Gadgetsquad.id – Lewat laptop gaming ROG Strix Hero II yang baru diluncurkan, Asus secara khusus memanjakan para games yang fanatik game MOBA (Multiplayer Online Battle Area) seperti DOTA (Defense of the Ancients). Laptop Asus ROG Strix Hero II hadir dengan bingkai layar tipis yang membuat laptop gaming ini lebih ringkas. Dan Berikut ini adalah review Asus ROG Strix Hero II.

Review Asus ROG Strix Hero II

Tidak hanya desainnya menghadirkan stabilitas, daya tahan dan kualitas yang ditawarkan membuat para gamer dapat lebih fokus pada game. Selain itu, ia mewarisi beberapa fitur yang dipatenkan ROG.

Desain Didedikasikan Gamer Moba

Sebagai penerus ROG Strix Hero dari lini GL503, GL504 Hero II hadir dengan desain cover yang memiliki potongan trapesium, permukaan dengan finishing brushed alumunium dan anodize hitam yang berkualitas tinggi yang menggambarkan dua wilayah pada genre game MOBA. Logo ROG yang terdapat di cover juga tak hanya dapat menyala lebih terang, kini juga dilengkapi dengan fitur AURA RGB yang membuatnya memiliki banyak warna.

Dan untuk memberikan kehormatan tertinggi kepada gamer MOBA, ROG Strix Hero II dirancang dengan tombol keyboard “QWER” transparan dan finishing brushed. Di sekitarnya yang juga terbelah juga mewakili arena game moba yang memiliki dua wilayah. Selain itu, dengan menggunakan proses finishing in-mold empat langkah khusus, dengan patern khusus, sehingga permukaan yang tahan noda, dan bebas dari tanda sidik jari.

Baca Juga: Telkomsel dan Sisfo Hadirkan Teknologi Canggih Untuk Kelautan dan Perikanan

Berkat bezelnya tipis barunya, ROG Strix Hero II kini memiliki lebar 2,33 cm lebih pendek dan lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya. Jadi gamer dapat menikmati pengalaman visual yang lebih baik tanpa mengorbankan ruang layar. Selain itu, ada bingkai karet yang unik mengelilingi layar. Gunanya tidak hanya melindungi tampilan dari kerusakan, tetapi meningkatkan kelenturan bezel untuk nuansa yang lebih mendalam.

Layar dengan Bezel Tipis dan refresh rate 144Hz

ROG Strix Hero II hadir dengan layar IPS Full HD (1920×1080) 15,6 inci dengan bingkai layar sangat tipis. Ditambah dengan pengurangan 2,3 cm dalam lebar laptop, mampu membangun cakrawala baru dalam. Strix Hero II juga lebih ringan, dengan berat keseluruhan hanya 2,4kg, sehingga laptop gamin ini terasa begitu kompak, dan mudah dibawa ke mana pun kami pergi.

Layar refresh rate 144Hz tinggi untuk gamer dapat sepenuhnya menyajikan setiap frame dari game Anda. Selain itu, layar IPS dan kecepatan respon 3ms memungkinkan para gamer untuk menikmati kecepatan refresh halus mentega dan meningkatkan 100% warna sRGB.

Untuk membuat laptop dengan frame layar 0.77cm yang sangat tipis, tim ROG menerapkan injeksi plastik bahan ganda sehingga layar memiliki kekompakan yang lebih. Logo ROG sputtering high-gloss dapat dilihat tepat di bawah layar. Sehingga pengguna dapat merasakan nuansa ROG baik di dalam maupun di luar. Desain bingkai layar yang tipis, membuat web cam laptop dipindahkan ke sisi kanan logo ROG.’

Baca Juga: Gak Repot, Bayar Ongkos Blue Bird Sekarang Bisa Pakai Tcash, Ini Caranya!

Port dan Slot untuk Gamer

Demi membuat ruang gerak mouse yang lebih bebas, port I/O yang paling banyak digunakan diletakan di sisi kiri laptop ROG, sementara sisi kanan dicadangkan untuk port mouse USB, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang kabel atau periferal redundan lainnya yang menghalangi.

