GadgetSquad – Salah satu nilai jual utama 5G adalah jaringan yang lebih cepat. Untuk pengguna biasa, ini berarti transfer file besar bisa lebih cepat. Namun, hal ini tidak terjadi pada banyak ponsel dan operator 5G, karena beberapa kasus, jaringan 5G jarang lebih cepat daripada 4G LTE.

Namun, Huawei kini memiliki cara untuk memastikan transfer flash file besar melalui 5G. Seri Huawei Mate 40 telah menciptakan fungsi unik untuk mem-flash file besar dengan koneksi yang lancar, sehingga dua ponsel dapat mentransfer langsung, demikian dilaporkan Gizchina, 30 Oktober 2020.

Dengan mengandalkan kemampuan end-to-end Huawei dalam chip 5G, terminal 5G, dan jaringan 5G, ponsel andalan terbaru itu dapat dengan mudah mencapai akses cepat ke file besar tanpa titik putus. Transmisi lanjutan sangat meningkatkan efisiensi komunikasi dalam aplikasi multi-scenario seperti mobile office dan komunikasi jarak jauh.

“5G Killer App pertama dalam arti sebenarnya dan merupakan tonggak inovasi lain di bidang komunikasi 5G,” ujar CEO Huawei Consumer Business Group Yu Chengdong.

Menurut Huawei, transfer flash file sangat besar mendukung berbagi file jarak jauh berkecepatan sangat tinggi 305Mbps dan mendukung transfer langsung file asli berukuran 400 GB. Jelas, ini adalah sesuatu yang akan disukai banyak pengguna untuk dicoba. 

Namun, transfer file cepat bukan satu-satunya fitur baru yang diumumkan Huawei di konferensi Mate 40. Perusahaan asal Cina itu juga mengungkapkan bahwa smartphone dibekali teknologi ekspansi memori baru, yang menungkina memori 2 GB lebih banyak dengan teknologi ini.

Artinya ponsel 8GB akan memiliki 10GB untuk digunakan. Dengan kompresi grup dinamis dan fusi flash memori super, jumlah rata-rata cache di belakang aplikasi telah meningkat dari 11 di Mate 30 Pro 8 GB menjadi 16,6 di Mate 40 Pro 8 GB.