GadgetSquad – Jelang IPO (initial public offering) atau penjualan saham perdana di bursa Hong Kong, Xiaomi mengungkapkan kabar yang sangat mengejutkan. Tanpa disangka, pabrikan teknologi yang terbilang populer itu, ternyata sedang rugi besar.

Tidak tanggung-tanggung, kerugian yang diderita Xiaomi, konon kurang lebih mencapai 15 triliun.

Dikutip Tech Crunch, info jika perusahaan asal Tiongkok itu, sedang rugi besar didapat dari dokumen setebal 261 halaman. Disebutkan, Xiaomi pada kuartal I 2018 membukukan kerugian USD 1,1 miliar atau di kisaran Rp 15,3 triliun. Akan tetapi tidak disebutkan secara mendetail apakah penyebab kerugian tersebut.

Pada periode kuartal tersebut, pendapatan Xiaomi secara keseluruhan mencapai USD 5,3 miliar. Sedangkan pada tahun lalu, pendapatan total mereka mencapai USD 17,9 miliar.

IPO Xiaomi sendiri diperkirakan akan mengumpulkan dana senilai USD 10 miliar dengan valuasi bisa menembus USD 100 miliar. Saat ini, perusahaan itu beroperasi di sekitar 74 negara. Penjualan di China sendiri pada tahun 2017 mencapai persentase total 72%, sisanya dari mancanegara.

Selain kerugian tersebut, ada kabar pula bahwa sebagian pihak kecewa dengan desain flagship terbaru mereka, yakni Xiaomi Mi 8. Pasalnya wujudnya dinilai meniru iPhone X.

“Sebagian orang kecewa ketika mereka merilis perangkat baru itu yang terlihat seperti iPhone X. Meskipun perusahaan mengklaim Mi 8 mengusung banyak teknologi baru, sulit mengesampingkan fakta bahwa beberapa desain visualnya identik dengan ponsel flagship Apple,” tulis Techcrunch.