Realme secara resmi meluncurkan lini Hp terbaru di Indonesia pada 9 Oktober 2018 lalu. Realme membawa Hp seri Realme 2, Realme 2 Pro dan Realme C1. Salah satu yang menarik perhatian adalah Realme 2 Pro yang memiliki spesifikasi “tidak main-main”. Bagaimanakah pengalaman menggunakan Hp Realme 2 Pro ini? Berikut review Realme 2 Pro :

review realme 2 pro

Layar Full View

Dari review Realme 2 Pro yang dilakukan dari sisi bodinya, Hp ini nyaman digunakan sebagai daily driver penunjang pekerjaan sehari-hari. Salah satu faktornya adalah layarnya yang lega terasa memberikan jarak pandang yang lebih leluasa. Layar berjenis IPS LCD ini memiliki bentang 6.3 inci dengan rasio screen-to-body hingga 90,8% serta resolusi 1080 x 2340 pixel.

Tampilan UI nya pun sangat millenials namun tetap tajam dan jelas. Dilakukan untuk melakukan aktivitas seperti browsing artikel online, menonton film, bermain game maupun editing beberapa dokumen pekerjaan sangat nyaman.

Baca juga : Ini Yang Bikin Realme 2 Lebih Unggul Dibandingkan Xiaomi Redmi 6

Realme juga memperhatikan aspek keamanan pada layarnya, dibekali oleh pelindung Gorilla Glass 3, Realme 2 Pro jadi lebih aman terhadap goresan yang tidak diinginkan. Dari review Realme 2 Pro yang dilakukan, level goresan normal tidak akan berpengaruh signifikan terhadap layar Realme 2 Pro ini. Hal yang paling disuka adalah desain notch dewdrop yang terdapat pada sisi tengah atas layarnya, memang bukan sesuatu yang baru tetapi menambah kesan kekinian smartphone ini yang memang ditujukan untuk segmen anak muda.

review realme 2 pro

Build Quality

Berbicara soal desain, Realme 2 Pro termasuk smartphone yang memiliki desain yang stylish dengan rangka terbuat dari polikarbonat berbalut 15 lapisan material komposit nano, yang menghasilkan tampilan seperti kaca dan efek berkilau.

Dari review Realme 2 Pro, terasa body dari smartphone ini begitu kokoh dan mantap saat berada di genggaman tangan. Pada bagian belakang smartphone ini, terdapat kamera depan dan lampu LED kilat yang terbingkai sempurna oleh dewdrop. Di bawahnya, sebuah pemindai sidik jari siap untuk kita gunakan untuk membuka kunci layar ataupun melakukan otorisasi pada aplikasi tertentu.

Konektivitas dan User Interface

Sebelum membahas salah satu keunggulan dari Realme 2 Pro, yaitu mengenai jeroannya, Realme telah membenaman sistem tripple slots, di mana terdapat dua buah slot kartu SIM berjenis nano yang bisa digunakan untuk dua nomor SIM. Sedangkan, satu slot tersisa telah support microSD dengan kapasitas 256 GB. Realme 2 Pro memiliki fitur lain seperti audio jack 3,5 mm dan port microUSB 2.0 untuk charger input.

Realme 2 Pro menggunakan UI Color OS berbasis Android 8.1 Oreo. Dalam pengoperasiannya sehari-hari, smartphone ini terasa sangat handal dan hampir tidak ditemukan kendala sama sekali. Berpindah-pindah aplikasi, melihat dan membuka notifikasi, membuka kunci layar, semua dilakukan secara cepat.

review realme 2 pro

“Dapur Pacu” yang Gahar

Realme 2 Pro dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang memiliki inti quad-core Kryo 260 berkecepatan 2 GHz dan quad-core Kryo 260 berkecepatan 1,8 GHz serta kartu grafis Adreno 512. Berdasarkan review Realme 2 Pro, terasa kombinasi antara keduanya memungkinkan smartphone ini menjalankan mobile game kelas AAA dengan perfoma yang sangat smooth, anti-stutter maupun lag.

Arena of Valor dapat dijalankan dengan pengaturan grafis rata kanan. Tidak hanya itu, ponsel ini juga ditunjang oleh memory RAM 8 GB yang sangat besar. Multitasking seberat apapun dapat dilahap oleh smartphone ini tanpa kendala yang berarti. Dalam pemakaian sehari-hari penulis, smartphone ini terasa sangat gegas.

Ketika kami uji kinerja Realme 2 Pro menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, didapat skor :

review realme 2 pro

Dual Kamera

Realme 2 Pro telah dibekali dual kamera yang memungkinkan pengguna memotret objek dengan visualisasi bokeh. Kamera utama beresolusi 16 megapiksel yang dilengkapi dengan bukaan f/1.7 yang mampu menyerap cahaya lebih banyak, phase detection auto focus, serta kamera sekunder 2 megapiksel yang bertugas sebagai mengukur kedalaman bidang ketika kita menggunakan modus Potrait.

Baca juga : Hp Realme 2, 2 Pro dan C1 Resmi Dijual, Ini Beda Fitur dan Harganya!

Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan foto yang memuaskan pada kondisi cahaya yang terang. Hasil foto bokeh bisa dibilang cukup rapi. Sedangkan pada kondisi cahaya yang agak kurang, kualitas fotonya sedikit menurun namun hasilnya tetap memuaskan untuk smartphone di kelasnya.

Untuk kamera depannya sendiri, ponsel ini memakai kamera beresolusi 16MP yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas cukup prima untuk dibagikan ke media sosial. Hasil swafotonya cukup jernih dan tentunya dilengkapi dengan fitur AI Beautify yang lumrah ditemui pada smartphone dengan antarmuka Color OS.

review realme 2 pro

Baterai Aman

Dengan baterai 3500mAH yang memiliki daya tahan lama berpadu dengan teknologi AI Power Master untuk mengelola kinerja smartphone. Sistem secara cerdas mengoptimalkan konsumsi daya aplikasi dan mengontrol jumlah inti prosesor yang harus digunakan untuk menghindari pemborosan daya.

Dari hasil uji baterai Realme 2 menunjukkan hasil berikut:

Standby16.5 Jam
Memainkan Musik12 Jam
Memainkan Video15 Jam
Bermain Game10 Jam

 

Baca juga : Gokil! Hp Realme 2 Terjual 15.000 Unit Cuma Dalam 10 Menit

Layar6,3 inci dengan resolusi 1.080 x 2.340 piksel, rasio aspek 19,5:9, IPS LCD capacitive touchscreen. Dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 3.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot156,7 x 74 x 8,5 mm, 174 g.
ProsesorQualcomm Snapdragon 660 AIE dengan prosesor octa-core (4 x 2 GHz Kryo 260 dan 4 x 1,8 GHz Kryo 260).
GPUAdreno 512.
RAM4/6/8 GB.
Internal Storage64/128 GB.
External StorageMicroSD hingga kapasitas 256 GB, slot terpisah dari kartu SIM kedua.
Kamera BelakangKamera utama: 16 megapiksel dengan bukaan f/1.7, phase detection auto focus.

 

Kamera sekunder: 2 megapiksel

 

Lampu kilat LED ganda.

Kamera Depan16 megapiksel dengan bukaan f/2.0 dengan AI Beauty Selfie.
KonektivitasGSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, microUSB 2.0.
Baterai3.500 mAh Li-Ion.
Sistem OperasiAndroid 8.1 dengan antarmuka Color OS 5.2.