ROG Strix HERO II terisi penuh dengan DC IN, RJ-45, miniDP 1.2, HDMI 2.0, 2 x USB 3.1 gen1, USB 3.1 gen2, 3.5mm audio jack di sisi kiri, di sisi lain, ada juga Pembaca kartu SD dan port USB 3.1 gen2 di sisi kanan.

Adaptor Lebih Kompak

ROG Strix Hero II hadir dengan power adapter baru yang tidak hanya dilengkapi dengan logo ROG, tetapi juga dengan ukuran yang lebih ringkas. Adaptor 180W yang baru menyusut menjadi 160mm x 76.2mm x 25.8mm, yang lebih kecil baik panjang maupun tingginya dibandingkan dengan adaptor sebelumnya.

Jadi, membuat seluruh laptop ini lebih portabel. Selain itu, kabel listrik DC IN mengadopsi standar Ø6.0. Yang berarti bahwa kabel 6mm lebih nyaman untuk mengatur dengan dasi kabel lebar yang disertakan.

Advance Anti-Dust Cooling System

ROG sangat mementingkan sistem pendinginan karena memiliki pendinginan yang stabil dan sangat baik memastikan pemain menikmati pengalaman bermain yang lebih mulus. Laptop Hero II dilengkapi dengan konfigurasi heatpipe ganda yang dikombinasikan dengan dua kipas 12V berkinerja tinggi dan Anti-Dust Tunnels untuk mengusir debu dengan gaya sentrifugal melalui terowongan debu yang dirancang khusus. Ini membantu menjaga modul pendingin internal sebersih mungkin, dan sangat membantu menambah daya tahan sistem.

Jika dibandingkan dengan kipas 5V tradisional, kipas 12V yang digunakan di laptop Hero II 20% lebih cepat, memberikan 42,5% lebih banyak aliran udara, dan menghasilkan 92% lebih banyak tekanan udara. Sirip pendingin tembaga khusus yang digunakan dalam Strix Hero II hanya setipis 0,1 mm – setengah dari ketebalan sirip biasa. Sirip sempit memungkinkan lebih banyak dari area yang dijangkau sistem pendingin; ini meningkatkan luas permukaan untuk disipasi panas hingga 10%, sementara pada saat yang sama mengurangi hambatan udara hingga 7%.

Kontroler cerdas dihadirkan untuk mengontrol kecepatan kipas, tetapi gamer masih memiliki kebebasan untuk memilih mode kipas yang diinginkan. Dengan menekan Fn + F5 atau mengakses Gaming Control Center, gamer dapat mengalihkan mode ke OverBoost untuk kecepatan kipas tercepat dan kontrol suhu yang ideal. Standar pabrik diatur ke Mode Balance, dan Mode Silent juga tersedia.

Keyboard dengan Teknologi OverStroke

Datang dengan desain yang lebih ramping, laptop ROG Strix II memiliki cukup ruang untuk keyboard ukuran penuh 100%, dan dengan mempertimbangkan preferensi keyboard gamer, konfigurasinya dibuat seidentik mungkin dengan keyboard desktop. Dengan tombol Enter berbentuk persegi panjang, tombol Backspace yang lebih panjang, dan tombol spasi ekstra lebar. Selain itu, tombol QWER di Hero II hadir dengan tombol transparan dengan font hitam.

Terdapat juga tombol hot-key yang letaknya terpisah, termasuk pengaturan volume, bisu, dan ROG Gaming Center terletak di atas keyboard. Selain itu, tombol fungsi (F1 hingga F12) juga tersedia.

BAca Juga: Game Snake di Hp Nokia Kini Berpenampilan Augmented Reality

Untuk mengetik secara keseluruhan, kurva keycap 0,25 mm memberikan kenyamanan lebih ketika jari bertemu dengan tombol. Ini juga dapat membantu mengarahkan jari ke pusat kunci. Jarak antar key juga punya jarak yang pas baik pada tekanan dan feedback.

Selain itu, laptop ROG Hero II dilengkapi dengan teknologi eksklusif OverStroke yang dikembangkan oleh ASUS. Ketika sebuah tombol ditekan dan saat akan mencapai titik tekanan maksimum 62g, gamer dapat merasakan tombol menurun setelah puncak maksimal telah tercapai untuk umpan balik taktil yang lebih tepat dan lebih cepat.

