Apple Rilis iPhone XS dan XS Max, Apa Bedanya?

0
Apple Rilis iPhone XS vs XS Max, Apa Bedanya?
Apple Rilis iPhone XS vs XS Max, Apa Bedanya?

Apple iPhone Xs dan Xs Max resmi dirilis. Seperti rumor yang telah didengungkan sebelumnya keduanya meluncur dengan desain yang mirip iPhone X. Tapi apa bedanya antara iPhone Xs vs Xs Max?

Apple iPhone XS sejatinya merupakan produk yang memiliki spesifikasi dan fitur yang prinsipnya sama dengan tahun lalu. Mereka hanya sedikit menambahkan fitur baru pada produk ini.

Perbedaan Apple Rilis iPhone XS vs XS Max

Secara fisik iPhone Xs memiliki dimensi yang kecil dibandingkan iPhone Xs Max. Tapi model iPhone Xs dan iPhone Xs Max memiliki sasis baja tahan karat dan formulasi baru untuk kaca anti gores.

Apple mengklaim bahan ini yang paling tahan lama di ponsel. Apple juga meambahkan kemampuan IP68, sehingga iPhone kamu bertahan selama setengah jam di bawah 2 meter air.

iPhone Xs dibekali layar 5,8 inci resolusi 1125 x 2436 piksel, dengan frame rate (120Hz). Apple juga meningkatkan speaker stereo untuk memberikan suara yang lebih luas.

Sedangkan IPhone Xs Max memiliki dimensi yang lebih lebih besar. Dibekali layar AMOLED 6,5 inci Super Retina dengan aspek rasio 19,5: 9, layar baru ini memiliki lebar yang sama dengan panel 5.5 inci pada iPhone 8 Plus. Besarnya layar iPhone Xs Max baru masih mempertahankan kepadatan piksel 458ppi dari iPhone X dengan resolusi hingga 1,242 x 2,688px.

iPhone Xs memiliki dua pilihan Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). Sedangkan di iPhone Xs Max Apple memperkenalkan fungsi Dual SIM ke iPhone Xs Max. Dimana pada salah satu slot menggunakan (eSIM) yang digunakan sebagai tambahan ke slot SIM tunggal untuk menawarkan fungsionalitas SIM ganda.

Baca Juga: Game Fortnite di iPhone Dilaporkan Nge-Lag, Apa solusinya?

Persamaan iPhone XS vs XS Max

Keduanya sama-sama dibekali chipset prosesor Apple A12 Bionic. Prosesor ini menjadi chipset 7nm pertama yang ada di pasar. Desain dengan CPU 6-core (2 besar + 4 kecil), ditambah 4-core GPU plus mesin neural 8-core baru.

Apple mengatakan bahwa inti prosesor pada chipset ini memiliki kekuatan 15% lebih cepat dan 40% lebih hemat daya daripada core A11.

Sedangkan pada kinerja GPU menawarkan kinerja 50% lebih tinggi dan bandwidth memori lebih tinggi berkat kompresi lossless.

Dengan paduan CPU dan GPU, Apple A12 Bionic diklaim mampu menandingi kinerja produk flagship Android yang ada dipasaran.

Baca Juga:Lebih Murah! Ini Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 6A di Indonesia

Masih percaya dengan RAM sebesar 4GB, namun kalo ini Apple juga benamkan memori yang lebih besar plus opsi penyimpanan 512GB. Pilihan memori lainnya iPhone Xs dan iPhone Xs Max juga tetap memiliki varian 64GB dan 256GB.

Baik iPhone Xs dan iPhone Xs Max tersedia dalam 3 pilihan warna: Silver, Space Grey, dan Gold iPhone.

Untuk operasi yang lebih mulus, lapisan penginderaan sentuh layar berjalan pada 120Hz (tetapi UI masih menyajikan pada 60fps). Layar masih mendukung HDR10 dan Dolby Vision, dimana jangkauan dinamisnya telah ditingkatkan hingga 60%.

Baca Juga: iPhone Terbaru Segera Muncul Dengan Kinerja Makin Kencang

Tetap tidah ada Touch ID, melainkan Face ID yang ada iPhone baru. Karena Apple menolak untuk memindahkan pembaca sidik jari ke belakang. Namun kini degan Face ID pemindai wajah 3D, adalah satu-satunya metode otentikasi biometrik. Apple mengklaim fitur keamanan ini yang lebih cepat dari versi sebelumnya.

Kamera baru iPhone XS vs XS Max

Kedua versi akan dibekali kamera ganda 12MP yang telah diperbaharui. Pada lensa utama menggunakan lensa lebar 1.4μm dengan aperture tetap f / 1.8. Sedangkan lensa telefoto menggunakan sensor 12MP, lensa f / 2.4 dengan zoom optik 2x (dan memiliki OIS).

Rendering foto bokeh juga yang diperbarui memungkinkan kamu menyesuaikan kedalaman bidang setelah foto diambil. Kekuatan chipset A12 Bionic telah menggunakan dalam fitur Smart HDR. Sehingga foto memiliki jangkauan lebih dinamis.

Sedangkan pada kamera selfie juga telah ditingkatkan dengan menggunakan sensor 7MP RGB. Rekaman video kini mendukung audio stereo dan rentang dinamis yang lebih luas.