Review ASUS ROG Strix GL503VS Scar: Gaming Makin Asik, Layar Responsif

0

 

Di awal tahun 2018, ASUS memperkenalkan serangkaian laptop gaming terbaru dari lini ASUS ROG, yaitu ROG Strix GL503 series. Dan Ini adalalah Review ASUS ROG Strix GL503VS Scar.

Laptop terbaru penerus jejak ROG Strix GL502 dan GL553 ini sendiri datang dengan varian khusus, GL503 Scar Edition yang ditujukan untuk para gamer first person shooter dan Hero Edition yang ditujukan untuk gamer MOBA.

Tentunya laptop ini datang dengan berbagai perbaikan yang sama dengan GL503 Tradisional. Tak hanya sampai mendapatkan fitur yang sama dengan GL503 Tradisional, Scar Edition sudah dibekali fitur-fitur baru yang akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik ketimbang versi tradisional.

Salah satu GL503 Scar Edition yang paling bertenaga adalah GL503VS Scar Edition. Laptop gaming terbaru dari lini ROG Strix ini datang dengan layar yang memiliki refresh rate hingga 144Hz dan fitur NVIDIA G-Sync yang dimiliki GL503VS Scar Edition.

Memang dari sisi dapur pacu alias spesifikasi tak banyak perubahan yang ditawarkan oleh suksesornya ini. Perubahan lebih berarti lebih banyak terlihat dari sisi desain dari ROG Strix GL503 yang lebih modern.

Pada aspek dapur pacu, prosesor Intel Core generasi ke-7 high performance yang diklaim masih sangat mumpuni menangani kerja produktivitas maupun menangani game-game AAA saat ini tetap menjadi andalan. Untuk mengimbangi layar yang super responsif, Laptop gaming yang dirancang untuk mereka para gamer fps yang ingin memiliki mesin game terbaik ini dibekali dengan kartu grafis GeForce GTX 1070 yang sangat bisa diandalkan untuk menangani judul game AAA terkini.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

 

Design For FPS Gamer

Seperti semua ROG Strix GL503, GL503VS Scar Edition tampil dengan desain baru yang ramping. Memang di Scar Edition ini terdapat beberapa perbedaan di sesi desain, seperti Penutup glushed metal yang terlihat lebih elegan dengan finishing burshed metal. Bagian dalamnya pun tak luput dari sentuhan dengan hadirnya pola karbon pada bodi bagian dalamnya yang membuatnya makin menegaskan laptop ini untuk para gamer FPS.

ROG Strix GL503 terkenal dengan portabilitas dan performa superior yang luar biasa: Namun pada GL503VS Scar ini sedikit berbeda dengan GL503 varian lainnya. Beratnya 2,5kg, dan dengan profil tipis 2,5cm. Kenaikan bobotnya ini lebih dikarenakan kebutuhan ruang untuk menyediakan sistem pendingin yang lebih baik untuk menangan hardware yang lebih bertenaga.

Sepasang speaker penembak samping memastikan audio game Anda terdengar nyaring dan jernih. Teknologi smart-amplifier yang efisien memberikan 3.5 watt per speaker untuk kenyaringan dan jangkauan dinamis yang luar biasa.

Baca Juga: Review ASUS ROG Strix GL503VS Scar: Laptop Gaming dengan Layar Super Responsif

Konektivitas lengkap dan sistem pendingin baru dengan dual fan.

Untuk urusan konektivitas, ASUS ROG Strix GL503VS Scar datang dengan pilihan konektivitas yang lebih lengkap. Di sisi kiri Anda akan menemukan satu port LAN (RJ45) 1 Gbps, dua port USB 3.0, dan terdapat satu port HDMI dan satu port mini DisplayPort untuk output video High Definition ke dua monitor eksternal dan juga satu buah jack audio combo (speaker + mikrofon) 3,5mm untuk Anda bisa menggunakan headset kesayangan Anda.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Selain terdapat port-port untuk konektivitas, di sisi kiri laptop ini juga terdapat jack untuk adapter daya dari laptop ini. Menariknya kini Anda tak akan menemukan lagi lubang ventilasi udara di bagian ini karena telah berpindah ke bagian belakang laptop.