Secara visual, keyboardnya telah dilengkapi dengan teknologi backlight AURA RGB. Ada empat zona kontrol cahaya yang dapat dikonfigurasi dengan menggunakan aplikasi AURA CORE ROG Gaming Center. Sejumlah pengaturan efek pencahayaan sudah tersedia, tetapi pemain juga dapat menyesuaikan empat zona cahaya.

Teknologi Aura Sync memberikan seluruh permainan kamu pengaturan tampilan dan nuansa yang konsisten. Cocokkan warna logo ROG, keyboard, bar cahaya pada Strix Hero II dengan mouse gaming, headset, dan perangkat lainnya yang didukung oleh Aura Sync. Spektrum penuh warna dan tujuh mode pencahayaan yang berbeda dapat dengan mudah diakses melalui panel kontrol Aura.

Baca Juga: Kamu Gamer Tipe Apa ? Cocokan Dengan Hasil Survey Ini

Media Penyimpanan

Laptop ROG Hero II menyertakan SSHD sebagai perangkat penyimpanan sekunder. FireCuda SSHD adalah HDD yang menggunakan NAND Flash sebagai akselerator dan mekanisme pintar untuk meningkatkan kecepatan I / O data, memastikan game diinstal pada SSHD dapat dijalankan dengan cepat.

Dengan kombinasi SSD pada sistem operasi dan aplikasi besar diinstal pada HDD, lebih cepat saat game. Dengan cara ini, kecepatan SSD dipertahankan saat mengambil keuntungan dari kapasitas besar HDD. Namun, karena struktur mekanis HDD, akses I/O membutuhkan waktu lebih lama; gamer juga akan merasa bahwa aplikasi yang disimpan di HDD akan memakan waktu lebih lama untuk dimulai dan memuat data.

Di sektor media penyimpanan, GL504VM Hero II menyediakan SSD m.2 NVMe berkapasitas 256 GB. Menariknya, SSD ini memiliki kecepatan read dan write yang luar biasa tinggi dimana kecepatan write sekuensialnya mencapai angka 1163,8 MB per detik dan kecepatan read-nya mencapat 2474,3 MB per detik. ASUS pun menyematkan sebuah SSHD berukuran 1 TB di laptop ini untuk Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Berbekal konfigurasi ini, rasanya dijamin seluruh proses komputasi dari yang ringan hingga sesi game yang cukup membebani sistem mampu dijalankan oleh Laptop ini.

ROG Gaming Center, Aplikasi Gaming Untuk Pengalaman Bermain Terbaik

Dijalakan melalui tombol khusus, ROG Gaming Center dapat digunakanbsebagai utility, aplikasi dan ROG tool. Gaming Center memiliki antarmuka terintegrasi untuk komponen sistem pemantauan dan fine-tuning; untuk mengelola berbagai profil permainan, Kontrol pencahayaan keyboard ROG AURA, opsi beralih mode Fan OverBoost, GameVisual, Game First V, Sonic Studio III, dan visualisasi audio Sonic Radar III.

GameVisual

Laptop gaming ini juga menyadiakan GameVisual dengan 6 mode preset untuk kebutuhan pengguna seperti FPS, RTS / RPG, sRGB, Racing, Cinema, dan Scenery. Mode First-Person Shooter (FPS), misalnya, meningkatkan kecerahan, membuat area kontras lebih jelas terlihat; RTS / RPG berfokus pada warna-warna cerah, memungkinkan gamer untuk melihat detail game dunia yang lebih detail; sementara sRGB berorientasi untuk menampilkan warna standar. Gamer mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik dengan GameVisual.

Game First V

Pengoptimal jaringannya, Game First V, memiliki mode cerdas dan manual untuk skenario tertentu, seperti: game, streaming video, dan mengunduh file untuk mengoptimalkan paket jaringan sehingga para gamer dapat mencapai ping ideal untuk bermain game online dengan mulus. Selain itu, ketika komputer memiliki lebih dari satu adapter jaringan, Game First V dapat digunakan untuk menentukan adapter mana yang harus digunakan untuk aplikasi mana, sehingga LAN + Wi-Fi dapat digunakan lebih efektif.

