GadgetSquad.ID – Galaxy Z Flip menjadi hp lipat sekaligus salah satu senjata baru Samsung, untuk tetap konsisten menggoda konsumen di Indonesia.

Dilego dengan harga Rp 21.888.000, nilai jualnya membuat Galaxy Z Flip, menjadi salah satu hp “sultan” yang edar di Tanah Air.

Menariknya, walau terbilang mahal ternyata Galaxy Z Flil laris manis diburu konsumen. Walau tidak dijelaskan jumlah unit yang terjual, pihak Samsung mengklaim dalam 2 kali pre-order Galaxy Z Flip laris terjual.

Berbicara teknologi, seperti halnya Galaxy Fold, layar lipat menjadi daya tarik utama Samsung Galaxy Z Flip. Pertanyaan, bagaimana kekuatan layar lipat Samsung Galaxy Z Flip dan berapa biaya yang harus dikeluarkan, untuk biaya servicenya?

Perlu diketahui, belakangan layar Galaxy Z Flip memang menjadi sorotan karena dinilai rentan tergores. YouTuber Zack Nelson di kanal YouTube nya, JerryRigEverything, menunjukkan kelemahan tersebut.

Terkait hal tersebut, Verry Octavianus Wijaya, Samsung Mobile Product Manager Samsung Electronics Indonesia, mengatakan, pengguna Galazy Z Flip agar lebih berhati-hati menggunakan ponsel lipat dibanding ponsel biasa.

“Karena layarnya dilipat, kita minta untuk penggunaanya pun harus dirawat. Jadi lebih hati-hati,” katanya.

Nah jika layar utama rusak, biaya servisnya bisa mencapai Rp 6-7 juta. Biaya servis ini lebih murah dibanding Galaxy Fold yang mencapai Rp 9 juta.

Tapi kamu tidak perlu takut, Verry Octavianus, mengatakan Samsung memberikan garansi khusus saat pembelian, yakni Premier Galaxy Z Flip selama satu tahun.

“Konsumen bisa melakukan garansi selama satu tahun untuk mengklaim jika terjadi sesuatu. Dan hanya membayar maksimum Rp 1,6 juta,” jelas Verry.

Lebih jauh M. Taufiq Furqan, Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, menjelaskan, tidak ada kriteria kerusakan minimum untuk penggantian layar.

“Artinya pengguna bisa meminta penggantian layar meskipun kerusakannya sedikit. Misal kegores sedikit terus minta ganti ke service centre bisa aja”, kata Taufik.

Sementara untuk komponen lain termasuk layar sekunder, Samsung hanya menyediakan garansi biasa yang juga berlaku selama setahun.

Sebagai info, layar Galaxy Z Flip sangat mudah tergores bahkan hanya dengan kuku bukan benda tajam. Hal ini memunculkan dugaan tekonolgi Ultra Thin Glass yang digaungkan Samsung tidak benar-benar berbahan kaca.

Namun Samsung menegaskan bahwa teknologi tersebut terbuat dari kaca tipis yang memiliki beberapa lapisan. Samsung sendiri mengklaim telah melalui protokol yang ketat saat produksi Galaxy Z Flip sebelum benar-benar sampai di tangan pengguna.