GadgetSquad.ID – Wabah virus corona Covid-19 yang sudah menjadi pandemi, lantaran ssemakin tersebar luas termasuk di Indonesia, membuat berbagai pihak mengambil langkah startegis agar penyebaran virus mematikan itu berkurang.

Salah satu cara yang saat ini sedang digaungkan, yakni melakukan berbagai aktivitas di rumah. Langkah ini juga sudah dihimbau oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah mengimbau masyarakat agar melakukan self quarantine dan bekerja dari rumah.

Terkait himbauan tersebut, Forum Wartawan Teknologi (Forwat) mendukung kebijakan yang sudah diambil pemerintah.

Dalam keterangan resminya, mendukung imbauan pemerintah untuk Work From Home (WFH) atau Kerja dari Rumah (KDR) selama dua pekan, mulai 16 Maret sampai 30 Maret 2020, guna menghindari kerumunan dan terhindari dari penularan Covid-19.

Lebih lanjut diungkapkan jika Work From Home bukanlah hal yang baru karena pernah menjadi cita-cita banyak perusahaan teknologi di era tahun 2000 dengan istilah BYOD (Bring Your Own Device).

Maka dari itu, di kalangan wartawan teknologi, tidak sulit untuk bisa melakukan imbauan pemerintah tersebut dengan memanfaatkan aplikasi yang ada demi kesehatan kita semua.

Beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk menghindari tatap muka dan berada di kerumunan di antaranya adalah,

1. Memanfaatkan siaran pers yang dikirim oleh vendor terkait melalui Email untuk dijadikan sumber berita.
2. Wawancara langsung bisa dilakukan melalui Conference call lewat aplikasi Skype atau WhatsApp Video.
3. Live Streaming acara melalui Youtube atau Facebook bisa dimanfaatkan bekerja sama dengan penyelenggara acara.
4. Pemantauan alur kerja bisa dilakukan dengan mengandalkan Slack atau Trello.
5. Berkirim file gambar atau video bisa menggunakan aplikasi Wetransfer, Google Drive atau Dropbox.

Forwat juga meminta kesediaan vendor dan PR Agency untuk bisa saling menjaga dan mengurangi potensi virus semakin merebak di kalangan wartawan teknologi