Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) kirim 20 Board Game Indonesia untuk ikut pameran board game terbesar di dunia, Essen SPIEL 2019.

20 Judul Board Game Indonesia Akan Mengikuti Essen SPIEL 2019Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) kirim 20 Board Game Indonesia untuk ikut pameran board game terbesar di dunia, Essen SPIEL.

“Essen Spiel merupakan salah satu pameran skala internasional terbesar dan menjadi rujukan industri board game dunia,” ujar Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak. Menurutnya, kualitas board game karya kreator Indonesia sudah luar biasa dan pemerintah terus mendorong board game Indonesia untuk menunjukkan karya mereka di level dunia.

Ke-20 board game yang terpilih telah lolos kurasi dan penjurian yang dilakukan pada tanggal 13 September 2019 di Jakarta. Berikut daftar lengkap 20 finalis yang nanti akan diikutsertakan dalam pameran Essen SPIEL 2019 mewakili Indonesia di bawah bendera Archipelageek:

1.    Bunaken: The Undersea Paradise oleh PeBeeS
2.    Belapati War oleh LOGI Games
3.    Cenayang oleh Memento Craft
4.    Cine Write & Trade oleh Teman Maen Rutin Shuffle (Top 6 products highlight)
5.    Coffee Crash oleh Manikmaya Games
6.    Dua Kerajaan oleh Dua Kerajaan Studio
7.    Jalan-Jalan oleh Chiveus
8.    Kancil oleh Chiveus
9.    Korowai oleh Tabletoys Indonesia (Top 6 products highlight)
10.    Laga Pendekar oleh Makhluk Oranye Games
11.    Luwenak! oleh Andeux
12.    Mindblowon The Card Game oleh MSBR Studio (Top 6 products highlight)
13.    Nusa Rasa oleh Ketchup Games (Top 6 products highlight)
14.    Prabumeru oleh Novia Dwiyanti Putri
15.    The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio (Top 6 products highlight)
16.    SEN : Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia (Top 6 products highlight)
17.    The Adventure of Bam-Bam Aksara Jawa oleh Bam-Bam
18.    Toraja oleh Congkak Fun Factory
19.    Unmask! oleh Chiveus
20.    War of The Words oleh Wisnu Widiarta

Essen SPIEL 2019 akan berlangsung di Messe Essen, Jerman pada 24 – 26 Oktober 2019. Keikutsertaan ini merupakan kali kedua, setelah pada tahun 2018 lalu Bekraf memfasilitasi 24 judul board game Indonesia berpameran di Essen SPIEL.

Dengan tetap mengusung “Archipelageek” sebagai program dari Deputi Pemasaran Bekraf untuk mempromosikan karya-karya industri game tanah air, produk-produk board game Indonesia akan dipamerkan di Hall 3 booth 3Q106, Messe Essen, Jerman.