Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) Apa Itu?

Bank Indonesia mulai gencar mengkampanyekan Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

kartu gpnSejak akhir 2017, Bank Indonesia mulai gencar mengkampanyekan Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), apakah itu?

Apa itu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)?

GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank. GPN memudahkan masyarakat jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant.

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) akan menjadi sebuah kartu uang elektronik dengan logo khusus yang dapat digunakan untuk sebagai pengganti kartu debit. Logo tersebut berupa bentuk burung garuda sebagai simbol program GPN.

kartu gpn

Baca Juga: Driver Gojek Bisa Beli Laptop Dengan Harga Lebih Murah

Kartu itu memungkinkan nasabah melalukan transaksi hingga tarik tunai di mesin ATM maupun perangkat EDC dari bank lain dengan biaya tambahan yang jauh lebih kecil.

Setiap bank yang beroperasi di Indonesia nantinya wajib mengadopsi sistem GPN dan merilis kartu debit GPN berlogo garuda. Kartu debit GPN nanti bisa digunakan di seluruh mesin electronic data capture (EDC).

Kehadiran GPN bisa memperluas layanan akses layanan sistem pembayaran melalui peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas. Selain itu GPN juga bisa mendorong perluasan Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) dan pengembangan perdagangan nasional berbasis elektronik.

Kini, setelah berjalan hampir setahun, sudah terdapat 60 bank yang terkoneksi dengan National Payment Gateway. Hingga Mei 2018, sudah tercetak sebanyak 937.000 dan kartu yang sudah terdistribusi 497.000. BI menargetkan hingga akhir 2018, 30 persen dari total komitmen kartu NSICCS berlogo nasional bisa selesai.

Baca Juga: LOOP dan RuangGuru Sediakan Paket Belajar Online Tanpa Kuota

Tujuan utama adanya kartu GPN

  • Menciptakan ekosistem sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas, dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi, kliring, dan setelmen secara domestik.
  • Meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.
  • Meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional untuk mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi, dan resiliensi sistem keuangan.

Apa untungnya menggunakan Kartu GPN

  1. Kartu dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.
  2. Masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena telah dilengkapi fitur keamanan yang terstandarisasi.
  3. Masyarakat tidak dikenakan biaya oleh toko dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR) atau penetapan tarif kepada pedagang oleh bank.
  4. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi.
  5. Biaya administasi lebih murah karena seluruh permrosesan dilakukan di dalam negeri sehingga lebih efisien.

kartu gpn

Baca juga: Driver Grab Disediakan Paket Internet Murah Telkomsel dan Smartphone Samsung

Bagaimana cara menukar kartu GPN

Untuk mendapatkan kartu GPN Kartu debit GPN bisa didapatkan dengan menukarkan kartu debit di masing-masing bank. Penukaran juga bisa dilakukan di fasilitas penukaran lainnya yang diselenggarakan oleh perbankan di area publik.

Sejak Senin, 30 juli 2018 BI menyelenggarakan pekan penukaran kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional di 17 lokasi di Indonesia.

Penukaran kartu debit menjadi kartu debit berlogo GPN itu dilakukan hingga Jumat 3 agustus 2018 seara gratis