Review Acer Swift 3 SF314-52G: Performa Istimewa Daya Tahan Lama

0
Review Acer Swift 3 SF314-52G
Review Acer Swift 3 SF314-52G

GadgetSquad.id – Beberapa waktu yang lalu Acer rilis laptop dengan prosesor generasi terbaru Core i 8th Gen, yakni Acer Swift 3 (SF314-52G). Dengan prosesor terbaru dari Intel ini, laptop Acer ini memberikan peningkatan yang sangat bagus di jajaran laptop mereka.

Prosesor Intel Core i 8th Gen disebut-sebut memiliki performa yang jauh lebih baik dari prosesor sebelumnya. TIdak hanya performanya yang mumpuni, prosesor ini juga memiliki kemampuan hemat daya. Bagaimana kemampuan dan apa saja fitur yang dimilikinya? Berikut adalah review Acer Swift 3 SF314-52G.

Desain

Acer Swift 3 seri SF314-52G memiliki kenampilan yang tiak jauh berbeda dengan laptop kebayakan yang ada dipasaran saat ini. Namun begitu, laptop ini dibentuk dengan bodi yang ramping hanya 4,5 mm dan berat hanya 1708gram, Sehingga nyaman saat dibawa kemana saja.

Review Acer Swift 3 SF314-52G
Review Acer Swift 3 SF314-52G

Dibalut dengan bahan logam, sehingga kokoh saat digunakan. Denngan menggunakan sentuhan finishing metal brus pada area keyboard dan belakang layar, membuat penampilan terasa elegan dan mewah mewah.

Baca Juga: Keren! Acer Luncurkan 3 Laptop Avengers : Infinity War

Layar

Acer Swift 3 (SF314-52G) dibekali dengan layar 14 inci jenis LCD LED dengan resolusi Full HD/1920 x 1080 piksel dan tingkat kepadatan piksel mencapai 157 PPI, membuat layar tajam dan jelas saat digunakan. Pengguna juga tidak cepat Lelah saat menggunakan laptop ini dalam jangka waktu yang lama, karena layar Acer Swift 3 (SF314-52G) telah menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) yang dikenal luas mampu menampilkan warna lebih kaya dan akurat serta memiliki viewing angle sangat luas hingga 170°  derajat.

Untuk kekuatan, layar laptop ini Sudha dilapisi dengan lapisan Corning Gorilla Glass, sehingga mampu meminimalisir resiko goresan. Menariknya Acer Swift 3 (SF314-52G) sudah menggunakan engsel yang memungkinkan pengguna mamutar hingga 180 derajat dari kondisi ditutup.

Pada bagian sisinya, Acer sudah menambahkan beberapa komponen yang bisa digunakan sebagai fitur koneksi dan port power seperti port konektor DC-IN, HDMI dan Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps). Lalu ada juga dua lubang port Type-A USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan headphone microphone combo jack. Disebelah kanan tersedia lubang Kensington Security Slot, 1x USB 2.0 dan memory card reader. Selain itu masih ada dua lampu indikator.

Review Acer Swift 3 SF314-52G
Review Acer Swift 3 SF314-52G

Keyboard

Untuk kenyamanan pengguna dalam mengetik melalui Keyboard, Acer Swift 3 ini mengadopsi sudah desain tombol chiclet dengan ukuran yang sudah terbilang luas, dengan begitu pengguna dengan jari yang besar pun masih dapat menggunakannya dengan nyaman tanpa khawatir melakukan typo.

Tidak hanya luas tombolnya yang bikin enak digunakan, keyboardnya juga terasa empuk saat ditekan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan laptop ini pada ruag gelap sekalipun, karena laptop ini sudah dilengkapi lampu backlit.

Tombol power on/off tersedia di tombol paling kanan atas yang bersatu dengan tombol lainnya. Namun begitu tombol ini tidak akan langsung respon saat penguna menekan secara singkat, sehingga tidak mudah ShutDown/Sleep/Hibernate.

Review Acer Swift 3 SF314-52G

TouchPad

Laptop ini memiliki area touchpad yang terbilang luas, sehingga memudahkan pengguna dalam bernavigasi dengan kursornya. Acer juga menampatkan tombol klik kiri dan kanan di area touchpad. Penempatan touchpad juga cukup baik, karena ruang tangan masih nyaman karena lebih luas pada area palmrest.

Untuk fitur keamanan Acer Swift 3 (SF314-52G) dilengkapi dengan sensor pembaca sidik jari, hal ini akan memudahkan pengguna untk proses login Windows. Acer melengkapi laptop ini dengan dua speaker di dekat kaki penyangga depan laptop.

Baca Juga: Acer Luncurkan Laptop Edisi Khusus ‘Avengers Infinity War’

Charger Acer Swift 3 (SF314-52G) memiliki kemampuan suplai listrik hingga 65 Watt. Untunglah perangkat charger ini hanya memiliki bobot sekitar 311 gram sehingga tidak membebani saat dibawa bersama laptop.

Review Acer Swift 3 SF314-52G

Kinerja

Acer Swift 3 seri ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7 8550U. Istimewanya, prosesor Core i 8th Gen U Series tetap dilengkapi teknologi Hyper-Threading, sehingga siap menangani delapan proses komputasi sekaligus.

Prosesor ini didukung pula dengan RAM tipe LPDDR3 dengan kapasitas 8 GB. Memori/RAM tersebut bekerja di konfigurasi dual channel di kecepatan 1867 MHz. Opsi upgrade atau penggantian memori/RAM tidak dimungkinkan di Acer Swift 3 (SF314-52G).

Untk grafisnya, Acer Swift 3 (SF314-52G) menggunakan dua komponen grafis yaitu GeForce MX150 dan Intel UHD Graphics 620. Laptop ini dilengkapi teknologi NVIDIA Optimus sehingga IGP dan graphics card discrete dapat diaktifkan secara bergantian.

Dari hasil pengujian dari hardware kinerja yang dimilikinya, laptop ini mampu melibas semua game berat dengan grafis yang berat sekalipun.

Review Acer Swift 3 SF314-52G

Baterai

Dengan daya baterai yang dimiliki oleh Acer Swift 3 ini, pada pengujian laptop ini mampu bertahan mencapai 12 jam. Pada pengujian standart browsing, streaming youtube, menerima email, mengetik, serta sesekali bermain game.