Beli Hp Vivo V9 atau Hp Lain ? Ini Pilihannya !

0

Hp terbaru Vivo V9 resmi diluncurkan melalui acara yang digelar besar-besaran. Kini banyak orang pun langsung mengenal Hp Vivo V9. Tapi jika dilihat dari kemampuan produk Hp terbaru Vivo ini, apakah memang layak dibeli ? Atau justru ada pilihan Hp lainnya yang lebih menarik untuk dipilih ?

Berikut ini beberapa pilihan Hp lain sebagai alternatif dari Vivo V9 :

Harga Lebih Murah, Prosesor Lebih Mumpuni

Sebagaimana diketahui, untuk kinerjanya Hp Vivo V9 disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 450 octa-core. Banyak yang bilang, harga Vivo V9 yang dibandrol Rp4 Juta, terbilang kelewat mahal jika hanya mengusung prosesor dengan kekuatan tersebut.

Ini karena ada Hp lain yang harganya lebih murah, namun kekuatan prosesor yang dibawanya justru lebih tinggi. Pilihan Hp itu yaitu Xiaomi Redmi 5 Plus yang dijual seharga Rp2,7 juta. Hp Xiaomi ini didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 625. Apalagi kapasitas RAM-nya juga sama dengan Vivo V9, yaitu RAM 4 GB. Begitu pula dengan memori internalnya yang sama-sama berkapasitas 64 GB.

Baca juga : Spek Rendah Harga Vivo V9 Rp 4 Juta, Mahal?

Tapi Hp  Vivo V9 unggul dalam hal layarnya yang lebih luas, yaitu 6,3 inci berresokusi 1080 x 2280 pixel. Beda dengan Xiaomi Redmi 5 Plus yang memiliki layar 5,99 inci berresolusi 1080 x 2160 pixel. Selain itu Vivo juga unggul dalam urusan kamera. Karena dilengkapi kamera belakang 16 MP + 5 MP f/2.0 dan kamera depan 24 MP f/2.0. Beda dengan Xiaomi Redmi 5 Plus yang membawa kamera Belakang 12 Mpix dan kamera depan 5 Mpix. Hanya saja kapasitas baterai Vivo V9 lebih kecil , yaitu 3260 mAh. Dibandingkan baterai di Xiaomi Redmi 5 Plus yang berkapasitas 4.000 mAh.

Harga Lebih Murah, Juga Dual Camera

Salah satu fitur yang dijagokan Vivo V9 yaitu sudah mengusung dual camera di bodi belakang. Kedua kamera tersebut berresolusi 16 MP + 5 MP f/2.0. Tapi ternyata ada pilihan Hp lainnya yang harganya lebih murah dan juga terbilang keluaran terbaru. HP itu juga memiliki dual camera di bodi belakang dengan resolusi yang lebih tinggi. Hp itu yaitu Asus Zenfone Max Plus.

Asus Zenfone Max Plus dibandrol seharga Rp2,7 jutaan. Hp ini dilengkapi dengan dal camera di bodi belakang yang berresolusi Dual: 16 MP (f/2.0, 35mm) + 8 MP (17mm, no AF) yang juga dilengkapi LED Flash. Keunggulan lain dari Hp Asus terbaru ini yaitu baterainya yang berkapasitas lebih besar, yaitu  4130 mAh.

Hanya saja layar Asus Zenfone Max Plus M1 lebih kecil, yaitu berukuran 5.7 dengan resolusi 1080 x 2160 pixels 18:9 ratio. Selain itu resolusi kamera depan Hp Asus yang 8 MP (f/2.0), kalah jauh dibandingkan kamera depan Vivo V9 yang berresolusi 24 MP f/2.0. Untuk kinerjanya, Asus Zenfone Max Plus sama menggunakan prosesor Mediatek MT6750T Octa-core, dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

 

Harga Lebih Murah, Baterai Lebih Tahan Lama

Untuk daya tahan hidupnya, Vivo V9 ‘hanya’ dibekali baterai berkapasitas 3260mAh. Ternyata ada beberapa Hp terbaru lainnta yang memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Apalagi pilihan Hp lainnya ini dijual dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga  Adu Hp OPPO F7 vs Vivo V9,  Harga Berdekatan Mana Yang Jadi Pilihan ?

Selain Xiaomi Redmi 5 Plus dan Asus Zenfone Max Plus yang sudah dibahas sebelumnya, juga ada HP lain yang kapasitas baterainya jauh lebih besar lagi dari Vivo V9, yaitu Sharp R1s dan Polytron Prime 7 Pro.

Sharp R1s dibekali baterai berkapasitas besar, yaitu 5000 mAh. Selain itu juga sudah didukung Fast Charging. Sharp R1s dibanderol dengan harga Rp2,6 juta. Polytron Prime 7 Pro yang dijual seharga Rp2,6 juta juga dibekali baterai 5000 mAh.

Sharp mengusung layar 5,5 inci dengan resolusi HD (720×1280 piksel). Sharp R1s juga sudah dilengkapi Dual Camera di bodi belakang dengan resolusi 13MP + 5MP dengan aperture F2.0. untuk kamera depan di R1s resolusinya 5MP. Kinerja Hp ini disokong prosesor Mediatek MT6750 Octacore dan RAM 3GB. Juga disediakan memori internal 32GB.

Polytron Prime 7 Pro hadir dengan ukuran layar 5,5 inci berresolusi Full HD. Untuk kinerjanya, hape buatan Polytron ini mengandalkan prosesor Mediatek octa-core yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan memori internal 32 GB.

Untuk beberapa fitur tadi (layar, kamera, RAM, memori internal), Vivo V9 masih unggul dibandingkan Sharp R1s dan Polytron Prime 7 Pro .

Keunggulan dan Kekurangan Vivo V9

Setelah membandingkan dengan beberapa pilihan Hp terbaru lainnya, bisa disimpulkan Hp Vivo V9 meski memiliki kekuarangan, tapi juga ada keunggulannya. Kekurangan Hp Vivo V9 yaitu terkait kekuatan prosesornya yang dinilai kurang tinggi, jika dikaitkan dengan harganya. Dengan kata lain, harga Vivo V9 kelewat tinggi tapi kekuatan prosesornya tidak seberapa.

Kekurangan lain dari Vivo V9 yaitu kapasitas baterainya yang kalah besar dibandingkan beberapa Hp lain yang harganya lebih murah.

Meski begitu, ada juga keunggulan Vivo V9 yang layak dipertimbangkan. Yaitu kamera depannya yang memiliki resolusi lebih besar dibandingkan Hp baru yang beredar saat ini. Apalagi sudah dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence. Hanya saja, tidak lama lagi akan hadir Hp lain yang mampu menyaingi, yaitu OPPO F7. Hp terbaru dari OPPO ini akan membawa kamera depan berresolusi 25 Mpix plus dilengkapi teknologi A.I.

Baca juga : Ada Beberapa ‘Yang Lucu’ di Balik Hebohnya Acara Peluncuran Hp Vivo V9

Keunggulan lain dari Vivo V9 yaitu memiliki layar lebih luas dibandingkan Hp lainnya. Apalagi layar ini menganut desain tren saat ini, yaitu tren desain mirip iPhone X. Di mana layanrya berukuran luas dan hampir menutupi seluruh sisi depan, plus adanya notch di atas layar. Tapi nantinya akan ada Hp kompetitor lainnya yang akan mengusung desain yang sama. Hp dengan layar berukuran sama luas dan desainnya mrip yang sudah akan bersiap diluncurkan yaitu OPPO F7 dan Asus Zenfone 5