Review OPPO Reno2 F – Lebih Dari Sekadar Quad Kamera + Rising Camera

0

GadgetSquad.id – OPPO belum lama ini secara resmi meluncurkan seri Hp Reno series terbaru. Ada dua tipe yang dirilis sekaligus, yaitu OPPO Reno2 F dan Reno2. Keduanya bisa dibilang sama-sama dibekali dengan fitur kelas atas dan tampil dengan desain premium. Dan soal harga jualnya bisa dikatakan masih terbilang terjangkau.

oppo reno2 f (2)

Kali ini kami akan mereview OPPO Reno2 F terlebih dahulu. Di mana harga tipe yang satu ini lebih murah dibandingkan ‘saudaranya’ OPPO Reno 2.

Tampil Premium

Sama seperti OPPO Reno sebelumnya, OPPO Reno2 F masih membawa karakter tampilan yang sama, premium. Ya! Desain OPPO Reno2 F terlihat menawan dengan bentuk di bagian bodinya yang membulat, sehingga terasa nyaman saat digenggam. Bisa dikatakan OPPO Reno2 bisa dibilang punya kualitas rancang bangun yang baik. Bisa terlihat dari penggunaan bingkai logam dan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang bodi Hp OPPO ini.

Baca juga : Oppo Reno2 dan Reno2 F Resmi Dirilis, Ini Dia Spesifikasi dan Harganya!!

Untuk materialnya sendiri bodi Reno2 F dibuat menggunakan 3D curved glass dengan 7 lapisan yang membuat Reno2 F punya warna unik bergradasi yang memancarkan warna biru dan keunguan. OPPO Reno2 F tersedia dengan dua pilihan warna yaitu, Green Lake dan Sky White.

oppo reno2 f

Layar Luas

Pindah kebagian layarnya, OPPO Reno2 F membawa dimensi layar seluas 6,5 inci berasio 19.5:9. Meski memiliki layar luas, dimensi bodi Hp OPPO ini masih tergolong kompak.  Layarnya sendiri berjenis AMOLED, dengan E1 material yang bisa merespons dengan cepat dengan konsumsi daya yang rendah. Selain itu tentunya sanggup menghadirkan ketajaman, kejernihan gambar dan warna.

Dengan resolusi mencapai 1080 x 2340 pixels, kejernihan layar layanya tidak usah di diragukan lagi, bahkan ketika terkena sinar matahari langsung, tampilan layar tetap terlihat jelas. Area layar yang luas ini juga tidak lepas dari model kamera depan yang mengusung konsep pop-up (rising camera). Selain itu, layar OPPO Reno2 F ini juga ramah mata karena didukung  fitur night shield. Tidak ketinggalan layar ini juga sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layar ini makin kuat

Untuk tampilan user interface-nya, OPPO Reno2 F ini terbilang user friendlty. Hp OPPO ini didukungan sistem ColorOS terbaru yaitu ColosOS 6.1, based on android pie 9.0. Selain itu di ColorOS terbaru ini bisa mengoptimalkan software NPU untuk mengurangi tingkat noise di AI dan HDR.

5 Kamera

Sekarang kita akan bahas soal kameranya yang merupakan salah satu keunggulan dari si OPPO Reno2 F ini. Dibagian belakang bodi Reno2 F dibekali empat kamera berdesain vertikal. Quad Camera ini terdiri dari kamera utama 48MP (aperture F/1.79 , 6P lens, Isocell GM1), kemudian di bawahnya ada kamera 8MP Ultra wide-angle (5P lens 119 derajat, bukaan F/2.2), lanjut ada kamera 2MP mono lens (f/2.4) dan yang terakhir ada kamera 2 MP Portrait lens (f/2.4).

Salah satu keunggulan Quad Camera Reno2 F ini yaitu kemamppuan untuk mengambil foto dengan sudut pandang luas (Ultra Wide). Ini bisa memenuhi hasrat buat kamu para pecinta fotografi landscape. Selain itu ada juga fitur “ Dazzle Color Mode “ yang berfungsi untuk ngehasilin foto dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang. Kamu juga bisa pilih mode “ Expert “ dimana bisa maksimalin hasil foto dengan nyesuain settingan ISO, Shutter speed dan White Balance secara manual.

Buat kamu yang suka dengan “ Low Lightphotography ‘ kamu juga bisa maksimalinnya dengan fitur “ Ultra Night Mode 2.0 “ yangi diklaim bisa ngehasilin foto malam hari dan minim noise yang lebih baik lagi tentunya.

