Desain Layar ‘Berponi’ Seperti iPhone X Ternyata Bukan Ide Apple

0

Desain layar iPhone X justru diklaim menjiplak

GadgetSquad.id – Belakangan muncul beberapa seri Hp yang memiliki desain mirip dengan produk Hp Apple terbaru yaitu iPhone X. Yaitu Hp dengan desain layar luas yang menutupi hampir seluruh sisi depan, dan hanya menyisakan sedikit bezel dan bagian notch  atau poni di bagian atas.

iPhone X memang yang pertama kali mengusung desain layar seperti itu. Tidak heran jika banyak yang bilang jika beberapa Hp yang memiliki desain yang mirip, menjiplak desain iPhone X.

Baca juga : 10 Smartphone Ini Desainnya Mirip iPhone X

Tapi ada info yang menyebutkan jika desain layar ‘berponi’ itu ternyata bukan ide pertama kali dari Apple. Ide pertama desain tersebut justru dikembangkan oleh OPPO. Hal ini terungkap pada situs Badan Kekayaan Intelektual Tiongkok yang menerangkan desain layar luas dengan ‘notch’ di bagian atas sudah didaftarkan OPPO dan tercantum sejak 9 Januari 2017. OPPO sudah lebih dulu mengajukan permohonan paten desain layar penuh dengan poni.

Paten ini sendiri sudah disetujui dan dipublikasikan oleh pihak berwenang pada tanggal 29 September 2017. Paten yang diajukan OPPO tersebut berupa beberapa desain inovatif di bagian atas layar, yaitu mulai dari bentuk semi lingkaran, segitiga terbalik, setengah persegi, setengah elipse, setengah busur dan lainnya.

Salah paten desain tersebut akhirnya digunakan pada varian OPPO R15 dan R15 Plus. Sayangnya, beberapa vendor lain ternyata sudah lebih dulu mengeluarkan desain yang mirip. OPPO sendiri tampaknya tidak mau terburu-buru untuk merilis secara resmi dan komersial hape OPPO R15 dan R15 Plus.

Hal itu juga diterangkan oleh Alen Wu selaku Wakil Presiden OPPO yang mengatakan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah sebuah teknologi akan digunakan pada produk OPPO seri tertentu.Lebih lanjut juga dikatakan juga diperlukan pertimbangan yang matang untuk memproduksi hape OPPO secara masal dan mulai mengkomsersilkannya.

Baca juga : Ini Keunggulan Layar Hp OPPO R15 Dibandingkan iPhone X

OPPO memang telah mengamankan paten desain layar penuh dengan ‘poni’ lebih dulu. Tak hanya itu, OPPO pun juga bisa dibilang menjadi produsen hape pertama yang memeroleh otorisasi untuk desain layar penuh dengan poni. Namun sayangnya OPPO tersalip dalam merilis lebih dulu seri hape dengan desain tersebut.