Di Kawasan Asia Samsung, Xiaomi, Oppo dan Huawei Kini Lebih Digdaya Dibanding Apple

Samsung, Xiaomi, Oppo dan Huawei

Vendor asal Asia seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dan Huawei kini benar-benar digdaya dibandingkan vendor asal AS, Apple yang sebelumnya pernah menguasai kawasan Asia. Kabar ini diketahui melalui data yang dikeluarkan oleh analisis pasar, Counterpoint di data pengapalan ponsel global untuk Q1 2018.

Dari data yang dirilis Counterpoint, Untuk kawasan Asia, Vendor asal Asia seperti: Huawei, Xiaomi, Samsung, dan Oppo yang memiliki pangsa pasar pengiriman produk hp mereka, masing-masing 13%. Selanjutnya disusul Apple 12% di posisi lima.

Secara global, Samsung berada di posisi teratas dalam hal pengapalan hp atau smartphone pada periode tersebut. Untuk kategori smartphone, Samsung berhasil mengapalkan 78 juta unit dari total pengiriman 360 juta unit dan mengamankan 22% pangsa pasar. Pangsa pasar vendor Samsung ungguli mengungguli vendor lainnya, di kawasan Eropa, Amerika Latin, dan MEA (Timur Tengah dan Afrika).

Samsung, Xiaomi, Oppo dan Huawei

Sementara rivalnya Apple berada di posisi kedua setelah mangamankan pangsa pasar 15% yang diraih dengan pengapalan iPhone sebanyak 52,2 juta unit di periode tiga bulanan pertama tahun ini. Apple sendiri hanya mendominasi kawasan lain seperti Amerika Utara, dengan pangsa pasar mencapai 38%.

Baca Juga: Dari Jual Saham, Xiaomi Ingin Tutupi Kerugian 15 Triliun

Di tempat ketiga ada Huawei yang berhasil mengamankan pangsa pasar 11%. Setelah itu disusul oleh Xiaomi yang memiliki pangsa pasar 8%. Sementara Selanjutnya ada Oppo yang menempati posisi kelima dengan pangsa pasar 7%.

Namun secara umum pengapalan smartphone global mengalami penurunan 3% dari tahun ke tahun. Seperti pada vendor samsung yang penurunan pengapalan 3%. Namun berbeda dengan Apple mengalami pertumbungan pengapalan smartphone 3%. Sedangkan Xiaomi lebih dasyat dengan meraih peningkatan pengapalan tertinggi dengan 101%. Selama Q1 2018, Xiaomi berhasil mengirim 27 juta smartphone berbanding 13,4 unit di periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Setelah Update, Xiaomi Janji Kamera Hp Ini Bakal Selevel Mi 8

Samsung, Xiaomi, Oppo dan Huawei

Adapun bila mengacu pada data pengapalan perangkat termasuk smartphone, Samsung tetap berada di posisi teratas dengan pangsa pasar 17% disusul Apple dengan 11%, Huawei 8%, Xiaomi 6%, dan Oppo 5%.