Review Realme 2: Desain Cantik, Performa Apik

0

Review Realme 2 – Pesaing baru industri gadget Indonesia akan hadir. Adalah Realme, Sub-brand OPPO yang siap bersaing di pasar smartphone Indonesia. Realme digadang-gadang memiliki smartphone dengan banderol harga terjangkau, sehingga banyak yang menyebutnya akan bersaing langsung dengan Xiaomi.

review-realme-2

Brand baru ini sejatinya sudah memiliki 2 smartphone baru yang hadir di Indonesia, yakni Realme 2 dan 2 Pro. Melalui slogan “Power Meet Style”, keduanya memiliki kesamaan yakni memiliki spesifikasi mumpuni dengan desain yang stylish. Dan salah satunya kini akan kami ulas. Berikut ini adalah review Realme 2.

Review Realme 2Desain

Secara desain DNA dari OPPO begitu kentara terlihat pada Realme 2. Tengok saja pada bagian belakang bodinya. Realme memang menghadirkan terobosan baru yang berbeda dari hp dengan permukaan yang datar dan monoton.

Dengan penggunaan desain unik diamond-section look dan kombinasi 12 lapis material nanoscale composite, serta 2.5D glass-like material yang menghasilkan kesan deepened space. Jika diletakkan di bawah sinar matahari, warnanya akan berubah-ubah (capricious).

Ponsel ini memiliki berat sekitar 168 gram dan dimensinya 156.2 x 75.6x 8.2mm. Dibuat dengan bentuk ergonomis hp ini punya sudut yang membulat, sehingga nyaman ditenteng dengan satu tangan. Di panel depan, smartphone ini.

review-realme-2

desain layar dengan poni pada bagian atasnya. Pada area tersebut tersedia kamera selfie dan sisi earpiece berdampingan. Sedangkan di bagian bawah bezel bawah ada port micro-USB, mikrofon dan jack headphone 3.5mm.

Di sepanjang sisi kiri badan terdapat slot kartu nano-SIM ganda plus slot khusus untuk kartu microSD serta tombol volume. Pada sisi sebaliknya terdapay membawa tombol power. Di panel kaca belakang menampilkan desain seperti potongan berlian dengan skema warna ganda hitam dan merah. Pada area tersebut terdapat kamera belakang ganda serta lampu kilat LED di kiri atas dan sensor.

Review Realme 2 – Layar

Soal layar Realme 2 menggunakan layar HD 6,2 inci dengan Rasio screen-to-body sebesar 88.8% dan 19:9 screen display menunjukkan keunggulan Realme 2 dibandingkan dengan produk sekelasnya dengan harga dibawah Rp 2 jutaan.

Dengan 2.05mm ultra-narrow bezel dan meningkatkan dispensing process yang semakin memperkecil bezel hingga 16%. Luasnya layar di Realme 2 fitur Full screen multitasking free play sudah mendukung aplikasi seperti WeChat, WhatsApp, Messenger, SMS, dan LINE pop up dari sisi notch tanpa harus keluar dari game atau video yang sedang diputar oleh pengguna, sehingga pengguna tidak perlu khawatir melewatkan informasi penting atau mengganggu pengalaman saat bermain game atau pemutaran video.

Tampilan layar Realme memberikan kenyamanan dimata. Karena mendukung 16.7 juta warna layar plus fitur Auto-Brightness yang mampu menjaga kecerahan optimal di dalam ruangan dan di luar ruangan.

Untuk pengaturan warna yang lebih hangat dan membantu mengurangi emisi cahaya biru yang berbahaya, pengguna bisa menggunakan pengaturan Night Shield. Dengan sudut pandang yang berbeda, tampilan terlihat hampir sama. Warna tampilan tajam tetapi tidak terlalu keras dimata. Secara keseluruhan, tampilan tidak mengecewakan dan nyaman dimata.

Baca juga: Realme 2 dan Realme 2 Pro ‘Mendarat’ di Indonesia Minggu Depan, Ini Bedanya!