Di sisi kanan, Anda akan hanya menemukan, tiga buah port USB 3.1 gen 1 yang salah satunya berantarmuka USB Type-C, satu kensington lock  dan satu card reader. Sayangnya kali ini DVD Super Multi harus absen di laptop gaming terbaru ASUS ROG. Namun ini wajar demi mendapatkan profil yang lebih tipis. Selain itu, saat ini DVD drive juga sudah semakin berkurang penggunaannya.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Di bagian depan, kini terlihat lebih polos. Karena card reader sudah berpindah ke bagian kanan dan speaker sekarang berada di bagian sisi-sisi laptop gaming ini.

Dibagian belakang kini terlihat dua buah lubang ventilasi untuk pembuangan udara panas. Menariknya aksen merah dari sirip-sirip heatsink pendingin laptop ini tampak dari bagian luar dan menambah estetika laptop gaming ini.

Sama dengan varian GL503 lainnya, selain di bagian belakang, Laptop gaming terbaru dari ASUS ROG ini memiliki ventilasi udara di bagian atas Laptop yang memungkinkan Laptop ini mendapatkan udara segar dari bagian atas.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Tak hanya datang dengan desain baru, ASUS ROG Strix GL503VS Scar datang dengan sistem pendingin yang baru pula. Kehadiran sistem pendingin baru ini seperti ASUS mendengarkan keluhan para pengguna seri pendahulunya yang menyangkan penggunaan satu buah fan untuk mendinginkan seluruh sistem.

Baca Juga: Laptop ASUS ROG STRIX GL503VS Scar Edition, Versi Upgrade dengan Grafis Game Makin Mulus

Dengan perubahan sistem pendingin, Laptop ini berhasil menjaga suhu kerjanya di angka lebih baik. Suhu prosesor tertinggi dari Laptop ini berada di angka 80 derajat Celsius saat diuji dengan aplikasi Intel Extreme Utility.

Sedangakan untuk grafi GTX 1070 8GB, suhu maksimal yang berhasil di catat berada di angka 76 derajat Celsius pada pengujian Unigine Heave 4.0 dengan setting preset extreme dan berada di kisaran 79 derajat saat digunakan untuk bermain game dengan setting grafis tertinggi.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Mudah Dimaksimalkan

Meski datang dengan spesifikasi yang tergolong tinggi, ASUS ROG Strix GL503VS Scar Series ini datang dengan fitur easy upgrade. Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengguna mudah melakukan upgrade pada Laptop gaming ini.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Anda hanya butuh lepaskan satu buat skrup untuk membuka panel belakang dan Anda pnya akses ke slot RAM kedua, slot M.2 dan hard disk drive. Dengan mudahnya akses tersebut, Anda bisa dengan mudah menambahkan kapasitas RAM DDR4, atau dengan mudah melakukan upgrade storage dengan menambahkan SSD pada slot M.2 atau mengganti hard disk drive-nya.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Hard disk drive yang digunakan dapat di upgrade dengan melepaskan empat baut yang di sekeliling hard disk drive.

Untuk Anda yang ingin menambah SSD, Anda bisa memanfaatkan slot M.2 yang tersedia. Menariknya slot ini telah mendukung protokol NVMe yang memungkinkan Anda menikmatik media penyimpanan super cepat.

Baca Juga: Laptop ASUS ROG Tunjuk Tim Gaming Ini Jadi Brand Ambassador

mengganti RAM di Laptop ini juga mudah, tersedia satu slot RAM SO-DIMM yang mendukung RAM DDR4 hingga 32 GB.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Layar Full HD Super Responsif.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar ini datang dengan layar 15,6 inci beresolusi Full HD paling responsif di kelasnya. Layar dengan refresh rate 144Hz yang diusungnya menjamin para game pro tak akan menemukan gejala tearing dan stuttering saat bermain game dengan fase yang cepat. Untuk  Menariknya, tak hanya reponsif, panel non-reflective tak hanya akan mengurangi pantulan bayangan pada layar, namun juga memberikan ruang pandang yang luas. Artinya, Anda tak akan mengalami perubahan warna yang signifikan saat Anda melihat layar Laptop ini dari sisi manapun.

 

Untuk mengoptimalisasi visual layarnya, ASUS mengembangkan beberapa software khusus yang bisa diunduh secara terpisah di situs resmi ASUS. Software tersebut antara lain bernama ASUS Splendid Technology. Teknologi ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.

