Review Gaming Oppo Reno5 F, Main Game Lebih Nyaman !

Oppo Reno5 F datang sebagai perangkat kelas menengah dengan performa dan fitur-fitur yang sangat menjanjikan untuk gaming. Reno5 F diotaki chipset Mediatek Helio P95 yang sudah cukup powerfull dengan dukungan RAM 8GB dan dan kapasitas penyimpanan 128GB.

Lalu hal apa saja yang membuat perangkat ini nyaman untuk digunakan bermain game? Simak ulasannya berikut ini.

Desain Ringan

Sebelum membahas lebih jauh soal performa dan fitur pendukung aktivitas gaming, hal yang pertama ingin kami sampaikan adalah perangkat ini sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan Oppo Reno5 F memang memiliki body yang tipis dan ringan.

Tebalnya hanya 7,8 mm dengan bobot 172 gram yang membuat tangan tidak cepat pegal. Selain mudah dimasukkan ke dalam saku celana, perangkat ini juga sangat nyaman digenggam dengan satu tangan ataupun dalam penggunaan secara horizontal ketika bermain game. 

Performa Gaming

Untuk pengetesan gaming di OPPO Reno5 F, kami mencoba dua game yang mewakili berbagai macam genre dan cukup populer saat ini di Playstore. Kedua game yang di maksud adalah AOV dan Call Of Duty Mobile.

AOV

Pada game Arena Of Valor, Oppo Reno5 F dapat menjalankan game dengan kualitas grafis hingga “Ultra”. Hasilnya game dapat berjalan dengan sangat baik dalam situasi apapun, bahkan di beberapa bagian ramai saat mengeluarkan jurus di saat bersamaan. Bisa kami rasakan jika game Arena Of Valor di Reno5 F ini berjalan dengan frame rate yang cukup tinggi sehingga terasa halus pada settingan grafis tertinggi.

Call Of Duty Mobile

Untuk game yang selanjutnya bergenre game FPS, COD Mobile dapat dijalankan pada kualitas tertinggi HIGH dengan frame rate sampai settingan High. Selama bermain, Oppo Reno5 F bisa menjalankan game dengan sangat baik dan lancar tanpa adanya lag. Selama jalannya permainan masih cukup lancar tanpa ada gangguan yang signifikan atapun panas.

Overall, selama memainkan dua game ini dalam waktu sekitar satu jam lamanya, kami merasa nyaman dan tidak menemukan kendala yang berarti. Tekstur dan detail gambar yang dihasilkan menurut kami juga memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik. 

Multi Cooling-System

Walaupun menawarkan desain ultra slim, tetapi Oppo Reno5 F sudah dibekali dengan sistem pendingin khusus yakni, Multi Cooling-System yang merupakan paduan aluminium dengan konduktivitas termal tinggi sehingga memiliki kapasitas pembuangan panas 21,9 persen lebih efisien.

Game Focus Mode

Pada fitur ini memungkinkan untuk memblokir atau menonaktifkan semua gangguan termasuk notifikasi chat atau telepon masuk saat bermain game. Sehingga, pengguna bisa lebih leluasa saat bermain game, tanpa khawatir adanya gangguan yang datang secara tiba-tiba..

Performance Mode

Terdapat tiga opsi yang bisa dipilih yakni, Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode. Untuk memaksimalkan performa perangkat, pengguna bisa memilih Competition Mode yang membuat seluruh resource memori hp untuk memaksimalkan performa gaming yang lebih baik.

Bullet Screen Message

Notifikasi dari instant messaging ataupun Whatsapp akan tampil di layar berupa teks transparan sebagai overlay di dalam game. Hal ini memungkinkan pengguna bisa melihat isi pesan tanpa harus keluar dari permainan.

Kesimpulan

Menurut kami, performa MediaTek Helio P95 di Oppo Reno5 F sudah sangat cukup untuk memainkan berbagai game populer android di tahun 2021. Adapun game yang kami uji yakni AOV dan Call Of Duty Mobile  bisa berjalan dengan mulus dengan tekstur dan detail gambar yang dihasilkan menurut kami juga memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik. Mengingat chipset yang digunakan juga adalah Mediatek kelas mid-range, maka performa yang diberikan memang sudah sangat sesuai ekspektasi.

Apalagi, untuk mendukung kebutuhan gamer Oppo Reno5 F dibekali sederet fitur-fitur menarik untuk memberikan kenyamanan saat bermain game. Selain memiliki performa yang baik, Oppo Reno5 F juga memiliki ergonomi yang nyaman, ringan dan tipis yang membuat aktifitas bermain game terasa sangat nyaman dan tidak membuat tangan cepat lelah.

Bagi anda yang tertarik, Oppo Reno5 F saat ini dijual dengan harga dibanderol 4,3 juta Rupiah dengan RAM 8GB LPDDR4X dan ruang penyimpanan 128GB yang bisa ditambahkan hingga 256GB.