Berbagai Fitur Keren ASUS ROG Phone Yang Perlu Diketahui

GadgetSquad.id – Memasuki awal tahun 2018 para vendor berlomba-lomba mengembangkan smartphone gaming yang menjadi peluang besar untuk bisnis ponsel yang ditunjukan khusus kepada para pecinta game mobile. Tidak mau ketinggalan dengan vendor lain, Asus sebagai brand gaming pada seri Laptop ROG turut memperkenalkan Asus RoG Phonrle, hp gaming pertama seri ROG di ajang Computex 2018 yang digelar di Taipe, Taiwan.

Setelah lebih dulu Razer dan Xiaomi memperkenalkan lini khusus pada smartphone gaming, dengan hadirnya Asus ROG Phone ini yang menyasar pecinta game mobile sebagai target pasar, Asus siap ikut meramaikan pasar smartphone gaming yang diklaim sebagai  pesaing dari Razer Phone dan Xiaomi Black Shark.

Desain

Asus ROG phone memiliki ukuran 6 inci yang dibekali Full HD+ AMOLED display dengan resolusi 2160×1080. Pada tampak depan, dibagian atas dan bawah Asus menempatkan duah buah speaker stereo yang mampu memberikan pengalaman penggunanya saat bermain bermain game dengan menghadirkan kualitas audio yang baik.

ASUS ROG Phone
Photo : TechRadar

Ketika melihat kebagian belakang bodi, desain gaming dari smartphone gaming besutan Asus ini begitu terasa. Asus menempatkan Logo ROG tepat dibagian tengah yang bisa menampilkan lampu RGB dengan warnanya yang bisa diatur untuk berubah-ubah melalui aplikasi bawaan yakni, Aura Light.

ASUS ROG Phone
Photo : TheVerge

Selain itu terdapat dua buah grill berwarna oranye  yang berfungsi untuk saluran pembuang panas yang terletak di bagian bawah fingerprint sensor yang mempunyai desain berbeda dengan yang lain.

Keunggulan

Untuk mendukung tampilan dilayar saat bermain game, Asus ROG Phone memiliki layar AMOLED HDR dengan spesifikasi 108% DCI-P3 Color Gamut yang membuat warna dari layar ponsel gaming ini lebih luas. Selain itu refresh ratenya mencapai 90 HZ dengan response timenya adalah 1 mili second, yang artinya respon ketika pengguna bermain game sangat cepat.

Asus ROG Phone ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 845 Octa-Core SoC yang memiliki kecepatan hingga 2,96 GHz dan dipadukan dengan kapasitas RAM sebesar 8GB. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya, ponsel gaming ini memililki media penyimpanan yang cukup luas hingga 512 GB.

Dari spesifikasi yang ditawarkan, memungkinkan penggunanya bisa memainkan game android terberat dengan grafik yang tinggi sekalipun tanpa lag. Selain itu, hadirnya media penyimpanan yang luas memungkinkan  penggunanya  bisa menginstall banyak game HD android tanpa rasa khawatir karena tidak ada cukup ruang tersisa pada media penyimpanannya.

Asus ROG Phone
Photo : PeopleNet TV

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2018, Hp Gaming Razer Phone Rilis Gold Edition

Pada sektor fotograpinya, Asus ROG Phone mengusung kamera ganda dibagian kamera utamanya. Masing-masing memiliki resolusi kamera 12MP (f/1.8, 1.4um) + 8MP (f/2.0, 1.12um) yang mempunyai kemampuan untuk menjalankan teknologi Augmented Reality. Sedangkan untuk kamera depannya dibekali dengan resolusi 8MP (f/2.0, 1.12um).

Untuk daya tahan hidupnya, Asus ROG Phone memiliki kapasitas baterai sebesar 4000 mAh yang sudah dilengkapi dengan teknologi Hyphercharge. Teknologi ini diklaim dapat melakukan pengisian baterai dengan cepat, dalam waktu 33 menit baterai Asus ROG Phone berhasil terisi daya hingga 60% dalam kondisi baterai awal 0%.

