GadgetSquad.id – Asus lagi-lagi meluncurkan laptop Asus terbaru yaitu seri ZenBook 13 UX331UAL ke pasaran Indonesia. Model ini merupakan varian lain dari versi Zenbook UX331UN. Asus mengklaim  ZenBook 13 UX331UAL merupakan laptop Asus yang paling menggambarkan identitas dari seri ZenBook, yakni sebuah laptop yang paling ringan dengan chassis yang tipis.

laptop asus terbaru

ZenBook UX331UAL memiliki ketebalan yang sama seperti saudaranya, ZenBook UX331UN yakni hanya 13,9 milimeter. Tetapi kelebihan seri ZenBook UX331UAL memiliki bobot lebih ringan, yaitu di bawah 1 kilogram tepatnya 985 gram. Ini karena laptop Asus terbaru ini menggunakan konstruksi magnesium alloy yang sangat ringan dan penggunaan integrated graphics. Selain agar lebih sejuk, lebih hemat energi dan pada akhirnya membantu bobot laptop keseluruhan menjadi lebih enteng.

Dibanding ZenBook UX331UN yang menggunakan aluminium chassis, konstruksi berbasis magnesium alloy pada ZenBook 13 UX331UAL membuatnya sangat tangguh. Bahkan ia memenuhi standar military-grade MIL-STD 810G dan lolos uji daya tahan untuk memastikan kemampuannya beroperasi dalam berbagai kondisi.

Baca juga : Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL dan UX331UN, Apa Bedanya?

Material Tangguh

ASUS ZenBook UX331UAL didesain khusus menjadi seri ZenBook paling portabel yang pernah dibuat. Mengacu pada prinsip tersebut, bobot menjadi prioritas utama saat laptop ini dibuat. Adapun material yang dipilih, yakni magnesium aluminium alloy, menawarkan bobot yang sangat ringan. Sedangkan sandblasting finish digunakan menggantikan pola concentric circle yang biasa digunakan pada ZenBook.

Magnesium aluminium alloy membuat ZenBook UX331UAL menjadi sangat ringan, yakni hanya 985 gram dibandingkan dengan varian sebelumnya yang memiliki bobot 1,12kg. Ini membuatnya menjadi ZenBook yang paling ringan yang beredar di pasaran saat ini.

laptop asus terbaru

Meskipun punya tampilan yang sangat lembut, ZenBook 13 UX331UAL telah lolos pengujian berat standar daya tahan military-grade MIL-STD 810G untuk memastikan perangkat dapat dioperasikan di berbagai kondisi lingkungan. Tak hanya itu, ia juga telah melewati pengujian internal yang sebenarnya pun sudah melampaui standar industri. Termasuk ketika laptop ini kami uji ketahanannya dengan cara menginjak dan membantingnya, ternyata laptop Asus terbaru ini masih bisa berfungsi dengan normal.

Daya tahan yang kuat membuat laptop tangguh dan solid ini cocok digunakan oleh segmen korporasi industri manapun di mana kehandalan dan perlindungan data merupakan hal yang sangat esensial.

Performa Tinggi

Dengan layar berukuran 13,3 inci dan resolusi Full HD, ASUS ZenBook UX331UAL punya dimensi yang tidak berbeda jauh dengan kertas berukuran A4. Dengan demikian, laptop ini dapat dengan mudah diselipkan ke dalam koper, backpack, bahkan tas jinjing wanita. Ukurannya jauh lebih kecil dibanding ultrabook berikuran 13 inci pada umumnya. Rahasianya adalah pada bezel layar berfitur NanoEdge.

Performa laptop Asus terbaru ZenBook 13 UX331UAL diperkuat oleh prosesor tercepat Intel Core i generasi ke-8. Demi menopang performa tinggi yang ditawarkan, ASUS memadankan prosesor tersebut dengan RAM tercepat DDR4 2133MHz serta penyimpanan kecepatan tinggi dan handal, berbasis M.2 SSD.

Satu hal yang sangat penting namun jarang diperhatikan, adalah kemampuan Wi-Fi. Pada sebuah laptop, kemampuan ini sebenarnya merupakan hal yang penting. Pada ZenBook 13 UX331UAL, ASUS memiliki fitur Wi-Fi Master yang membuat laptop ini mampu mendapatkan kecepatan transfer yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya.

Dengan Wi-Fi Master, pengguna bisa menikmati streaming video FullHD YouTube yang lebih lancar pada jarak 300 meter atau lebih, atau setidaknya pada jarak 225 meter meski ada interferensi dari perangkat USB 3.0. Jarak ini sekitar 65 meter lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya yang tidak memiliki Wi-Fi Master.

Bersama dengan teknologi dual-band 802.11ac, Wi-Fi Master menawarkan kecepatan hingga 867Mbps atau sekitar 6x lebih cepat dibanding single-stream 802.11n. Ini memungkinkan pengguna bisa bekerja dengan lebih leluasa di kantor ataupun di coffe shop favorit.

laptop asus terbaru

Baterai Kuat

Selain menawarkan portabilitas yang tinggi dengan dimensinya yang kompak dan bobot sangat ringan, ASUS ZenBook 13 UX331UAL juga menawarkan performa yang cukup mumpuni untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari penggunanya. Tak hanya itu, ia juga menawarkan kinerja baterai yang cukup baik di kelasnya.

Baca juga : Review Laptop Asus ZenBook UX331, Bodi Ringkas Performa Ngegas

Untuk mengetahui sejauh mana performa ultrabook yang satu ini, kami menjalankan pengujian dengan aplikasi benchmark umum seperti PCMark, 3DMark, Geekbench, Cinebench dan Unigine Heaven Benchmark. Tak lupa pengujian baterai pun kami jalankan. Berikut ini hasil yang diraih oleh ASUS ZenBook 13 UX331UAL :

 

REVIEW OVERVIEW
Desain
9
Layar
8
Multimedia
7
Baterai
8
Kinerja
8
Previous articleMirip OPPO F9, Vivo V11 Pro Bawa Layar Poni Waterdrop
Next articleReview Vivo V11 Pro: Sidik Jari Dilayar Pertama dengan Kamera Istimewa
review-laptop-asus-terbaru-zenbook-13-ux331ualDari hasil pengujian di atas, terlihat bahwa laptop ini sudah sangat mumpuni untuk digunakan sebagai perangkat pendukung produktivitas. Baik produktivitas esensial seperti aplikasi office, email ataupun produktivitas lainnya, sampai ke aplikasi editing konten digital baik foto ataupun video.Performa grafisnya memang tidak terlalu tinggi karena memang bukan ditujukan untuk itu. Bermain game 3D, asalkan masih dalam resolusi rendah sampai menengah, masih bisa dilakukan. Menjalankan aplikasi rendering pun tidak masalah karena performa prosesor Intel Core 8th generation, baik saat bekerja secara single core ataupun multi-core sudah sangat baik.Saat digunakan secara multitasking non-stop, aplikasi pengukuran baterai PCMark menunjukkan bahwa baterai pada ZenBook 13 UX331UAL sanggup memasok daya hingga 4 jam 43 menit. Tentunya, kalau penggunaan Anda tidak terlalu intensif seperti pengujian benchmark tersebut, baterai tentu sanggup bertahan jauh lebih lama. Dalam skenario tertentu, ASUS bahkan mengklaim baterai laptop ini sanggup bertahan hingga 15 jam.