yang digunakan Axioo Neon TNH C525X ini menggunakan teknologi layar LED Backlight dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Untuk kinerjanya, laptop ini disokong prosesor Intel Dual Core N2805 dengan kecepatan 1,58 GHz. Juga didukung memori RAM DDR2 sebesar 2 GB. Ini membuat kinerjanya cukup bisa diandalkan, setidaknya saat menjalankan multitasking tidak akan nge-lag. Untuk tampilan grafisnya laptop ini didukung kartu hrafis Intel HD Graphics.

Dijual dengan harga Rp2,6 juta, Axioo Neon TNH C525X mengadopsi sistem operasi Linux. Untuk ruang penyimpananya disediakan kapasitas harddisk Serial ATA sebesar 500 GB.