GadgetSquad.ID – Aktivitas mudik menyambut hari raya memang sudah dilarang pemerintah, namun hal itu tidak langsung membuat operator telekomunikasi, seperti Indosat Ooredoo bersantai.

Yup, jelang hari raya Indosat Ooredoo bersiap menghadapi lonjakan trafik dengan menambah kapasitas jaringan 4G. Adapun pemilihan koneksi 4G, guna memudahkan masyarakat tetap bersilaturahmi secara virtual dengan keluarga, teman, dan kolega tanpa perlu keluar rumah.

Berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat Ooredoo melakukan penanganan khusus terhadap area-area dengan peningkatan trafik tertinggi selama Lebaran, seperti Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan hal itu dilakukan dengan dukungan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang dicanangkan sejak tahun lalu.

“Indosat Ooredoo berkomitmen bahwa kenaikan trafik telekomunikasi khususnya data akan diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang prima. Terbukti di awal Ramadan kecepatan unduh rata-rata berhasil meningkat 6% di tengah kenaikan trafik data sebesar 8% dibandingkan hari biasa,” katanya.

Lebih lanjut Vikram mengatakan, untuk menghadapi kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang terus meningkat, tahun ini Indosat Ooredoo telah membangun jaringan 4G berkualitas video dengan jauh lebih cepat dari yang direncanakan.

“Lebih dari 50% rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun di kuartal pertama. Tidak hanya itu saja, lebih dari 32% rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33% rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama,” tambahnya.