Review Laptop Acer Nitro 5: Murah dan Pas untuk Gamer Pemula

0

review Acer Nitro 5

Laptop gaming makin populer seiring dengan perkembangan game yang semakin cepat. Namun sayang produk jenis ini memang masih terbilang mahal. Nah, Acer menjawabnya melalui Acer Nitro 5 yang dibanderol cukup terjangkau. Bagaimana spesifikasi dan kemampuannya? Berikut adalah review Acer Nitro 5.

Desain

Secara desain Acer Nitro 5 kelihatan cukup konservatif, seperti produk laptop gaming lainnya. Dengan dengan skema warna yang konservatif merah dan hitam. Saat layar tertutup produk ini bahkan tidak nampak seperti sebuah laptop gaming kebanyakan yang ada dipasaran.

Hal yang besar saat layar dibuka dan melihat bagian dalam diamana warna merah dan hitam disekitar teks keyboard dan touchpad. Detail desain tersebut dibuat dengan baik oleh Acer. Karena engsel merah yang menghubungkan tubuh ke layar memberikan aksen yang menarik perhatian.

Yang membedakan Acer Nitro 5 dibandingkan laptop lai adalah bentuk geometri yang menarik. Sudut di bagian atas layar membentuk segi enam yang berbentuk aneh. Hal ini tidak seperti apa yang ditemukan di mesin Alienware.

review Acer Nitro 5

Baca Juga: 3 Laptop Acer Terbaru Resmi Dirilis, Ini Fitur Jagoannya

Acer Nitro 5 dibuat dengan plastik berkualitas yang kokoh. Engsel layar kuat, dan saya tidak melihat ada bend keyboard saat laptop diangkat.

Laptop ini memiliki banyak port. Di sisi kanan terdapat jack 3.5mm headphone / mic combo, dua port USB 2.0, dan port daya. Ada juga dua indikator LED untuk pengisian daya dan status daya. Sementara disisi kiri laptop memiliki lebih banyak port. Di sana, juga ditemukan menemukan SD card reader, USB 3.0, HDMI, USB 3.1, sebuah Gigabit Ethernet dan kunci Kensington.

review Acer Nitro 5

Keyboard dan trackpad

Keyboard Acer Nitro 5 terasa kokoh dan tajam, dengan tonjolan taktis dan rebound tuts yang baik dan memuaskan. Dengan highlight pada WASD memberikan kemudahan para gamer saat mereka main game. Saat dicoba mengetik juga sangat pas dan dapat meminimalisir kesalahan typo. Dengan lampu backlight membuat laptop ini mudah digunakan pada ruang gelap.

Trackpad berukuran pas, Acer meletakkannya sedikit di kiri tengah, tepat di bawah keyboard utama, tanpa dilengkapi tombol khusus klik kanan dan kiri. Jadi tombol ini bersatu pada trackpad. Saat menggunakan Trackpad ini memang terbilang responsif, dan mudah untuk digunakan. Tapi beberapa input tidak disengaja bisa terjadi, ketika telapak tangan menyentuh trackpad saat mengetik.

review laptop acer nitro

Pada bagian speaker built-in Nitro 5 secara mengejutkan sangat bagus, untuk laptop gaming murah. Dengan suara yang relatif kuat dan dinamis. Suara yang ditampilkan cukup jernih dan pas ditelinga, apalagi dapat memberikan suasana yang mengagumkan saat main game.

Baca Juga: Review Acer Aspire 3: Laptop Yang Bisa Diajak Kerja dan Gaming

Saat digunakan bermain game Rise of the Tomb Raider, suara ambien salju yang halus dan suara hutan begitu terasa.

Kinerja

Dari sisi kinerja Acer Nitro 5 menunjukkan bahwa sebagai laptop entry level. Jeroannya menggunakan prosesor Intel Core i5-7300HQ dengaan dukungan RAM DDR4 8GB yang bisa ditingkatkan hingga 32Gb dan kapasitas penyimpanan HDD 1TB. Kartu grafis yang digunakan adalah NVIDA GeForce GTX 1050 4GB. Dengan dapur pacu yan dimilikinya yang cukup memadai untuk menjalankan gaming yang ada saat ini

Dari hasil pengujuan benchmark, Acer Nitro 5 memperoleh skor yang cukup baik. Saat digunakan untuk bermain game, laptop ini memang bisa menjalankan game berat dengan sempurna. Sebut saja game Battlefield 1 yang di konfigurasi kualitas grafis tingkat normal. Hasilnya di mampu mendapatkan framerate mencapai 40fps hingga 80fps dengan angka rata-rata 60fps.

review Acer Nitro 5

Sayangnya, performa Acer Nitro 5 tidak dibarengi dengan daya tahan baterai yang tahan lama. Baterai laptop ini hanya mampu bertahan sekitar 3 jam dengan kondisi backlit yang menyala dan intensitas cahaya monitor di 75 persen.

Namun begitu Nitro 5 juga sudah didesain untuk dapat diupgrade. Notebook gaming ini memiliki backdoor compartment yang terletak di bagian belakang untuk memberikan keleluasaan melakukan upgrade komponen hardware. Hanya dengan membuka satu mur tanpa membongkar seluruh casing, kami bisa mengganti HDD, maupun RAM secara cepat dan mudah.

Layar

Nitro 5 dibekali layar layar 15,6 inci resolusi Full HD (1920×1080). Ukuran dan resolusi ini cukup memadai untuk kebutuhan gaming maupun produktivitas.

Tampilannya relatif tajam dan nyaman dimata. Sudut pada panel IPS Nitro 5 juga cukup baik mesi tidak terlalu mengagumkan. Tidak ada warna yang aneh ketika melihat tampilan dari sudut ekstrim, seperti yang telah kita lihat pada beberapa laptop yang lebih murah.

Layar akan terasa meredup ketika dilihat dari samping, mulai sekitar 50 derajat atau lebih. Melihat dari atas atau bawah, layar berada pada posisi paling redup ketika dilihat dari sekitar 45 derajat.

review Acer Nitro 5

Acer: Acer Rilis 2 PC Game Terbaru, Yuk Intip!

Pengguna juga tak perlu lagi membeli dan install sistem operasi. Karena Nitro 5 sudah built-in dengan sistem operasi Windows 10 Home original dan gratis. Jadi, memiliki notebook ini tak hanya bisa menghemat biaya, tetapi juga memungkinkan kamu lebih nyaman menikmati pengalaman komputasi melalui fitur-fitur yang ada pada Windows untuk mendukung segala aktivitas harianmu.

Review Spesifikasi Laptop Nitro 5 (AN515-51):

OS: Windows 10 Home
Processor: Intel® CoreTM i5-7300HQ (6Mb cache, up to 3.50Ghz) processor
GPU: NVIDIA® GeForce® GTX 1050 4GB
RAM: 8GB up to 32GB DDR4-2400
HDD: 1TB
Cooling system Acer CoolboostTM Technology
Audio: Dolby AudioTM Premium
Display: 15.6” Full HD IPS Display
Acer TrueHarmonyTM,
Wireless: Fast 2×2 802.11ac wireless
Port: USB 3.1 Type C, Output HDMI 2.0 port, Power3-pin 125 A AC adapter