Tidak bisa dipungkiri dengan lebih dari 1 miliar pengguna di 180 negara, WhatsApp merupakan aplikasi oleh pesan terpopuler di dunia. Namun, sebentar lagi nampaknya sejumlah tersebut akan berkurang, pasalnya sejumlah hp terancam tidak bisa pakai Whatsapp, Kenapa?

tidak bisa pakai whatsapp

Hal ini berkaitan berita yang diumumkan oleh WhatsApp. Bahwa ada kabar kurang sedap, terutama bagi penggunanya yang masih menjalankan aplikasi ini di Hp jadul. Mereka yang menggunakan hp lawas kemungkian tidak bisa pakai Whatsapp.

Pasalnya, seperti dilansir Techradar, dalam perubahan terbaru di laman FAQ-nya, WhatsApp mengkonfirmasi bahwa perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 2.3.7 dan iOS 8 ke bawah tidak lagi bisa mengakses WhatsApp mulai 1 Februari 2020 nanti.

Baca juga: Ini Caranya Agar Tidak Sembarangan Di-Invite di Grup WhatsApp

Artinya, pengguna iPhone 4 atau yang lebih tua dan Hp Android lawas seperti Google Nexus One atau Samsung Galaxy S pertama, kemungkinan tidak lagi bisa menginstall WhatsApp. karena daftar hp ini sudah tidak didukung lagi oleh pihak WhatsApp.

Adapun bagi pengguna perangkat lawas yang sudah menginstal aplikasi tersebut. Pihak WhatsApp menyatakan bahwa sejumlah fitur berkemungkinan akan berhenti berfungsi kapan saja. Pengguna pun tidak bisa lagi membuat akun baru atau memverifikasi yang sudah ada.

Baca juga: Tahun Depan, Aplikasi Chatting WhatsApp Bakal Ada Iklannya

Tidak hanya menghampiri para pengguna perangkat Android dan iOS jadul saja, kabar dari WhatsApp ini juga datang untuk pengguna Windows Phone. Melalui laman resminya, WhatsApp menegaskan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan untuk Windows Phone mulai 31 Desember 2019.

Sehingga bagi pengguna Windows Phone yang masih ingin menikmati aplikasi ini, WhatsApp merekomendasikan untuk menggunakan perangkat setidaknya berbasis Android 4.0.3 atau iOS 9 ke atas.