Review Hp OPPO A83 : Harga Murah Fitur Tak Kalah

0

OPPO A83 resmi hadir di Indonesia dengan membawa keunggulan fitur yang ada di Hp OPPO F5, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Hp ini dilengkapi dengan fitur unggulan antara lain yaitu tampilan layar penuh (full display) dan A.I Beauty Recognition Technology.  

Bodi

Nyaman digenggam. Begitulah yang terasa ketika memegang Hp OPPO terbaru ini yang sudah beredar di pasaran. Ini lantaran bodi OPPO A83 terasa ramping.

Tidak hanya nyaman di tangan, Hp OPPO ini juga leluasa untuk dimasukan ke dalam kantong, terutama kantong celana.

Apalagi ditambah ukurannya terbilang tidak tebal dan bobotnya tidak begitu berat.

Bodi OPPO A83 dibuat menggunakan bahan plastik polycarbonate yang didesain dengan tampilan metal look.

Di sisi samping kanan Hp ini disematkan tombol power serta slot kartu SIM card. Seperti biasa, untuk mengeluarkan slot ini dengan cara menusuk pada lubang menggunakan injector yang sudah disediakan. 

Slot ini berbentuk hybrid, maksudnya selain slot SIM 1, ada satu slot lainnya yang dipakai bergantian antara  SIM card 2 atau kartu memori Micro SD.  

Pada samping kiri bodi Hp ini terdapat tombol volume.Sedangkan di bagian bawah bodi tampak lubang speaker memanjang, port Micro USB untuk charger dan kabel daya, serta lubang audio untuk earphone.   

Baca juga : Review OPPO F5 – Hp Selfie yang Jago Game Online

Layar

Oppo A83 mengusung layar jenis IPS LCD berukuran 5.7 inci dengan aspek rasio 18:9. Tampilan di layar ini terlihat tajam, juga karena disokong resolusi 720 x 1440 pixels.

OPPO A83 mengadopsi sistem operasi Android 7.1 (Nougat) yang dipadukan dengan user interface (UI) ColorOS 3.2. Di mana tampilannya sedikit berbeda dari kebanyakan Hp Andoid lain.

Untuk navigasi menu di layar Hp ini, selain dengan sentuhan layar juga dibantu dengan 3 tombol navigasi di sisi bawah layar, yaitu Home, Back dan Recent. Tombol ini berpenampilan virtual yang ada di dalam tampilan layar.

Kamera  

OPPO A83 dilengkapi dengan kamera di bodi belakang yang terletak agak memojok di ujung atas. Bentuk lensa kamera ini juga sedikit timbul.

Di sebelahnya ada lampu flash yang bertugas membantu saat memotret di kondisi minim cahaya atau malam hari.

Kamera ini memiliki kekuatan resolusi sebesar 13 Mpix. Di dalamnya dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, seperti HDR, Timer, Filter, Watermark, Revert, Size, Time Lapse, Beauty, Panorama dan Expert.

Hasil jepretan kamera ini terbilang memuaskan. Hasil foto pada kondisi cahaya terang atau siang hari terlihat tajam. Ketika memotret pada saat malam hari atau di kondisi minim cahaya, hasil fotonya juga tidak mengecewakan, masih terlihat cukup tajam.

Kamera di bodi belakang ini juga sanggup merekam video dengan ketajaman [email protected]

Baca Juga  Review Vivo V9 : Tampil Mirip iPhone X dengan Segala Plus Minusnya

Tidak ketinggalan Hp ini sudah dibekali kamera depan untuk foto selfie, dengan resolusi 8 Mpix. Kamera ini dilengkapi dengan fitur pendukung yang hampir sama dengan kamera belakang.

Bedanya, di sini tidak disediakan fitur Expert, yang merupakan fitur untuk penyetingan manual sesuai kebutuhan. Namun di kamera depan dilengkapi dengan fitur Depth Effect, yang tidak ditemukan pada kamera belakang.

Fitur ini berfungsi agar kamera bisa menghasilkan foto bokeh. Meski memang efek bokeh ini lebih cenderung karena bantuan software khusus, bukan karena dual camera.

Sama seperti beberapa Hp terbaru OPPO lainnya, kamera depan di OPPO A83 juga sudah dilengkapi fitur selfie AI Beauty Recognition.

Fitur ini bisa memandai 254 titik wajah, yang kemudian akan mempelajari warna kulit, usia, dan jenis kelamin pengguna.

Selanjutnya berbagai data tersebut akan diolah untuk menghasilkan hasil foto selfie yang natural dan benar-benar sesuai dengan wajah asli pengguna.

Fitur Keamanan

Untuk urusan fitur keamanan, Oppo A83 memang tidak dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor. Tapi jangan khawatir, OPPO sudah menghadirkan fitur keamanan lainnya yang lebih canggih, yaitu Face Recognition.

Fitur Face Recognition ini akan memindai wajah pengguna untuk membuka layar smartphone yang terkunci. Jadi pengguna cukup menghadapkan wajahnya ke arah kamera depan.

Sebelum melakukan pemindaian wajah, pengguna harus memasukan password terlebih dahulu sebagai alternatif. Yang harus diperhatikan saat menggunakan fitur Face Recognition, sebisa mungkin tempat di mana kamu berada memiliki cahaya mencukupi pada sisi wajah agar semakin mudah dideteksi.

Performa

Untuk menunjang performanya, Oppo A83 didukung prosesor Helio P23 dengan RAM 3GB serta memori internal 32 GB. Ketika mencoba menggunakan berbagai aplikasi di Hp ini selama beberapa minggu, kinerjanya terbilang memuaskan. Aplikasi yang ada bisa dijalankan dengan lancar dan performa Hp juga tetap kencang.

Termasuk saat membuka beberapa aplikasi sekaligus secara multitasking, termasuk aplikasi berat seperti bermain game, video streaming dan lainnya. Hasilnya, semua berjalan mulus dan tanpa nge-lag alias tidak tersendat.

Baca juga : Penasaran Sehebat Apa Jepretan Kamera Hp OPPO F7 ? Ini Hasil Fotonya !

Untuk mengetahui secara pasti angka kinerja dari Hp OPPO A83 ini, kami coba mengukurnya dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Dan hasilnya, kinerja Oppo A83 memperoleh skor 80164, dimana hasil ini masih terbilang OK.

Untuk daya tahan hidupnya, Oppo A83 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.180 mAh. Dimana kapasitas baterai ini terbilang besar dibandingkan beberapa Hp lain di kelasnya. Ketika dicoba mulai dari keadaan baterai full, Hp ini bisa bertahan sehari semalam dengan penggunaan cukup intens.

REVIEW OVERVIEW
Desain
7.5
Layar
7.5
Performa
7
Kamera
7.5
Baterai
7
Konektivitas
7.5
SHARE
Previous articleMirip Konsol, Hp Gaming Xiaomi Blackshark Punya RAM 8GB?
Next articleMau Tahu Kehebatan Kamera Hp Xiaomi Redmi Note 5 Terbaru ? Ini Hasil Fotonya !