Apple MacBook Air Terbaru Resmi Dirilis, Ini Fitur Baru dan Harganya!

0

GadgetSquad.id – Akhirnya Apple meluncurkan seri MacBook Air terbaru. Laptop terbaru buatan Apple ini resmi diperkenalkan ke publik pada sebuah gelaran acara di Brooklyn Academy of Music, New York (30/10/2018). Pada acara tersebut juga diperkenalkan iPad seri terbaru.

MacBook Air terbaru

Apple memang sudah lama tidak memperbarui seri laptop MacBook nya. MacBook seri sebelumnya dirilis 2010 lalu, berarti sudah 8 tahun hingga muncul seri terbaru ini.

Di MacBook terbaru ini tentunya ada sejumlah peningkatan atau fitur baru yang dibawa. “Kini MacBook Air hadir dengan layar Retina Display,” ujar Tim Cook, CEO Apple di pada acara peluncuran tersebut.

MacBook Air terbaru ini mengusung layar berukuran 13,3 inch. Layar ini juga hadir dengan desain baru, yaitu bagian bezel-nya yang lebih tipis 50% dibandingkan seri MacBook sebelumnya. Ketajaman layar ini juga didukung resolusi 4 juta pixel yang menjanjikan tampilan 48% lebih kaya warna dan lebih tajam.

Baca juga : 5 Laptop Terbaik di Tahun 2018

Ukuran MacBook Air ini juga terbilang ramping. Bahkan bodi laptop terbaru ini ukurannya lebih kecil 17% dari seri MacBook sebelumnya. Begitu juga dengan ketipisan bodinya yang berukuran 15,6 mm atau lebih tipis 10% dari seri sebelumnya.

MacBook Air terbaru

MacBook Air terbaru juga dilengkapi beberapa fitur terbaru. Di antaranya fitur FaceTime atau video call yang sudah mensuport resolusi HD. Selain itu MacBook ini, juga didesain dengan Force Touch Trackpad baru yang 20% lebih luas dibandingkan di seri sebelumnya. Juga menggunakan third-generation butterfly keyboard buatan Apple sendiri.

Juga tidak ketinggalan sudah dilengkapi fitur Touch ID untuk keamanan akses laptop ini. Bahkan sudah disematkan Apple’s T2 security chip. Selain itu MacBook ini juga sudah disematkan port audio jack 3,5 mm untuk headset. Selain itu juga dilengkapi 2 port Thunderbolt 3 USB-C. Untuk speaker-nya yang terletak di dekat keyboard, diklaim Apple bisa mengeluarkan suara lebih kencang 25% dibandingkan MacBook yang lama.

Baca juga: Uji Daya Tahan Laptop Asus Diinjak dan Dibanting, Ini Hasilnya! (Video)

Untuk performanya, laptop terbaru Apple ini mengandalkan prosesor Intel dual core generasi ke-8 dengan RAM hingga 16 GB. Sedangkan memori internalnya memakai jenis SSD dengan kapasitas hingga 1,5 TB. Untuk daya tahan baterainya, Apple mengatakan MacBook ini bisa bertahan selama 12 jam jika dipakai untuk web browsing, dan bisa bertahan 13 jam jika dipakai menonton film di iTunes.

MacBook Air terbaru

Apple MacBook Air  ini, dijual seharga USD 1.499 atau sekitar Rp 22,7 juta untuk prosesor Intel Core i5 1,6 GHz, RAM 8 GB dan SSD 128 GB. Sedangkan untuk versi prosesor Intel Core i5 1,6 GHz, RAM 16 GB dan SSD 1,5 TB dibanderol seharga $3.239 atau setara Rp 49 jutaan. MacBook Air terbaru ini tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu ‘Gold,’ ‘Space grey’ and ‘Silver.