Sonic Studio III

Software yang optimalisasi suara yang meningkatkan kemampuan streaming dan merekam audio laptop. Gamer dapat menyesuaikan mode suara, seperti meningkatkan bas, meningkatkan suara, dan meningkatkan treble. Peningkatan rekaman dengan meningkatkan kualitas suara mikrofon, seperti Noise Reduction, Voice Stabilization, dan Acoustic Echo Cancellation.

Di Mode Advance, bahkan anda akan menemukan fungsi Device Routing yang dapat digunakan untuk menentukan aplikasi mana yang harus mengeluarkan suara ke perangkat mana, seperti HDMI atau headphone. Gamer dapat, memilih untuk mengeluarkan suara dari game ke headset esports, tetapi ketika menonton video atau film, gamer dapat mengatur suara untuk dikeluarkan ke HDMI untuk menghilangkan kerumitan memilih perangkat pemutaran secara manual.

Sonic Radar III

Aplikasi Sonic Radar secara dinamis menganalisa audio dalam game untuk pengambilan gambar tembakan senjata dan kaki untuk menentukan pemain lain dan menyajikan overlay visual dalam game. Hamparan memungkinkan gamer menentukan di mana musuh mereka mendapatkan keunggulan ekstra di setiap permainan.

Dapur Pacu Lebih Bertenaga

Datang sebagai laptop gaming yang ditujukan gamer MOBA, ASUS membenamkan kombinasi hardware terbaik. Laptop ini dibekali CPU Intel Core i7 8750H dipercaya sebagai otak dari laptop ini. Ini merupakan prosesor 6 core 12 thread berkecepatan 2.2 GHz dengan Turbo hingga 4.1 GHz.

Overboost Mode

Dan saat di uji dengan Cinebench, prosesor 6 core 12 thread ini mencatatkan poin sebesar 1177 cb poin dengan performa single core di angka 172 cb poin. Hasil ini bisa menggambarkan bahwa prosesor ini sangat bisa diandalan untuk kerja tugas yang berat.

Hadir dengan mode preset penggunaan yang berbeda, tiap mode preset di GL504GM Hero II menawarkan performa yang berbeda pula. Hal ini terbukti saat kami coba menjalankan pengujian dengan aplikasi serupa dengan mode Overboost, prosesor 6 Core 12 Thread ini mencatatkan poin sebesar 1236 cb poin dengan performa single core di angka yang sama, 172 cb poin.

Baca Juga: Resmi, Ini Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9

Hal ini membuktikan bahwa saat di mode penggunaan Overboost, laptop ini berjalan dengan setting turbo core yang berbeda saat menjalankan aplikasi yang memanfaatkan banyak core prosesor. Namun meski berjalan dengan mode Overboost, temperatur CPU-nya tetap sama, berkat sistem pendingin yang dilengkapi dual fan 12v dan teknologi Anti-Dust.

Kerja CPU ini didukung oleh RAM DDR 4 2666 MHz berkapasitas 16GB sehingga total RAM yang diusung laptop gaming ini sebesar 32 GB. Sedangkan untuk urusan grafis, ASUS mempercayakan NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan VRAM 8GB GDDR5.

Dengan sistem pendingin baru yang digunakan GL504VM Hero II, GTX 1060 yang terpasang di Laptop ini bisa memiliki boost ke angka 1873 MHz. Suhunya pun dapat terjaga di angka 68 derajat Celsius saat waktu pengujian diuji dengan benchmark 3DMark.

Pada benchmark sintetis seperti yang kami lakukan dengan aplikasi PCMark 8, GL504VM Hero II berjalan dengan tanpa hambatan dan mencatatkan hasil yang memuaskan.

Dengan kombinasi komponen-komponen bertenaga yang diusungnya, laptop ini juga mampu menangani judul game populer seperti salah satunya Far Cry 5 di resolusi Full HD dengan setting 3D maksimal. Dengan memainkan game-game tersebut di resolusi Full-HD dengan setting grafik 3D di preset tertinggi (Ultra) tersebut, judul-judul game di atas dapat dimainkan dengan nyaman dengan frame rate rata-rata di atas 59 dengan fps tertinggi 68 fps.

