Review Vivo V9 : Tampil Mirip iPhone X dengan Segala Plus Minusnya

0

GadgetSquad.id – Buat kamu yang mau memiliki iPhone X tapi dana terbatas, Vivo V9 bisa menjadi pilihan. Lantaran Hp Vivo terbaru ini mirip iPhone X. Setidaknya dari tampilan layar luas yang menutupi hampir sekujur bodi depan. Desain layar ini hanya menyisakan sedikit bezel di sekeliling layar, atau disebut desain bezel-less.  Ditambah Kehadiran bagian notch atau ‘poni’ di sisi atas layar, juga membuat Vivo V9 mirip dengan iPhone X.

Untuk bodi bagian belakang dibentuk cukup ergonomis sehingga nyaman saat digenggam. Dimensi Vivo V9 terasa cukup tipis saat digenggam. Begitu pula bobotnya yang terbilang cukup ringan. Apalagi bodi belakang ini dibalut bahan glossy yang terkesan elegan, tapi juga mudah meninggalka  kotor karena sidik jari.

Baca juga : Beli Hp Vivo V9 atau Hp Lain ? Ini Pilihannya !

Bodi Vivo V9 memiliki tombol power dan volume di sisi kanan. Sedangkan di sisi kiri terdapat triple slot yang berisi 2 nano SIM card dan 1 microSD. Di bodi bagian bawah terdapat port charging jenis micro USB, lubang audio 3,5 mm, speaker, dan mikrofon.

Layar Luas

Vivo V9 mengusung layar luas berukuran 6,3 inci. Vivo menyebutnya dengan istilah FullView Display. Layar ini memiliki ketajaman resolusi FHD+ (2280 x 1080 pixels), dan aspect ratio 19:9 serta ukuran Screen-to-Body Ratio mencapai 90%.

Makanya layarnya terlihat luas dan mendominasi sisi depan. Meski layarnya lebih luas, namun tidak membuat ukuran bodi Vivo V9 ikut membesar. Setidaknya meski memiliki layar 6,3 inci, namun ukuran bodi Vivo V9 tetap terasa seperti Hp berukuran layar 5,5 inci. Ketika melihat berbagai konten di layar ini, gambar terlihat tajam sekaligus lebih luas.  Sehingga lebih nyaman dan puas saat melihat foto, menonton video, live streamin, bermain games, dan lainya.

Dual Kamera Belakang

Hal lain yang mirip dari Vivo V9 dengan iPhone X yaitu kamer belakangnya. Vivo V9 membawa dual kamera belakang dengan desain lensa vertical dan adanya lampu LED Flash. Kamera ganda ini memiliki resolusi 13 MPix + 2 Mpix. Tidak ketinggalan disediakan berbagai fasilitas fotografi. Seperti HDR (High Dynamic Raange), Panorama, Face Beauty , Ultra HD dan Doc. Ada juga fasilitas ‘Profesional’ yang memungkinkan kamu untuk mengatur sendiri berbagai penyetingan fotografi, seperti brightness, ISO, White Balance, Autofocus dan lainnya.

Tentu saja dual camera ini bisa menghasikan foto bokeh seperti kamera DSLR. Apalagi dual camera ini didukung fitur AI Bokeh sehingga dual kamera ini dapat mengidentifikasi objek foto, dan memastikan fokus dengan tingkat presisi yang tinggi. Kamu bahkan bisa memotret lebih dahulu, lalu mengatur titik fokus setelahnya. Menariknya, dual kamera ini juga bisa merekam video slow motion. Untuk kemampuan merekam videonya, bisa hingga resolusi HD (1080p). Sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi dengan kemampuan image stabilizer. Sehingga kurang mampu mengatasi saat pengambilan gambar dalam keadaan goyang.

Kamera Selfie 24 MPix

Kamera selfie menjadi fitur lain yang dijagokan Hp Vivo ini. Ini karena kamera ini memiliki resolusi besar, yaitu 24 Mpix. Hebatnya lagi, kamera selfie ini sudah didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) Face Beauty. Dengan AI Face Beauty ini kamera selfie Vivo V9 mampu menghasilkan foto yang jernih, tajam sekaligus natural. Ini karena teknologi AI Face Beauty mampu mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur wajah pengguna, serta pencahayaan di sekitarnya. Dari situ kamera mampu mengidentifikasi tangkapan kamera dengan menyesuaikan pada wajah pengguna, dan bisa menghasilkan foto selfie yang lebih natural.