Di dalam Spendid pun terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

  • Normal Mode adalah, mode di mana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
  • Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama.
Baca Juga  Review Vivo V9 : Tampil Mirip iPhone X dengan Segala Plus Minusnya

Mode ini juga merupakan fitur teknologi terbaru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan pada mata tadi. Cahaya biru pada layar akan dikurangi hingga 33 persen. Seperti diketahui ketika komputer dalam keadaan hidup (bekerja) display akan menampilkan cahaya biru pada rentang spektrum 450-495 nm.

Baca Juga: Laptop ASUS ROG Strix Kini Dibagi Jadi 3 Varian, Apa Saja ?

Cahaya biru tersebut merupakan salah satu penyebab dari degenerasi makula dan cedera pada retina. Dengan fitur Eye Care yang terdapat di dalam Splendid, cahaya pada panel LCD akan dibuat lebih kuning (redup) untuk mengurangi dampak cedera tersebut.

  • Vivid Mode adalah mode di mana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.
  • Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Aura RGB Keyboard

Keyboard backlit RGB memungkinkan ASUS ROG Strix GL503VS Scar menembus kegelapan dengan cahaya warna-warni yang mengancam. Empat zona pencahayaan RGB memungkinkan pengguna memilih kombinasi warna yang sempurna untuk melengkapi mood mereka.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Aplikasi ASUS Aura memungkinkan pengguna memilih dan memilih warna, kecerahan dan efek pencahayaan – statis atau napas. Pengguna dapat mengatur hingga tiga konfigurasi warna yang berbeda dan dengan cepat memilih yang sesuai dengan mood mereka.

Pengguna juga dapat mematikan keyboard backlit sepenuhnya untuk tampilan yang lebih jelas – untuk meminimalkan gangguan saat bermain game dan menonton film di ruangan yang gelap.

ROG Gaming Center

Dijalakan melalui tombol khusus, ROG Gaming Center adalah portal untuk utility, aplikasi dan ROG tool.

Gaming Center merupakan antarmuka terintegrasi untuk komponen sistem pemantauan dan fine-tuning; untuk mengelola berbagai profil permainan, profil keyboard dan makro, profil Splendid Display dan Audio Equalizer; dan untuk menetapkan prioritas paket internet.

ROG GameFirst IV

Iterasi terbaru utilitas GameFirst secara dinamis memprioritaskan traffic jaringan untuk meningkatkan bandwidth data game untuk waktu load lebih cepat dan mengurangi latency sekaligus mencegah koneksi terputus atau terhambat yang menyebabkan gangguan, lag atau glich dalam game.

Sonic Studio III

ROG STRIX Sonic Studio audio mengkombinasikan tuning perangkat keras dan perangkat lunak untuk memberikan profil akustik yang ideal untuk berbagai aktivitas. Profil khusus memberi pengguna kontrol penuh atas penyempurnaan audio. Anda dapat membuat profil Anda sendiri untuk memanipulasi frekuensi tertentu dan kemudian menyimpan dan berbagi konfigurasi dengan yang lain.

Sonic Radar III

Dapatkan keunggulan game strategis dengan Sonic Radar dan ROG STRIX GL503VS Scar Edition. Aplikasi Sonic Radar secara dinamis menganalisa audio dalam game untuk pengambilan gambar tembakan senjata dan kaki untuk menentukan pemain lain dan menyajikan overlay visual dalam game. Hamparan memungkinkan gamer menentukan di mana musuh mereka mendapatkan keunggulan ekstra atas kompetisi.

ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Dapur Pacu Bertenaga, dengan GPU Pre-overclock.

Meski datang sebagai laptop gaming terjangkau, ASUS membenamkan kombinasi hardware yang bertenaga di laptop ini. CPU Intel Core i7 7700HQ dipercaya sebagai otak dari laptop ini. Ini merupakan prosesor 4 core 8 thread berkecepatan 2,8 GHz dengan Turbo hingga 3,8 GHz.

Dan saat di uji dengan Cinebench, prosesor 4 core 8 thread ini mencatatkan poin sebesar 737 cb poin dengan performa single core di angka 160 cb poin. Hasil ini bisa menggambarkan bahwa prosesor ini sangat bisa diandalan untuk kerja tugas yang berat.