Review Realme 2 -Interface

Realme 2 berajalan diatas sistem operasi terbaru, yakni Android 8.1 oreo. OS ini masih dilapisi lagi dengan ColorOS 5.1 yang bisa dikostumisasi sesuai keinginan penggunanya. Menariknya Realme 2 juga akan mendapatkan update software secara berkala dengan mudah. Karena didalamya tersedia System Hot Update secara langsung dapat dlakukan pada hp ini, kamu jadi tanpa harus me-restart perangkat, sehingga tidak menganggu pemakaian.

Penggunaan interface hp ini terbilang cukup mudah, karena Realme 2 sudah dibekali AI Board, dimana saat Swipe ke kiri di Home untuk melihat layar yang paling kiri, dapat menunjukkan informasi perjalanan pengguna (tiket pesawat dan kereta), berdasarkan pesan SMS dan jaringan untuk mengingkatkan pengguna dan Step Tracker yang menunjukkan jumlah langkah dan jarak tempuh pengguna.

Yang menarik dari interfacenya adalah Realme sudah membekalinya dengan segudang fitur andalan. Seperti fitur Smart Driving, yakni Sistem akan mengetahui secara otomatis ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit. Jadi, ketika Smart Driving dinyalakan, perangkat akan mendukung mode Do Not Disturb saat ada telepon atau aplikasi messenger untuk keamanan saat berkendara.

Fitur lain yang dapat mendukung multimedianya adalah All-in-one sound chamber dan Real Sound quality, dimana kualitas suara yang lebih baik untuk memainkan musik.

Memindahkan file juga lebih mudah dengan fitur One-tap clone. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan kabel data untuk memindahkan data dari perangkat yang lama ke perangkat baru, karena cukup melalui Scan QR code. Memproses transmisi data dengan cepat, dan menampilkan real-time display dari proses cloning.

Baca juga: 2 Hp Realme 2 ‘Mendarat’ di Indonesia Minggu Depan, Intip Spesifikasi dan Harganya!

Bagi kamu yang memiliki lebih dari satu akun untuk sosmed dan chatting, Realme sudah mendukung fitur Clone Apps, jadi kamu bisa mengaktifkan dua akun media sosial atau chatting secara bersamaan.

Untuk fitur keamanan, Realme 2 termasuk Hp yang lengkap pada fitu ini. Sebut saja fitur Privacy Passcode. Privacy Passcode dapat digunakan pada fungsi privasi seperti APP lock dan Private Safe. Kata sandi dapat di reset dengan pertanyaan keamaan, alamat email, atau akun OPPO.

Selebihnya adalah fitur keamanan supaya hp kamu tidak sembarangan dibuka oleh orang lain. Fitur tersebut adalah AI Face Recognition, yang mampu mengidentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan presisi yang tinggi. Pengguna cukup mengarahkan perangkat menghadap ke wajah, maka smartphone akan ter-unlock secara instan. Ketika pencahayaan kurang baik seperti pada malam hari, unlocking dapat tetap dilakukan berkat layar yang terang.

Pada bagian belakang Realme 2 juga sudah dibekali sensor sidik jari. Dengan fitur Top-speed Fingerprint Unlock maka kamu bisa membuka kunci yang lebih cepat dan lebih akurat.

Hp ini juga memiliki fitur SmartLock, yang memiliki mode Trusty places, yakni Dapat merekam dan mengidentifikasi lokasi yang sering dikunjungi oleh pengguna dan menandai lokasi tersebut sebagai tempat yang terpercaya, dimana perangkat dapat di-unlock secara otomatis, misalnya saat berada di rumah.

Trusty devices Ketika perangkat dihubungkan dengan perangkat lain yang sudah terpercaya melalui Bluetooth, maka akan ter-unlock secara otomatis.

Atau On-body detection: Jika perangkat terdeteksi mengalami pergerakan setelah di-unlock, perangkat akan tetap ter-unlock. Namun, jika perangkat diletakkan dengan layar mati selama satu menit, maka akan terkunci secara otomatis.

Baca Juga: Hp Realme, Adiknya OPPO, Resmi Masuk Pasar Indonesia, Seperti Apa?

Review Realme 2 – Kamera

Hambar rasanya sebuah smartphone tanpa kualitas kamera yang memadai. Nah, di Realme 2 pengguna tidak perlu khawatir karena hp ini sudah memiliki resolusi kamera yang sangat memadai untuk mengambil foto.