Teknologi AI Face Beauty ini memiliki database hampir 1 juta selfie dari seluruh dunia dan telah digunakan untuk melatih algoritma AI. Ini yang memungkinkan AI Face Beauty untuk menyesuaikan dan menerapkan algoritma yang ideal untuk foto yang lebih sempurna. Seiring dengan penggunaan kamera, teknologi AI ini juga akan mempelajari preferensi pengaturan secara otomatis, sehingga bisa menghasilkan foto yang natural.

Kamera depan ini juga didukung fitur AI Selfie Lighting yang bisa menghasilkan foto yang tajam meski berada di berbagai kondisi dan tanpa perlu pengaturan yang rumit. Selain itu, juga ada fitur AR Sticker yang menyediakan berbagai pilihan stiker, sehingga foto selfie akan terlihat leih menarik dan atraktif.

Prosesor Kurang ‘Nendang’

Prosesor tampaknya menjadi titik lemah dari Vivo V9. Meski sudah mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon, tapi versi yang digunakan masih Snapdragon 450 Octa-core. Padahal beberap Hp kompetitor lainnya sudah menggunakan prosesor Snapdragon seri 6.

Untungnya masih ada dukungan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Tidak ketinggalan juga disediakan slot MicroSD yang mendukung hingga kapasitas 256 GB. Performa Hp Vivo ini juga didukung OS Andorid terbaru 8.1 yang di adopsinya. OS Android ini dikombinasikan dengan FunTouch OS 4.0, yang mampu meningkatkan daya tahan baterai, meningkatkan keamanan dan kecepatan pengoperasian, memberikan pengalaman yang lebih cepat dan aman.

Secara umum Hp ini bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar, tapi jika menjalankan aplikasi yang berat performanya agak kewalahan. Untuk daya tahan hidupnya, Hp Vivo ini dibekali baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3.260 mAh. Sayangnya, Vivo tidak menyediakan fitur fast charging untuk pengisian daya cepat.

Face Access dan Fingerprint

Untuk keamanan, Vivo V9 sudah dilengkapi fitur AI Face Access 2.0, yaitu fitur pengenalan wajah (face recognition) yang bisa mengidentifikasi wajah kamu sebagai cara untuk membuka kunci layar Hp ini. Fitur ini melengkapi fingerprint sensor yang ada di bagian belakang bodi Hp ini,.

Fitur AI Face Access terbaru di Vivo V9 mampu memindai karakteristik wajah pengguna, lalu membuka ponsel dalam waktu sangat singkat. Fitur ini juga bisa mendeteksi pantulan cahaya pada wajah dan gerakan wajah, untuk mencegah pembukaan Hp ini dengan menggunakan foto atau video. Selain itu Face Access with App-Lock juga dapat mengunci aplikasi tertentu yang ada di Hp ini, dimana hanya dapat dibuka dengan pemindaian wajah.

Baca juga : Hp Vivo V9 Tersedia Varian Warna Biru ‘Limited Edition’

Game Mode

Meski menggunakan prosesor yang kurang ‘nendang’ terutama untuk game-game berat, tapi ternyata Hp Vivo ini menyediakan fitur Game Mode. Jika fitur ini diaktifkan, kamu bisa bebas bermain game tanpa ada gangguan. Karena fitur ini akan menonaktifkan notifikasi, pesan dan panggilan yang masuk.

Kamu juga bisa mengaturnya untuk menampilkan panggilan telepon dari kontak tertentu saja. Kamu dapat memilih untuk menjawab, menolak, atau mengabaikan panggilan saat bermain game. Selain itu juga ada fitur Game picture-in-picture. Dengan fitur ini kamu dapat tetap dapat menerima pesan masuk tanpa menghentikan game yang sedang dimainkan.