1 Februari 2015, Samsung Hentikan Layanan ChatOn

ChatOn

gadgetsquad.id.id – Sungguh sangat disayangkan, mengingat promosi dulunya begitu gencar, akhirnya Samsung hentikan layanan ChatOn pada 1 Februari 2015.

Seperti konfirmasi Samsung kepada CNET, bahwa layanan dan aplikasi Instant Messenger milik Samsung, ChatOn dipastikan akan berhenti pada 1 Februari 2015 diseluruh dunia kecuali AS, dan kemudian akan disusul untuk wilawah AS pada tanggal segera setelah itu. Lho kenapa di setentak di AS juga? hal ini dikarenakan operator seluler yang ada kewajiban kontrak dengan AS. Samsung mengatakan bahwa keputusan itu dibuat “karena kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berkembang dengan berfokus pada layanan inti kami.”

Banyak orang telah instant messaging di ponsel ketika datangnya BlackBerry Messenger. Perangkat BlackBerry selalu dipasarkan dengan jenis bisnis untuk fitur keamanan dan produktivitas mereka. Dalam beberapa tahun terakhir pasar remaja pun bermunculan, sehingga layanan pesan BBM jadi hit dikalangan remaja, mengingat layanan ini gratis dan bisa mengobrol satu sama lain terus-menerus tanpa biaya.

Lebih dari itu akhirnya BBM tidak hanya bisa digunakan pada perangkat BlackBerry tetapi juga tersedia untuk perangkat BlackBerry lainnya, sehingga BBM di perangkat Android dan iPhone menjadi lebih populer. Pada saat aplikasi BBM untuk iPhone dan Android datang tahun lalu, banyak yang pindah ke aplikasi cross-platform seperti WhatsApp, Viber atau Kik.

Diluncurkan pada 2011, ChatOn adalah upaya Samsung untuk meniru keberhasilan BlackBerry Messenger. Tersedia dalam lebih dari 200 negara, aplikasi ini dilaporkan tahun lalu untuk memiliki 100 juta pengguna. Tidak hanya BBM, WhatsApp juga lebih perkasa dnegan mengirimkan lebih dari 64 miliar pesan pada malam tahun baru, Facebook juga fokus pada alayanan IM dengan memaksa pengguna untuk men-download aplikasi messaging untuk chatting dengan teman-teman, dengan mengamankan lebih dari 500 juta pengguna.