Kerja CPU ini juga  didukung oleh sepasang RAM DDR 4 2400 MHz berkapasitas 16GB sehingga total RAM yang diusung laptop gaming ini sebesar 32 GB. Sedangakan untuk urusan grafis, ASUS mempercayakan NVIDIA GeForce GTX 1070 dengan VRAM 8GB GDDR5.

Dengan sistem pendingin baru yang digunakan ASUS ROG Strix GL503VS Scar, GTX 1070 yang terpasang di Laptop ini bisa memiliki boost ke angka 1847 MHz. Suhunya pun dapat terjaga di angka 76-79 derajat Celsius saat waktu pengujian diuji.

Sementara di sektor media penyimpanan, GL503VS Scar menyediakan SSD m.2 NVMe berkapasitas 256 GB.  Menariknnya, SSD ini memiliki kecepatan read dan write yang luar biasa tinggi dimana kecepatan write  sekuensialnya mencapai angka 1190 MB per detik dan kecepatan read-nya mencapat 3282 MB per detik.

ASUS pun menyematkan sebuah SSHD berukuran 1 TB di laptop ini untuk Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Berbekal konfigurasi ini, rasanya dijamin seluruh proses komputasi dari yang ringan hingga sesi game yang cukup membebani sistem mampu dijalankan oleh Laptop ini.

Pada benchmark sintetis seperti yang kami lakukan dengan aplikasi PCMark 8, GL503VS Scar berjalan dengan tanpa hambatan dan mencatatkan hasil yang memuaskan. Dengan kombinasi komponen-komponen bertenaga yang diusungnya, laptop ini juga mampu menangani judul game populer seperti Rise of The Tomb Rider dan Dirt Rally  di resolusi Full HD dengan setting 3D maksimal. Dengan memainkan game-game tersebut di resolusi Full-HD dengan setting grafik 3D di preset Medium tersebut, judul-judul game di atas dapat dimainkan dengan nyaman dengan frame rate rata-rata di atas 110 sampai 117  fps.

Bahkan di game FPS  populer seperti Battlefield 1 laptop gaming teranyar dari ASUS ROG ini sangat bisa di andalkan. Saat di mainkan dengan laptop ini di setting maksimal, laptop ini mencatatkan fps rata-rata di angka 120 fps. Jadi untuk mendapatkan fps rata-rata di angka 144hz sangatlah mudah, cukup menyesuaikan beberapa setting grafik di game.

Kesimpulan

Jika dedikasikan khusus untuk para gamer FPS, rasanya GL503VS Scar adalah laptop gaming yang paling tepat. Bukan hanya karena spesifikasi yang tinggi berkat dukunga prosesor Intel Core i7-7700HQ, memori DDR4 sebesar 32GB serta kartu grafis GeForce GTX 1070 8GB, namun hadirnya layar 144Hz di laptop gaming berukuran 15,6 inci ini akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik. Apalagi mengingat game-game fps itu kebanyakan fase-nya cepat dan membutuhkan repson yang cepat juga, layar ber-refresh rate 144Hz di GL503VS Scar adalah solusi terbaik untuk membantu menaklukan lawan-lawan Anda.

 

Main Spec. ROG GL503VS
CPU i7-7700HQ 2.8 GHz (6M Cache, up to 3.8 GHz)
Memory 32GB DDR4 Memory
Storage 1TB SSHD + 256GB PCIe G3x4 SSD
Display Layar 15.6” Wide View Anti Glare (1920×1080) 144Hz, IPS-Level panel
Graphics NVidia GeForce GTX1070 8GB GDDR5
Input/Output 4x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type-C, 1x HDMI port, 1x Mini port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC)
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Dual Array Microphone

Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster

Weight 2,5 Kg
Dimension 38.4(W) x 26.2(D) x 2,5 (H) cm
Keyboard Illuminated chiclet keyboard, 2.5mm comfortable keyboard travel distance, specially designed WASD cursor keys, Anti-ghosting 30 key rollover keyboard.
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design, ROG-exclusive Cooling Overboost, Exclusive ROG Game Center
Battery 4 cells, 4120mAh
OS Microsoft Windows 10
MSRP Rp 38.299.000
Warranty 2 years full global warranty