Pindah ke bagian kamera depan, OPPO Reno2 F dibekali dengan kamera pop up rising kamera beresolusi 16 MP dengan bukaan lensa f/2.2 yang dilengkapi dengan fitur AI Beauty Camera.

Baca juga : Tinggalkan Hp “Tetangga” Demi Oppo Reno2 F

Hal yang menarik dari kamera selfienya adalah kamu bisa menmbahkan efek untuk lampu led yang ada di sisi kamera apda saat kamera aktif. Caranya gampang banget, cukup ke menu seting dan pilih “ camera Pop-up Effect “ di sana kamu bisa mengganti warna led pop up camera sesuai dengan warna favorit kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa pilih sound effectnya, ada 3 option yang bisa kamu pilih yaitu Technology, Mechanical dan Musical.

Sedangkan untuk perekaman videonya, baik kamera depan dan kamera utama sama-sama mampu merekam dengan resolusi tertinggi 1080p dengan kecepatan 30 fps yang udah didukung dengan “ EIS (Electric Image Stabilization) “

Performa + Gaming

Untuk mendukung performannya, OPPO Reno2 F ini dibekali dengan prosesor MediaTek Helio P70 (4×2.0Ghz + 4×2.1Ghz) menggunakan fabrikasi 12nm yang didukung dengan kapasitas RAM 8GB dan Internal Storage 128GB yang bisa di ekspansi hingga kapasitas 256GB.

Salah satu performa yang bisa diandalkan dari OPPO Reno2 F yaitu ketika digunakan untuk bermain game online. Ini lantaran Hp OPPO terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur khusus gaming. Seperti Boost 2.0, yang berfungsi mengoptimalkan dan efektif merespons games supaya berjalan lebih cepat.

Ada juga fitur  “ Game Space “ yaitu aplikasi rancangan oppo yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih dari 50 game. Dan ada fitur “ Game Assistant “ dimana fitur ini Ini merupakan aplikasi yang bisa mengatur pemblokiran notifikasi, pengingat pesan, multitasking cepat, tangkapan layar, dan perekaman layar saat sedang bermain game. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan gangguan saat sedang bermain game,sehingga bisa nge-game lebih nyaman.

Masih soal gaming, OPPO Reno2 F juga didukung prosesor grafis GPU Mali-G72 MP3 yang bisa maenin game berat kaya COD “ Call Of Duty “ dan “ PUBG Mobile “ dengan lancar tanpa adanya masalah ataupun lag meski dengan settingan graphic “ high “ dan option frame ratenya “ high “.

Untuk membuktikan performa OPPO Reno2 F, kami uji dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Dan hasilnya, OPPO Reno2 F terbaru ini bisa meraih score di angka 147 ribuan.

oppo reno2 f (5)

Baterai Besar + Fast Charging

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO Reno2 F dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh. Selain itu juga didukung dengan teknologi pengisian cepat khas OPPO yaitu VOOC Flash Charge 3.0 dengan daya 20 Watt. Oppo sendiri mengklaim bahwa pengisi daya cepat VFC terbaru ini mampu meningkatkan kecepatan pengisian baterai secara signifikan.

Ini tentunya berguna sekali bagi yang suka main game mobile, karena masalah baterai yang cepat habis kadang bikin kesel pas lagi asyik maen game. Saat dicoba menggunakan HP OPPO Reno2 F dari keadaan baterai full untuk beraktifitas dari pagi, dengan kapasitas baterai yang ditawarkan cukup untuk mengakomodasi kebutuhan saya seharian, mulai dari chatting, telfonan, streaming dan maen game. Bahkan hingga malam hari kapasitas baterai masih menyisakan belasan persen.

Fitur Keamanan

OPP Reno2 F tidak lupa dibekali dengan fitur keamanan, yaitu Face Unlock dan Finger print. Apalagi untuk fitur fingerprint nya di OPPO Reno2 F ini udah menddukung Hidden Fingerprint Unlock 3.0 terbaru, yaitu fingerprint yang terletak di layar sentuh. Dimana tingkat keberhasilan membuka kunci sidik jarinya lebih cepat dari generasi sebelumnya dan meningkatkan keamanan membuka kunci layar dari jari yang ngga sesuai sehingga akan gagal saat membuka kunci layar.