Bahkan di game 3rd person populer seperti Tom Clancy The Division, laptop gaming teranyar dari ASUS ROG ini sangat bisa di andalkan. Saat di mainkan dengan laptop ini di setting maksimal, laptop ini mencatatkan fps rata-rata di angka 56,5 fps. Saat Menjalankan game-game yang menuntut hardware maksimal, laptop ini sudah bisa menawarkan pengalaman bermain yang baik, apalagi saat menjalankan game-game MOBA. Jadi bisa dipastikan saat mejalankan game MOBA seperti DOTA 2, frame rate di atas 144Hz dapat dengan mudah dijalankan dengan beberapa penyesuaian setting.

Spesifikasi ROG Strix GL504GM Hero II

CPU i7-8750H 2.2 GHz (9M Cache, up to 4.1 GHz)
Memory 16GB/8GB DDR4 2666MHz Memory
Storage 1TB SSHD+256GB PCIE NVME M.2 SSD / 1TB SSHD+128GB PCIE NVME M.2 SSD
Display Layar 15.6” Wide View Anti Glare (1920×1080) 144Hz 3ms, IPS-Level panel
Graphics NVidia GeForce GTX1060 6GB GDDR5
Input/Output 2x USB 3.1 Gen1, 2x USB 3.1 Gen2 Type-C & Type-A, 1x HDMI port, 1x Mini-DP port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC), RJ45, Audio Combo port
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11ac 2×2 Wave 2、Bluetooth 5.0
Audio 2 x speaker with Smart AMP technology
Array microphones
Weight 2,4 Kg
Dimension (W)36.1cm x (D)26.2cm x (H)2.61cm、
Keyboard – Backlit chiclet keyboard
– RGB 4 zones
– Aura Sync
– Marked QWER keys
– Hot keys: Volume up / Volume down / Mute / ROG Gaming Center
– 1.8mm travel distance
– 0.25mm keycap curve
Special Design – ROG Gaming Center 2.5
– GameFirst V
– Splendid
– Sonic Studio & Sonic Radar III
– Aura Core 2.5
– XSplit Gamecaster (free)
– Android / iOS App
Power adapter 180 Watt
OS Microsoft Windows 10
Warranty 2 years full global warranty

REVIEW OVERVIEW
Desain
8
Layar
8
Performa
8.5
Baterai
8.5
Konektivitas
8
Previous articleLaptop Convertible Terbaru HP ENVY x360 13 Meluncur dengan Prosesor AMD Ryzen Mobile
Next articleHarga dan Spesifikasi Hp XL Xtream Ultima
review-asus-rog-strix-gl504gm-hero-ii-laptop-untuk-moba-gamersDedikasikan khusus untuk para gamer MOBA, GL504VM Hero II merupakan laptop gaming yang paling tepat. Bukan hanya spesifikasi yang tinggi, namun hadirnya layar IPS-Level 144Hz 3ms di laptop gaming berukuran 15,6 inci ini akan memberikan pengalaman bermain game yang terbaik. Apalagi mengingat game-game MOBA itu kebanyakan itu tak menuntut hardware yang tinggi, Anda akan sangat minim menemukan Stuttering, Tearing dan Ghosting pada layar laptop gaming ini.Sektor desain juga bisa menjadi salah satu alasan kamu membeli laptop gaming ini. Bezel super tipis yang dihadirkannya membuat desaing laptop gaming ini lebih kompak dan akan lebih mudah dibawa kemana pun. Sehingga laptop ini di daulat sebagai, Laptop Gaming 15 inci 144hz 3ms pertama di Dunia yang hadir dengan bezel super tipis.Untuk Anda gamer bergenre FPS tak perlu khawatir, ASUS tetap menghadirkan GL504 Scar II yang menawarkan pengalaman bermain game FPS terbaik di kelasnya, berkat layar 15 inci 144hz 3ms dengan bezel super tipis dan dukungan CPU Intel Core Generasi ke-8, i7-8750H yang dikombinasikan dengan GPU NVIDIA hingga GeForce GTX 1070 8GB.