GadgetSquad.id – Aplikasi SHAREit menempati posisi No.1 secara global dalam hal pertumbuhan oleh The AppsFlyer Performance Index Edition XI. Pertumbuhan SHAREit mencapai 160% dalam jumlah instalasi aplikasi. Peningkatan ini berbarengan dengan lonjakan basis pengguna SHAREit, yang membuat SHAREit berada di posisi teratas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara terkuat di Asia Tenggara yang mendominasi penggunaan SHAREit selama masa pandemi.
Mr. Karam Malhotra, Partner & Global VP, SHAREit menyatakan, “Pengharggaan ini merupakan pencapaian luar biasa bagi kami di SHAREit.” Aplikasi SHAREit memiliki lebih dari 1,8 miliar pengguna di seluruh dunia. Sementara, jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) SHAREit telah menembus 500 juta pengguna di seluruh dunia, tersedia dalam 45 bahasa lokal di 200 negara. ‘
Aplikasi SHAREit adalah perusahaan milih Smart Media4U Technology Pte. Ltd di Singapore. SHAREit adalah aplikasi luring dan daring yang menyediakan fungsi pencarian, konsumsi, dan berbagi konten. Menurut AppAnnie, SHAREit menjadi aplikasi ke-6 yang paling sering diunduh pada 2019 di Apple iOS App Store dan Google Play Store. Aplikasi SHAREit memiliki lebih dari 1,8 miliar pengguna di seluruh dunia, serta lebih dari 600 juta pengguna di India dan Indonesia. Jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) SHAREit telah menembus 500 juta pengguna. SHAREit tersedia dalam 45 bahasa lokal.
Baca juga : Selain Kirim File, Aplikasi Shareit Terbaru Juga Punya Banyak Fitur, Apa Saja?
Aplikasi SHAREit adalah one-of-a-kind platform yang tidak hanya menyediakan konten, tetapi juga pilihan permainan yang luas, menjadikannya one-stop-shop untuk kebutuhan hiburan digital. SHAREit dapat digunakan secara online dan offline dan juga memberikan peluang yang lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis. SHAREit menjadi ekosistem pertama yang bermitra dengan Google Play untuk melakukan verifikasi, autentikasi, serta atribusi terhadap setiap aplikasi peer 2 peer. Dengan mengandalkan jangkauan luas, SHAREit menawarkan solusi periklanan yang membantu merek-merek seperti gaming, e-commerce, hingga fintech agar menempati peringkat teratas.
Berdasarkan survey dari Internet Service Provider Association (APJII) dan Indonesia Survey Center (ISC) ditemukan perubahan kebiasaan yang signifikan diantara pengguna internet selama masa pandemi COVID-19. Pengguna mayoritas menggunakan internet selama lebih dari 8 jam per hari.
Konten yang paling banyak diakses adalah konten edukasi dan website sekolah. Sementara itu, untuk konten hiburan yang paling sering diakses adalah video online sebesar 49,3 persen, Game online sebesar 16,5 persen, dan musik online sebesar 15.3 persen. Ada lima alasan utama pengguna mengakses internet, yakni media sosial, komunikasi pesan, main game online, dan belanja online[2].
Sehubungan dengan terjadinya New Normal, teknologi saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat, namun juga terjadi pergeseran besar dalam penggunaannya. 73,2 persen masyarakat Indonesia tidak lagi mengakses internet melalui PC dan hanya 19,7 persen dari total responden yang menggunakan laptop untuk mengkases internet harian.
Alasan terjadinya pergeseran ini dikarenakan oleh meningkatnya penggunaan smartphone untuk kebutuhan internet harian, seperti untuk bekerja, sosial, hiburan termasuk bermain game. Bersadarkan data dari Statisca, menunjukkan bahwa ada 50,8 juta pengguna mobile game di Indonesia di tahun 2020 dan diprediksi akan meningkat sebanyak 21,6 persen di tahun 2025. Garena Free Fire berpartner dengan Aplikasi SHAREit dan mendapat jumlah download tertinggi di tahun 2019 di Asia tenggara, Garena Free Fire menjadi salah satu Game Mobile bergenre Battle Royale yang cukup diminati oleh banyak pemain game di Indonesia.
Kebijakan kerja dari rumah #diRumahAja dan anjuran menjaga jarak yang ditetapkan pemerintah di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini telah menumbuhkan bisnis berbasis berbagi file dan penyedia konten secara signifikan, dan membuat Aplikasi SHAREit memimpin di industri ini. Menurut We Are Social digital report 2020, 94 persen pengguna internet menggunakan smartphone dan menempatkan SHAREit di posisi #4 dari jumlah download di tahun 2019. Pencapaian ini diraih dengan melihat kinerja SHAREit dari AppsFlyer Performance Index Edition X, berada di peringkat ketiga dan kelima dalam hal pertumbuhan, masing-masing di Asia Tenggara dan India.