Pengumuman, WhatsApp Stop Layanan Bagi Android Gingerbread

GadgetSquad.ID – Kabar penting bagi kamu yang pengguna WhatsApp, tapi masih memakai hp berbasis Android Gingerbread. WhatsApp dipastikan akan menghentikan layanan untukAndroid Gingerbread. WhatsApp akan mulai menghentikan layanan untuk Android Gingerbread, dalam rentang waktu dua tahun mendatang, atau tepatnya pada Februari 2020.

Dilansir dari Mobilesyrup, langkah WhatsApp untuk mengakhiri dukungan terhadap Android Gingerbread, lantaran umur OS itu yang sudah terbilang lama, yakni 10 tahun. Tidak hanya itu, populasi pengguna Android Gingerbread, juga sudah semakin sedikit.

Data yang dirilis oleh Google pada Mei 2018 lalu, saat ini hanya 0,3 persen dari total pengguna Android yang masih memakai Android Gingerbread. Namun raksasa internet itu tak merinci perangkat model apa saja yang masih memakai sistem operasi lawas tersebut.

Perlu dicatat, pada 2011 dan 2012 sendiri terdapat cukup banyak smartphone yang masih memakai Android 2.3.7 Gingerbread. Beberapa di antaranya adalah Sony Xperia Advance, Xperia U, Xperia Go, Samsung Galaxy S2, Motorola Fire, dan MotoLuxe.

Selain menghentikan dukungan untuk Android tipe tersebut, WhatsApp juga mengumumkan bakal berhenti mendukung iOS 7 dan sejumlah versi iOS yang lebih lawas. Nokia S40 pun sudah tidak lagi bisa memakai WhatsApp selepas 31 Desember 2018.