Apple: Kamera iPhone Bisa Rusak Karena Getaran dari Sepeda Motor

GadgetSquad.id – Smartphone iPhone telah digunakan sebagai perangkat navigasi berkat kemampuan GPS yang kuat. Hal ini menjadi umum untuk melihat iPhone yang dipasang di sepeda motor memandu pengemudi dalam menavigasi medan yang belum dipetakan.

Namun, Apple mengatakan bahwa iPhone yang dipasang di sepeda motor ini dapat menyebabkan kamera mereka rusak secara permanen karena getaran yang berlebihan dari sepeda motor. Unggahan dari Dukungan Apple baru menunjukkan bahwa Apple memperingatkan pengguna mengenai getaran amplitudo tinggi yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor bertenaga tinggi dapat merusak kamera iPhone. 

Terkadang kerusakannya bisa permanen, menurut postingan tersebut. Pengendara sepeda biasanya memasang iPhone mahal mereka di sepeda mereka sebagai alat navigasi, demikian dilaporkan Gizmochina.

Optical image stabilizer (OIS) dan close-loop autofocus (AF) kamera iPhone, menurut Apple, dapat rusak oleh getaran berlebihan tersebut. Semua model iPhone mulai dari iPhone 7 memiliki fitur OIS dan AF, yang dapat rusak saat perangkat terkena getaran yang berlebihan.

Getaran ini hanya berlaku untuk mesin sepeda motor bertenaga tinggi dan bukan e-bike atau moped yang dapat memiliki dudukan peredam getaran untuk iPhone. Menurut Apple penggunaan iPhone pada sepeda motor dapat menimbulkan beberapa pertanyaan bagi pengguna. 

Namun, disarankan jika tujuannya adalah menggunakan perangkat GPS pada sepeda motor, maka bisa mendapatkan perangkat alternatif dan lebih murah untuk menyediakan navigasi yang dibutuhkan saat menggunakan sepeda motor. Biaya perbaikan iPhone yang rusak bisa sangat mahal, oleh karena itu perlu menghindari perbaikan mahal tersebut.