Pada kamera belakang sudah dibekali lensa ganda 13M+2M dan teknologi fokus PDAF, dengan teknologi ini pengguna dapat mempercepat proses focusing saat mengambil foto dan mengabadikan momen-momen penting.

Terlebh lagi dengan kombinasi dari multi-frame noise reduction memperjelas kualitas gambar, mendukung portrait mode, dan menghasilkan layered effect yang lebih baik dalam mengambil gambar.

Sebagai Hp kekinian tentunya Realme juga sudah memiliki fitur AI Beauty 2.0, beauty upgrade, dan smart group photographing recognition, dengan fitur ini, kamera di Realme 2 mampu membedakan pria dan wanita melalui kamera. Melalui identifikasi 296 titik, fitur ini dapat menghasilkan kecantikan (beautification) yang lebih dipersonalisasi.

Fitur ini juga mampu mempercantik wajah dan anggota tubuh secara bersamaan sehingga menghasilkan efek yang sempurna dan konsisten. Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil gambar hingga empat orang dalam satu frame, dengan hasil beautification yang disesuaikan dengan jenis kelamin masing-masing.

Saat digunakan kamera Realme 2 cukup menjanjikan. Mengambil foto dengan kamera belakang mampu memberikan hasil foto yang cerah dan tajam. Apalagi saat kondisi penahayaan yang terang. Begitu juga pada kamera depan, fungsinya dalam mengambil foto selfie sangat bagus karena fitur beautify yang ada didalamnya.

Baca juga: Wow! Hanya 5 Menit, 200 Ribu Hp Realme 2 Habis Terjual

Review Realme 2 – Performa

Bagaimana dengan performa yang dimiliki smartphone ini? Untuk mendukung kinerja smartphone, Realme 2 ditenagai oleh prosesor Qualcomm 450 octa-core, 14nm process, up to 1.8GHz clock speed, dual-core ISP daan GPU yang kuat.

Spesifikasi ini dibenamkan Realme untuk memastikan frame yang mulus dan mengurangi stutters. Didukung pula dengan RAM 4GB membuat aplikasi dapat dijalankan dengan lancar, bahkan saat dijalankan bersama-sama.

Game PUBG mobile, hp ini mampu menjalankannya dnegan lancar, tanpa lag. Kamu bahkan dapat memainkannya lebih dari 1 jam tanpa menemukan kendala.

review-realme-2

Baca juga: Saingi Xiaomi Redmi 5 dan Vivo V9, Realme 2 Siap Tempur di Harga 1 Jutaan?

Untuk kamu yang suka main game, Realme 2 juga dilengkapi dengan built-in “Game Space” yang akan diaktivasi secara otomatis setelah game dijalankan. Aplikasi ini sangat membantu pengguna saat bermain game. Karena mampu mengendalikan gangguan secara tiba-tiba, seperti adanya panggilan atau notifikasi. Karena dengan fitur ini pengguna dapat mengatur notifikasi yang masuk saat bermain game.

Review Realme 2 – Baterai

Untuk mengakomodasi pengguna seharian, Realme 2 dibekali dnegan kapasitas baterai yang terbilang besar. Bahkan dibandingkan dengan produk di rentang harga yang sama, kapasitas baterai Realme sebesar 4230mAh tentu lebih menonjol. Dengan kapasitas ini pengguna dapat dengan bebas bepergian, mengambil foto, bermain game, dan menonton serial TV tanpa harus memikirkan kekuatan baterai.

Mendukung kekuatan baterainya, Realme 2 dilengkapi dengan fitur “AI Power Manager”. sistem ini akan mengoptimalkan komsumsi daya dari aplikasi dan juga mengontrol jumlah core pada prosesor untuk menghindari daya yang terbuang (power waste).

Saat pengujian yang kami lakukan, Realme 2 mampu bertahan hingga 15 jam. Artinya hp ini ampu aktif seharian dengan penggunaan standart, baik untuk gaming, browsing, chatting bahkan sesekali melakukan streaming dan menerima panggilan telpon.

Dapatkan semua tipe HP Realme dengan harga murah bergaransi resmi disini