Gaming Mode

Selain menyuguhkan performa yang tinggi, hal yang paling menarik sekaligus jadi pembeda dari smartphone gaming yang lainnya adalah, Asus ROG Phone yang dibekali dengan sistem pendingin GameCool 3D Vapor Chamber. Teknologi pendingin tersebut terlebih dulu sudah digunakan Asus untuk seri laptop premium gaming ROG, namun untuk menunjukan keseriusannya disegmen gaming, Asus menyematkannya kedalam ponsel gaming pertamanya ini.

Layaknya seri ROG seperti lini laptop gaming, pada ROG Phone ini asus juga menghadirkan aplikasi bawaan yang bernama ” Game Center “. Aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa melihat tampilan panel dari performa Asus ROG phone seperti ; Battery Level Remaining, CPU, GPU, Penggunaan Memory dan Storage.

Asus ROG Phone
Photo : kabaru

Baca Juga: Hp Gaming Razer Phone 2 Bakal Dirilis

Menariknya diaplikasi ini juga pengguna bisa mengkontrol sendiri kecepatan kipas pendingin dari aksesoris yang bernama ” Cooling Boost Aeroactive Cooler “.  Cara penggunaan Akaesoris kipas pendingin ini cukup mudah, pengguna hanya perlu memasangkannya pada belakang bodi ponsel yang bisa dilepaskan dengan mudah. Hadirnya Cooling Boost Aeroactive Cooler pada ponsel gaming ini mampu bisa meminimalisir atau mengurangi suhu panas yang ada didalam ponsel saat bermain games.

Untuk memanjakan penggunanya saat bermain game, Asus ROG Phone dilengkapi dengan tiga aksesoris untuk mendukung bermain game agar lebih seru dan memberikan pengalaman yang berbeda saat bermain game. Ketiga aksesoris yang di maksud adalah ; Mobile Desktop Dock, Twin View Dock dan WiGig Dock.

Mobile Desktop Dock

Aksesoris ini memungkinkan pengguna dapat bermain game menggunakan monitor, mouse dan keyborad. Dengan Mobile Desktop Dock, Asus ROG Phone berfungsi layaknya PC Gaming.

Asus ROG Phone
Photo : OCWorkBench

Twin View Dock

Dengan aksesoris ini pengguna bisa bermain game layaknya Nintendo DS atau dual spin. Menawarkan dual layar yang berfungsi untuk bermain game, selain itu aksesoris ini juga sudah dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 6000 mAh yang cukup mengakomodir pengguna yang ingin berlama-lama bermain game dengan aksesoris ini.

Asus ROG Phone

WiGig Dock

Bekerjasama dengan Gamevice produsen GamePad spesialis untuk mobile, Asus menghadirkan aksesoris ini untuk penggunanya yang ingin merasakan bermain games pada Asus ROG Phone seperti bermain di game konsol.

Asus ROG Phone

Baca Juga: Sederet Fitur Andalan Asus Zenfone Max Pro Dukung Aktifitas Gaming Kamu

Ketersediaan

Pada paket penjualannya, ketiga akaesoris pendukung game tersebut dijual secara terpisah, terkecuali Cooling Boost Aeroactive Cooler aksesoris ini sudah termasuk paket penjualan Asus ROG Phone. Sayangnya untuk belum diketahui berapa harga yang akan dibanderol untuk ponsel gaming besutan Asus ini, namun dipastikan akan rilis pada tahun ini. (Oki)

Spesifikasi ASUS ROG Phone

Operating System: Android 8.1 Oreo
Display: 6.0-inch 18:9 AMOLED panel, FHD+ (2160×1080), HDR, 90Hz refresh rate
Chipset: Octa-core Qualcomm Snapdragon 845, Four Kryo 385 cores up to 2.96GHz, Four Kryo 385 cores at 1.70GHz, 10nm
GPU: Adreno 630
RAM: 8GB
Storage: 512GB
Battery: 4000mAh
Rear Camera: 12MP (f/1.8, 1.4um) + 8MP (f/2.0, 1.12um), PDAF, gyro EIS
Front Camera: 8MP (f/2.0, 1.12um)
Connectivity: Wi-Fi 802.11 ac 2×2 MIMO, NFC, LTE with VoLTE, Bluetooth 5.0, GPS/AGPS/GLONASS/BeiDou
Charging: USB-C, Quick Charge 4.0, Hypercharge
Security: One-touch fingerprint sensor (back)